LIVE
Pemerintah Resmi Perpanjang PPKM Level 4 sampai 9 Agustus Ini Aturan Baru Pemberlakukan Jam Malam di Tanjab Barat Danrem 042 Gapu Berikan Materi kepada KKDN Sespimti Polri Pemkab Tanjabbar Jalin Kerjasama dengan DJKN Sumsel dan BPKP Jambi Spektakuler, Dandim 0419/Tanjab Patroli Karhutla bersama Komunitas Motor Pecinta Alam

Home / Advetorial / Pilkada

Kamis, 5 Desember 2019 - 17:20 WIB

Sambut Pilkada 2020, Bawaslu Tanjabbar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Kilas Balik Pemilu Tahun 2019

FOTO : Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media oleh Bawaslu Tanjung Jabung Barat di Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19)

FOTO : Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media oleh Bawaslu Tanjung Jabung Barat di Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19)

KUALA TUNGKAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan acara Kilas Balik Pengawasan Pemilu 2019 Menyongsong Pemilihan 2020 dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dr. Mohd. Yasin, S.HI, MH mewakili Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjab Batat di Aula Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19).

Sosialisasi diikuti ratusan peserta dari perwakilan Wartawan, perwakilan partai politik, perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan ormas, BPBD, Kesbangpol dan LSM. Narasumber Afrizal, S.Pd.I, MH Anggota Bawaslu Provinsi Jambi.

Saat sambutan, Dr. Yasin menyampaikan bahwa sosialisasi yang digelar ini merupakan kegiatan penting, karena Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengawasan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan dasar hukum yang masih dipakai yaitu Undang Undang No 7 Tahun 2017 mengenai kilas balik pelaksanaan pengawasan pemilu 2019 menyongsong Pilkada 2020 untuk meningkatkan pengetahuan kepemiluan kita semuanya,” kata dia.

Menurutnya, dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Harapannya, penyelenggaraan pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan demokratis.

“Bawaslu punya kewajiban untuk mempersiapkan masyarakat agar ikut berperan dalam pengawasan untuk menciptakan kontestasi yang luber dan jurdil,” imbuhnya.

Menurut Yasin, pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

“Melalui forum ini saya berharap dapat sedikit masukan ataupun dorongan, apa apa saja yang harus kami lakukan dan kami benahi, untuk menghadapi pilkada tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Advetorial

Kapolres Tanjab Barat yang Baru Disambut dengan Tradisi Adat dan Pedang Pora

Advetorial

Bupati Safrial Lantik Agus Sanusi Sebagai Sekda Tanjab Barat Definitif

Advetorial

Jelang Hari Raya, Bupati Safrial Launcing Sembako Murah Bersubsidi Untuk 13 Kecamatan

Advetorial

Bupati Anwar Sadat Apresiasi Polres Tanjab Barat Dalam Penanganan Karhutla

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Sambut Kunjungan Kasdam II/Sriwijaya

Advetorial

Memperingati HPSN 2019, Kapolres Tanjab Barat Gelar Goro Bersama Masyarakat

Merangin

Dandim Sarko Hadiri Rapat Koordinasi Pembersihan APS Pasangan Calon Gubernur Jambi

Advetorial

Imigrasi Kuala Tungkal Gelar Deklarasi Janji Kinerja dan Komitmen Bersama Pembangunan ZI Menuju WBBM 2021