LIVE TV
Diduga Langgar Prokes, Tiga Penyelenggara Pertandingan Volly Diamankan Polisi Korem 042 Gapu Menyediakan Wadah Pengaduan Melalui Website, Kerahasiaan Pelapor Dijamin Temuan LHP BPK di Tanjabbar Capai Rp3 M, Pengembalian Baru Ratusan Juta SKK Migas-PetroChina Perbesar Keterlibatan Industri Dalam Negeri di Hulu Migas COVID-19 Varian AY.1 ‘Delta Plus’ Dikabarkan Sudah Terdeteksi di Jambi

Home / Kecamatan / Merlung / Pendidikan

Kamis, 21 November 2019 - 18:10 WIB

Sekolah Di Tanjab Barat Dinilai Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat dan UKS Provinsi Jambi

FOTO : Dokumentasi Humas Setda Tjb

FOTO : Dokumentasi Humas Setda Tjb

KUALA TUNGKAL – Tim Pembina UKS Provinsi Jambi melakukan penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan UKS di Tanjab Barat, Rabu (20/11/19).

Sekolah tersebut SDN No 5/V Kuala Tungkal dan SMA 1 Kuala Tungkal, TK Agri Permata Merlung dan SMP 1 Merlung.

Maisanti, Tim Penilai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi mengatakan penilaian berdasarkan acuan strata paripurna. Artinya, suasananya hampir sempurna dalam beberapa hal berkaitan dengan kondisi lingkungan belajar yang normal, baik secara jasmani maupun rohani.

“Hal itu terlihat dari sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah­teraan lahir dan batin setiap warga sekolah,” katanya.

Lanjut Maisanti, ruang kelas, kepala sekolah, guru, ruang perpustakaan, toilet, kantin, dan jumlah siswa dengan rasio jumlah toilet sekolah harus sesuai. Semua aspek tersebut turut dinilai.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi : Siswa Diktukba Polri dari SAD Harus Jadi Pelopor dan Tauladan Bagi Warga SAD Lainnya

“Kriteria penilaian lebih rinci, yakni lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Kemudian, tempat pembuangan dan pengelolaan sampah serta air bersih terkontrol,” terangnya.

Selain itu, menurut Maisanti kantin dan petugas kantin harus bersih dan rapi serta menyediakan menu gizi seimbang. Juga ruang kelas yang memenuhi syarat kese­hatan (ventilasi/AC dan pencahayaan cukup), ruang serta peralatan UKS yang ideal.

“Peran UKS juga sangat penting. Siswa yang sakit pertama kali dirujuk ke UKS untuk penanganan pertama. Oleh karena itu, UKS menjadi ujung tombak sejauh mana sekolah memerhatikan kesehatan peserta didik,” tuturnya.

Sekolah sehat pada prinsipnya fokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut sehat secara lingkungan dan memperhatikan kesehatan peserta didik. Hal ini membuat sekolah sehat memungkinkan bagi setiap warga dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, memiliki nilai daya guna, dan berhasil.

BACA JUGA :  Hadiri Pembukaan KKN Kebangsaan di Universitas Jambi, SKK Migas-PetroChina Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

TP UKS terdiri dari empat Kementerian yang bekecimpung di dalamnya, terdiri dari bagian Kesra, Dinkes, Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Kemendagri dengan dilindungi oleh Bupati.

Sementara Camat Merlung Zulkarnain, berterima kasih atas kunjungan dan penilaian Lomba Sekolah Sehat di SMP 1 Merlung dan berharap mendapatkan juara terbaik.

“Kalau juara itu pasti kami berharap tapi disisi lain kami dapat bimbingan serta kalau bisa tak hanya di SMP 1 tapi semua sekolah di Kecamatan Merlung masuk sekolah sehat dan ramah anak,” harapnya.

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Update Pendaftar Sekolah Kedinasan Hingga Senin 19 April 2021

Advetorial

Wabup Amir Sakib Hadiri Isra’ Mi’raj Di Desa Pematang Lumut

Berita

30 Pasangan Berumur Di Kecamatan Seberang Kota Ikuti Isbat Nikah

Advetorial

Bupati Safrial Resmikan Penggunaan Kantor Camat Tungkal Ilir, Kelurahan dan Puskesmas

Bram Itam

Buka Jambore PKK, Camat Bram Itam Himbau Kader Tindaklanjuti Kegiatan Yang Dilaksanakan

Tungkal Ilir

Kemenag Akan Resmikan Sungai Nibung Sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan

Berita

Sambut Tahun Baru, Mahasiswa KKN STAIA Posko 19 Desa Karya Maju Gelar Tabligh Akbar

Pendidikan

Sambut 315 Mahasiswa Unja yang Akan Kukerta Di Tanjab Barat, Begini Pesan Bupati Safrial