indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Pengerjaan Sumur Bor Untuk Warga, Satgas TMMD ke-113 Datangkan Tenaga Ahli Bakti Sosial TMMD ke-113, Belasan Anak di Khitan Massal Enam Kali Tanpa Jeda Pemerintah Kota Jambi Kembali Mendapatkan Opini WTP Ini Pj Bupati Muaro Jambi, Tebo dan Sarolangun AHY: Demokrat Akan Berkoalisi Untuk Melakukan Perubahan Lebih Baik di Indonesia

Home / Kecamatan / Pertanian / Renah Mendaluh

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:54 WIB

Safrial Tanam Perdana Replating Sawit di Desa Lampisi

FOTO : Bupati Safrial Lakukan Penanaman Perdana Replanting Sawit di KUD Sawit Kita, Desa Lampisi, Kecamatan Rebah Mendaluh, Senin (14/10/19)

FOTO : Bupati Safrial Lakukan Penanaman Perdana Replanting Sawit di KUD Sawit Kita, Desa Lampisi, Kecamatan Rebah Mendaluh, Senin (14/10/19)

RENAH MENDALUH – Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS lakukan penanaman perdana replanting kelapa sawit di KUD Sawit Kita, Desa Lampisi, Kecamatan Rebah Mendaluh, Senin (14/10/19).

Safrial mengatakan pelaksanaan penanaman perdana ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi para petani yang akan melakukan peremajaan kelapa sawit.

“Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sungguh sungguh dan mengikuti petunjuk teknis serta sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud,” harap Bupati Safrial.

Safrial menyebut perkebunan memiliki potensi yang cukup besar yang merupakan bagian dari aset serta modal dasar bagi pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat.

Sebab subsektor perkebunan memberikan kontribusi terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) sebesar 16,59 persen dari  27,31 persen untuk sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.

BACA JUGA :  Harga TBS Kelapa Sawit Anjlok, Petani Merugi dan Kelimpungan Tutupi Biaya Perawatan

“Sektor perkebunan merupakan andalan bagi perkembangan perekonomian, karena ada lebih 60.792 kk petani yang mengusahakan komoditi perkembangan dengan luas 174.843 hektar,” katanya.

Karena itu, kepada OPD terkait, bupati menginstruksikan untuk berperan aktif dalam mengawal, membina, dan mendampingi petani pekebun yang mengikuti program peremajaan kelapa sawit.

Sementara itu Agusrizal, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi mengatakan kegiatan penanaman perdana replating sawit teesebut telah lama ditunggu.

“Untuk Tanjung Jabung Barat kita sudah menyalurkan dana sebesar Rp 62 miliar untuk lima KUD dari delapan KUD dengan luasan 2515 hektare,” katanya.

Sedangkan untuk target peremajaan itu dikatakannya sekitar 5000 hektare. Untuk realisasi sepenuhnya, dia mengharapkan dukungan dari pemerintah kabupaten Tanjab Barat.

BACA JUGA :  Harga TBS Kelapa Sawit Anjlok, Petani Merugi dan Kelimpungan Tutupi Biaya Perawatan

Dia berharap kepada para petani untuk memanfaatkan serta peremajaan kelapa sawit ini berdampak pada masyarakat.

“Semoga pelaksanaan peremajaan kelapa sawit ini berdampak pada perekonomian masyarakat dengan dukungan semua pihak,” katanya.

Kepala BNI Sumbagsel mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas kepercayaan dan kesempatan sebagai mitra kerjasama dana replanting.

“Kami akan menjalankan amanah dan tugas mulia yang diberikan dan bekerja sebaik mungkin dan mendukung program pembangunan,” katanya.

Dia juga membeberkan, sejauh pihak BNI telah menandatangani nota kesepakatan dengan tujuh KUD. Sedang dua KUD sedang dalam proses kesempatan.

Ketua KUD Sawit Kita di Desa Lampisi mengatakan bahwa penanaman penanaman perdana pada program replanting ini seluas 171 hektar dengan dana sekitar Rp 4 miliar. (hms)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Hadiri Dzikir Kebangsaan dan Hari Santri Nasional MCW NU Betara, Ini Pesan Kapolsek Betara Kepada Santri

Berita

Cegah Penyebaran Covid-19, Pasar Senin Desa Makmur Jaya Ditutup 3 Minggu Kedepan

Advetorial

Wabup Amir Sakib Hadiri Isra’ Mi’raj Di Desa Pematang Lumut

Betara

Masjid Masjudin Nur Betara 8 Desa Terjun Gajah Diresmikan Untuk Jumatan

Pertanian

Bupati Tanjab Barat Panen Nanas Queen di Desa Muntialo

Berita

Upaya Jaga Ketahanan Pangan, Kapolda Bersama Danrem 042/Gapu dan Kapolres Tanjabbar Tabur Benih Ikan

Advetorial

Hasil Musdes, Mawardi Terpilih Sebagai Pjs Kades Badang

Advetorial

Desa Tungkal I Juara Lomba P2WKSS Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2019