YTUBE
Sampaikan Aspirasi, Puluhan Nelayan Tanjab Barat Duduk Bersama di Rumah Ahmad Jahfar Maling HP dan Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram, Dua Pemuda di Tanjab Barat Diamankan Polisi Pengumuman PPPK Guru Diundur, Guru Honorer Tanjabbar Kecewa Lahan di Betara Terbakar, PetroChina Sigap Bantu Pemadaman Api 10 Fakta Aborsi Maut Ibu dan Bayi di Kamar Hotel Kuala Tungkal

Home / Advetorial / Pilkada

Kamis, 5 Desember 2019 - 17:20 WIB

Sambut Pilkada 2020, Bawaslu Tanjabbar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Kilas Balik Pemilu Tahun 2019

FOTO : Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media oleh Bawaslu Tanjung Jabung Barat di Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19)

FOTO : Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media oleh Bawaslu Tanjung Jabung Barat di Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19)

KUALA TUNGKAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan acara Kilas Balik Pengawasan Pemilu 2019 Menyongsong Pemilihan 2020 dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Instansi Lembaga Terkait (ILT), LSM dan Media.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dr. Mohd. Yasin, S.HI, MH mewakili Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjab Batat di Aula Hotel Masa Kini Kuala Tungkal, Kamis (05/12/19).

Sosialisasi diikuti ratusan peserta dari perwakilan Wartawan, perwakilan partai politik, perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan ormas, BPBD, Kesbangpol dan LSM. Narasumber Afrizal, S.Pd.I, MH Anggota Bawaslu Provinsi Jambi.

Saat sambutan, Dr. Yasin menyampaikan bahwa sosialisasi yang digelar ini merupakan kegiatan penting, karena Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengawasan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan dasar hukum yang masih dipakai yaitu Undang Undang No 7 Tahun 2017 mengenai kilas balik pelaksanaan pengawasan pemilu 2019 menyongsong Pilkada 2020 untuk meningkatkan pengetahuan kepemiluan kita semuanya,” kata dia.

Menurutnya, dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Harapannya, penyelenggaraan pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan demokratis.

“Bawaslu punya kewajiban untuk mempersiapkan masyarakat agar ikut berperan dalam pengawasan untuk menciptakan kontestasi yang luber dan jurdil,” imbuhnya.

Menurut Yasin, pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

“Melalui forum ini saya berharap dapat sedikit masukan ataupun dorongan, apa apa saja yang harus kami lakukan dan kami benahi, untuk menghadapi pilkada tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Pilkada

HBA Tegaskan Tidak Maju di Pilgub Jambi

Advetorial

Antisipasi Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar Latihan Posko I

Pilkada

Danrem dan Bawaslu Jambi Dorong Semua Komponen Masyarakat Sukseskan Pilkada

Advetorial

Antisipasi Karhutla, Kodim 0419 Tanjab Gelar Tatap Muka dan Geladi Posko

Advetorial

Bupati Tanjabbar Terima Silaturrahmi Perwakilan Forum Honorer

Advetorial

Polres Tanjabbar dan Dinas Sosial Ikuti Video Conference Penandatanganan MoU Kapolri dan Mensos

Pilkada

KPU Tetapkan Haris-Sani Raih Suara Terbanyak PSU Pilgub Jambi

Advetorial

Bupati Safrial Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional Inseminasi Buatan Bank Jambi