YTUBE
Sampaikan Aspirasi, Puluhan Nelayan Tanjab Barat Duduk Bersama di Rumah Ahmad Jahfar Maling HP dan Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram, Dua Pemuda di Tanjab Barat Diamankan Polisi Pengumuman PPPK Guru Diundur, Guru Honorer Tanjabbar Kecewa Lahan di Betara Terbakar, PetroChina Sigap Bantu Pemadaman Api 10 Fakta Aborsi Maut Ibu dan Bayi di Kamar Hotel Kuala Tungkal

Home / Pendidikan / Profil

Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:06 WIB

Putra Sungai Manau Merangin Prof Su’aidi Asy’ari Rektor UIN STS Jambi Terpilih

FOTO : Prof. Dr. H. Su'aidi Asy'ari, MA, Ph.D aRektor Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Jambi Terpilih Periode 2019-2023.

FOTO : Prof. Dr. H. Su'aidi Asy'ari, MA, Ph.D aRektor Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Jambi Terpilih Periode 2019-2023.

JAMBI – Prof. Dr. H. Su’aidi Asy’ari, MA, Ph.D akhirnya terpilih menjadi Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Jambi untuk periode 2019-2023.

Terpilihnya beliau setelah melalui serangkaian seleksi pemilihan Rektor UIN STS Jambi yang diikuti 8 calon beberapa bulan lalu.

Kasubbag Humas dan Informasi UIN STS Jambi, Abdul Rahman, M.Pd.I membenarkan informasi ini. Ia mengatakan hari ini Rektor batu tersebut akan dilantik di Jakarta hari ini, Rabu (16/10/19).

“Betul Prof. Su’aidi Asy’ari terpilih memimpin UIN STS Jambi periode tahun 2019-2023,” jelas Abdul Rahman, Rabu (16/10/19).

Ia mulai mengabdi menjadi dosen di UIN STS Jambi tahun 1993, selanjutnya tahun 2011 sebagai dosen biasa, pada ahun 2012 dirinya menjadi Dekan Ushuluddin.

Kemudian pada tahun 2015 diangkat menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Pemukiran Politik Islam dan menjadi sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademi dan Kelembagaan di UIN STS Jambi.

Pada tahun 2019 ini terpilih dan diangkat menjadi Rektor, setelah sebelumnya bersaing dengan Delapan Guru Besar UIN STS Jambi dalam pemilihan rektor diantaranya.

Prof. Dr. H.Su’aidi Asy’ari, MA, Ph.D
Prof. Dr. H. Martinis Yamin, M.Pd
Prof. Dr. Maisah, M.Pd.I
Prof. Dr. H. Mukhtar Latif, M.Pd
Prof. Dr. H. Ahmad Syukri, MA
Prof. Dr. Subhan, M.Ag
Prof. H. Hasbi Umar, MA, Ph.D
Prof. Dr. H. Lias Hasibuan, MA

Diketahui, Prof. Dr. H. Su’aidi Asy’ari adalah putra kelahiran di Sungai Manau, Merangin tahun 1963, merupakan putra ke enam dari delapan bersaudara dengan ayah almarhum Guru Asyari Salim, pendiri Madrasah Nurul Falah Kecamatan Sungai Manau, Ibunya almarhumah Siti Rogayah.

Prof Su’aidi menikah dengan Dra. Hj. Chodijah dengan memperoleh tiga orang putra dan putri, yaitu Fadhilatul Hikmah, SH (Dosen UGM dan alumni LLM Washington University, Amerika), Haekal Al Asyari, SH (UII Yogyakarta) dan Fairuz El Mechwar (SMA Titian Teras, Jambi).

Dalam pendidikan ia juga telah menempuh berbagai jenjang pendidikan dan pelatihan baik dalam maupun luar negeri, diantaranya sarjana S1 Fakultas Ushuluddin ia selesaikan di IAIN STS Jambi dengan dengan predikat terbaik.

Gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam kajian Islam dan Politik di Indonesia diperoleh dari University of Melbourne, Australia tahun 2007 dibawah bimbingan, Prof Merle Calvin Ricklefs, Prof Abdullah Saeed dan Prof Arief Budiman.

Kemudian Gelar Doktor dalam kajian Sejarah Peradaban Islam diperoleh dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta tahun 2009 di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, MA dan Prof. Dr. H. Swito.

Sebelumnya, beliau memperoleh gelar Magister of Arts (MA) dari McGill University, Kanada, tahun 1999, Tesis di bawah bimbingan Prof. Howard M Piderspiel dan Prof. Uner. Turgay.(edt)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Via Grup WA, Kepsek SMPN 2 Ajak Siswa Untuk Mengikuti Vaksinasi

Pendidikan

Kabut Asap Tebal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjab Barat Liburkan Sekolah TK dan SD

Pendidikan

Pembinaan Karakter, Siswa Muslim dan Non Muslim di SMPN 2 Dapat Perlakuan Sama

Pendidikan

206 Mahasiswa dan Mahasiswi FEBI UIN STS Jambi Ikuti Yudisium ke XIII

Profil

Mengenal AKBP Fitria Mega, Kapolres Tebo yang Jago Karate Segudang Prestasi di Asia

Pendidikan

Tiga Siswa Lukusan SMPN 2 Kuala Tungkal Lulus Masuk di SMAN TT Jambi

Pendidikan

Disdikbud Muaro Jambi Berharap Tahun Depan Sekolah Dapat Full Tatap Muka

Pendidikan

Serentak Wisuda Sarjana STKIP & STITAD Al Azhar Jambi Dua Saudara Harumkan Nama Desa Senaung