by

Sejumlah Sekolah di Jambi Hidupkan Teras Baca

-Daerah, Pendidikan-87 dilihat

LINTASTUNGKAL.COM, JAMBI – Berawal dari keprihatinannya pada rendahnya minat baca anak, sejumlah sekolah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi membuat teras baca di selasar halaman sekolah.

Teras baca tersebut memanfaatkan ruangan di samping kelas yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pihak sekolah. Tak hanya mendirikan teras baca, guru-guru di sekolah ini juga memberikan keteladanan dengan ikut membaca bersama siswa.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan buku dan kegiatan membaca kepada anak-anak adalah dengan mendirikan teras atau selasar baca di lingkungan sekolah. Siswa tidak harus ke perpustakaan untuk membaca buku, kita dekatkan buku dengan anak-anak,” ungkap Sulasteri, Kepala SDN 61/X Talang Babat Tanjung Jabung Timur, Senin, (15/04/19).

Teras atau selasar biasanya bagian muka dari sebuah bangunan yang biasanya digunakan untuk duduk santai atau tempat berkumpul, namun dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat.