YTUBE
Dalam 2 Pekan, Satnarkoba Polres Tanjab Timur Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 Tersangka PN Jambi Tolak Praperadilan Kasus BBM PT. Jambi Tulo Tiga Pemuda Kota Jambi Diamankan Polisi Atas Kepemilikan 1.925 Gram Ganja Siaga On Call, Personel Polres Tanjab Barat Sisir Delapan Titik Keramaian Tiga Pangkalan Gas Elpiji di Kuala Tungkal di Jaga Polisi

Home / Kecamatan / Merlung / Pendidikan

Kamis, 21 November 2019 - 18:10 WIB

Sekolah Di Tanjab Barat Dinilai Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat dan UKS Provinsi Jambi

FOTO : Dokumentasi Humas Setda Tjb

FOTO : Dokumentasi Humas Setda Tjb

KUALA TUNGKAL – Tim Pembina UKS Provinsi Jambi melakukan penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) dan UKS di Tanjab Barat, Rabu (20/11/19).

Sekolah tersebut SDN No 5/V Kuala Tungkal dan SMA 1 Kuala Tungkal, TK Agri Permata Merlung dan SMP 1 Merlung.

Maisanti, Tim Penilai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi mengatakan penilaian berdasarkan acuan strata paripurna. Artinya, suasananya hampir sempurna dalam beberapa hal berkaitan dengan kondisi lingkungan belajar yang normal, baik secara jasmani maupun rohani.

“Hal itu terlihat dari sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah­teraan lahir dan batin setiap warga sekolah,” katanya.

Lanjut Maisanti, ruang kelas, kepala sekolah, guru, ruang perpustakaan, toilet, kantin, dan jumlah siswa dengan rasio jumlah toilet sekolah harus sesuai. Semua aspek tersebut turut dinilai.

“Kriteria penilaian lebih rinci, yakni lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Kemudian, tempat pembuangan dan pengelolaan sampah serta air bersih terkontrol,” terangnya.

Selain itu, menurut Maisanti kantin dan petugas kantin harus bersih dan rapi serta menyediakan menu gizi seimbang. Juga ruang kelas yang memenuhi syarat kese­hatan (ventilasi/AC dan pencahayaan cukup), ruang serta peralatan UKS yang ideal.

“Peran UKS juga sangat penting. Siswa yang sakit pertama kali dirujuk ke UKS untuk penanganan pertama. Oleh karena itu, UKS menjadi ujung tombak sejauh mana sekolah memerhatikan kesehatan peserta didik,” tuturnya.

Sekolah sehat pada prinsipnya fokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut sehat secara lingkungan dan memperhatikan kesehatan peserta didik. Hal ini membuat sekolah sehat memungkinkan bagi setiap warga dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, memiliki nilai daya guna, dan berhasil.

TP UKS terdiri dari empat Kementerian yang bekecimpung di dalamnya, terdiri dari bagian Kesra, Dinkes, Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Kemendagri dengan dilindungi oleh Bupati.

Sementara Camat Merlung Zulkarnain, berterima kasih atas kunjungan dan penilaian Lomba Sekolah Sehat di SMP 1 Merlung dan berharap mendapatkan juara terbaik.

“Kalau juara itu pasti kami berharap tapi disisi lain kami dapat bimbingan serta kalau bisa tak hanya di SMP 1 tapi semua sekolah di Kecamatan Merlung masuk sekolah sehat dan ramah anak,” harapnya.

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Tinjau Pelaksanaan UNBK SMP dan MTs

Pendidikan

Lagi, SDN 005/V Kuala Tungkal Dibantu Nakes PKM II Vaksinasi 118 Siswa

Pendidikan

Pasal Puluhan Siswa SMAN 5 Kota Jambi Terancan DO Akibat Minum Miras, Begini Sikap Dinas Pendidikan

Pendidikan

Tak Lunas Uang Komite Pelajar SMK di Muaro Jambi Ujian di Luar Kelas, Edi Purwanto ; Kita Akan Panggil Disdik

Pendidikan

UAD FAIR Asah Skill dan Jiwa Enterpreneurship Mahasiswa Sebelum Terjun Menjadi Wirausahawan Muda di Pasar Bebas

Pendidikan

Ini 4 Guru Besar Baru Universitas Jambi

Pendidikan

Fasilitator Daerah Program PINTAR Dampingi Sekolah di Tanjab Timur

Pendidikan

Tanjabbar Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan dan Guru