LIVE
Link Twibbon Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke 50 Tahun 2021 Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi Satgas Kolakopsrem 172/PWY Berhasil Evakuasi Jenazah Suster Maelani dari Jurang 300 Meter Bupati Muaro Jambi Minta 5.000 Vaksin Untuk Pelajar Dalam Peninjauan Mendikbudristek Wabup Hairan Zoom Meeting dengan Gubernur Terkait Kunker Mendikbudristek

Home / Berita

Selasa, 24 Desember 2019 - 12:18 WIB

Satu Warga Binaan Lapas Kelas IIB Dapat Remisi Natal 2019 Langsung Bebas

FOTO: Haszuwan Affandi Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal

FOTO: Haszuwan Affandi Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal

BRAM ITAM – Gokma Manurung salah satu Warga Binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Kuala Tungkal merayakan Natal diluar Penjara. Pasalnya, Warga asal Sumatera Utara ini mendapatkan Remisi Khusus II perayaan Natal selama 1 bulan.

Dengan Remisi yang didapat, langsung menghabiskan sisa masa Pidananya di Lapas Kuala Kungkal.

Kalapas Kelas IIB Kuala Tungkal Iman Siswoyo melalui Kasi Binadik dan Giatja Haszuwan Affandi mengungkapkan, peringatan hari besar umat kristiani 2019, pihaknya mengusulkan 12 Wargabinaan yang beragama kristen untuk mendapatkan Remisi dari Kemenkum HAM.

BACA JUGA :  Bupati dan Forkopimda Ikuti Dialog Intraktif Penanganan COVID-19 dengan Kapolri dan Panglima TNI

“Sebenarnya warga binaan yang beragama Kristen di Lapas Kualatungkal ada 25 orang. Karena yang memenuhi syarat dan peraturan undang-undang yang berlaku hanya 12 orang, maka merekalah yang kita usulkan mendapatkan Remisi,” beber Haszuwan, Senin (23/12/19).

Untuk besaran Remisi yang diperoleh 12 warga binaan tersebut kata Haszuwan, jumlahnya bervariasi mulai dari 15 hari, 1 bulan dan 1,5 bulan. Dan ada 1 orang diantaranya mendapatkan Remisi Khusus II selama 1 bulan. Dimana potongan Remisi yang didapat langsung menghabiskan sisa pidana yang bersangkutan.

BACA JUGA :  Link Twibbon Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke 50 Tahun 2021

“Jadi saat pemberian Remisi 25 Desember 2019 yang bersangkutan bisa bebas. Warga binaan tersebut Gokma Manurung asal Sumatera Utara perkara 363 KUHP yang dipidana 1 tahun 2 bulan dan mendapatkan Remisi 1 bulan,” sebutnya.

Disoal tersangkut pidana apa saja warga binaan yang mendapatkan Remisi Natal 2019,? Haszuwan Affandi mengatakan, untuk 12 warga binaan yang mendapatkan Remisi adalah mereka yang tersangkut tindak pidana umum dan sebagian lagi pidana Narkotika.

BACA JUGA :  Dantasgas TMMD Ke-112 Kodim HST Meninjau Perpustakaan Keliling

“Penyerahaan Remisi ini sendiri akan dilaksanakan 25 Desember 2019 saat Upacara yang dipimpin langsung Kalapas Kelas IIB Kualatungkal,” katanya.

Jadi dalam hal pemberian Remisi ini tambah Haszuwan, Pemerintah berharap warga binaan dapat kiranya mempersiapkan program pembinaan yang disiapkan oleh Lembaga Permasyarakatan.

“Tujuannya  agar warga binaan tersebut dapat kembali kepada masyarakat sebagai masyarakat pada umumnya. Mampu berperan serta dalam pembangunan dan menciptakan suasana kondusif,” pungkasnya.(bas)

Share :

Baca Juga

Berita

Kunjungi Tempat Keramaian dan Wisat Kuliner, Kapolres dan Dandim Tanjab Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Berita

KPU Tanjabar Rekrut 402 Anggota PPS Untuk Pilkada 2020

Berita

Kapolres Tanjabbar Sambut dan Apresiasi Silaturahmi dan Audiensi PWI Tanjab Barat

Berita

HUT ke-61, Korem 042/Gapu Beri Santunan Pada Anak Yatim

Berita

Bawaslu Tanjab Barat Gelar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Berita

Koramil Jambi Selatan Kodim 0415/Batanghari Laksanakan Vaksinasi Serentak

Berita

Danrem 042 Gapu Tegaskan Peserta Seleksi Calon Tamtama PK Gel II 2020 Harus Bersaing Secara Sehat

Berita

PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan