LIVETV
Kapolres Bungo Mendadak Cek Tahanan, Ada Apa? Ungkap Kasus Pembuangan Bayi di Sungai Pengabuan, Polisi Curigai Sejumlah Tempat Nama dan Foto Kapolres Muaro Jambi Dicatut, AKBP Yuyan : Jangan Terpengaruh Hari Korpri ke 50, Sejumlah Pejabat di Tanjab Barat Dilantik Si Jago Merah Mengamuk, Satu Unit Rumah dan 4 Ekor Kambing Ikut Terbakar

Home / Advetorial / Pilkada

Kamis, 5 Desember 2019 - 17:20 WIB

Sambut Pilkada 2020, Bawaslu Tanjabbar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Kilas Balik Pemilu Tahun 2019

FOTO : Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media oleh Bawaslu Tanjung Jabung Barat di Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19)

FOTO : Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media oleh Bawaslu Tanjung Jabung Barat di Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19)

KUALA TUNGKAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan acara Kilas Balik Pengawasan Pemilu 2019 Menyongsong Pemilihan 2020 dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dr. Mohd. Yasin, S.HI, MH mewakili Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjab Batat di Aula Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19).

Sosialisasi diikuti ratusan peserta dari perwakilan Wartawan, perwakilan partai politik, perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan ormas, BPBD, Kesbangpol dan LSM. Narasumber Afrizal, S.Pd.I, MH Anggota Bawaslu Provinsi Jambi.

Saat sambutan, Dr. Yasin menyampaikan bahwa sosialisasi yang digelar ini merupakan kegiatan penting, karena Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengawasan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan dasar hukum yang masih dipakai yaitu Undang Undang No 7 Tahun 2017 mengenai kilas balik pelaksanaan pengawasan pemilu 2019 menyongsong Pilkada 2020 untuk meningkatkan pengetahuan kepemiluan kita semuanya,” kata dia.

Menurutnya, dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Harapannya, penyelenggaraan pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan demokratis.

“Bawaslu punya kewajiban untuk mempersiapkan masyarakat agar ikut berperan dalam pengawasan untuk menciptakan kontestasi yang luber dan jurdil,” imbuhnya.

Menurut Yasin, pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

“Melalui forum ini saya berharap dapat sedikit masukan ataupun dorongan, apa apa saja yang harus kami lakukan dan kami benahi, untuk menghadapi pilkada tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Pimpin Rakor Implementasi SAKIP Bersama OPD dan Camat

Advetorial

Kapolres Tanjab Barat Silaturahmi dengan Pengasuh dan Santri Ponpes Al Baqiatush Shalihat

Advetorial

Polres Tanjabbar Launching Kampung Tangguh Siginjai dan PPKM Mikro Kawasan Wisata

Advetorial

Disnaker Beri Pelatihan Menjahit Kepada 40 Perempuan Perwakilan 4 Desa Kecamatan

Tanjab Barat

Sekda Tanjab Barat Ikuti Rakor Pilkada Serentak Via Vidcon

Advetorial

Awal Tahun 2020, Bupati Safrial Lantik dan Ganti Enam Camat

Advetorial

Bupati Tanjab Barat dan Dandim 0419 Tanjab Teken MoU Kerjasama Karya Bhakti TNI Tahun 2018

Pilkada

Ini Lima Besar Calon PPK Tajabbar Terpilih