indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Kepedulian Demokrat, Jamal Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Kampung Nelayan Peringati May Day ke-30 KSBSI Jambi Gelar Baksos Sembako Kodim 0415/Jambi Laksanakan Vaksiansi Massal Booster Soal Rehab Rumah Korban Kebakaran Sekda : Kita Akan Konsultasikan dengan BPKP Tinjau Progres TMMD ke-113, Tim Wasev Mabes TNI AD Hadir di Bukit Indah dan Sungai Muluk

Home / Kecamatan / Merlung / Pendidikan

Kamis, 21 November 2019 - 18:10 WIB

Sekolah Di Tanjab Barat Dinilai Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat dan UKS Provinsi Jambi

FOTO : Dokumentasi Humas Setda Tjb

FOTO : Dokumentasi Humas Setda Tjb

KUALA TUNGKAL – Tim Pembina UKS Provinsi Jambi melakukan penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan UKS di Tanjab Barat, Rabu (20/11/19).

Sekolah tersebut SDN No 5/V Kuala Tungkal dan SMA 1 Kuala Tungkal, TK Agri Permata Merlung dan SMP 1 Merlung.

Maisanti, Tim Penilai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi mengatakan penilaian berdasarkan acuan strata paripurna. Artinya, suasananya hampir sempurna dalam beberapa hal berkaitan dengan kondisi lingkungan belajar yang normal, baik secara jasmani maupun rohani.

“Hal itu terlihat dari sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah­teraan lahir dan batin setiap warga sekolah,” katanya.

Lanjut Maisanti, ruang kelas, kepala sekolah, guru, ruang perpustakaan, toilet, kantin, dan jumlah siswa dengan rasio jumlah toilet sekolah harus sesuai. Semua aspek tersebut turut dinilai.

“Kriteria penilaian lebih rinci, yakni lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Kemudian, tempat pembuangan dan pengelolaan sampah serta air bersih terkontrol,” terangnya.

Selain itu, menurut Maisanti kantin dan petugas kantin harus bersih dan rapi serta menyediakan menu gizi seimbang. Juga ruang kelas yang memenuhi syarat kese­hatan (ventilasi/AC dan pencahayaan cukup), ruang serta peralatan UKS yang ideal.

“Peran UKS juga sangat penting. Siswa yang sakit pertama kali dirujuk ke UKS untuk penanganan pertama. Oleh karena itu, UKS menjadi ujung tombak sejauh mana sekolah memerhatikan kesehatan peserta didik,” tuturnya.

Sekolah sehat pada prinsipnya fokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut sehat secara lingkungan dan memperhatikan kesehatan peserta didik. Hal ini membuat sekolah sehat memungkinkan bagi setiap warga dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, memiliki nilai daya guna, dan berhasil.

TP UKS terdiri dari empat Kementerian yang bekecimpung di dalamnya, terdiri dari bagian Kesra, Dinkes, Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Kemendagri dengan dilindungi oleh Bupati.

Sementara Camat Merlung Zulkarnain, berterima kasih atas kunjungan dan penilaian Lomba Sekolah Sehat di SMP 1 Merlung dan berharap mendapatkan juara terbaik.

“Kalau juara itu pasti kami berharap tapi disisi lain kami dapat bimbingan serta kalau bisa tak hanya di SMP 1 tapi semua sekolah di Kecamatan Merlung masuk sekolah sehat dan ramah anak,” harapnya.

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Sidak Pelaksanaan Relaksasi Bidang Pendidikan Hari Pertama Tahun Ajaran Baru

Covid-19

Karena Alasan Ini, Zulkipli Warga Desa Tanjung Tayas Tolak BLT; Kades, Kita Apresiasi Jiwa Besarnya

Advetorial

MCW NU Kecamatan Betara Gelar Dzikir Kebangsaan dan Peringatan Hari Santri Nasional

Tanjab Barat

Warga Dua Desa di Kecamatan Betara Kembali di Rapid Test

Kecamatan

Ditinggal Kosong, Rumah Warga di Sungai Kepayang Senyerang Ludes Terbakar

Kecamatan

Seluruh Desa dan Kelurahan di Kecamatan Betara Terima Alat Penyemprotan Disinfektan Dari Petro China

Pendidikan

Kemenhub Sediakan 2.676 Formasi Taruna Ikatan Dinas, Pendaftaran Dibuka 1 April

Tebing Tinggi

Desa Suka Damai Siap Sukseskan Deklarasi Open Defecation Free (ODF)