by

Sekolah ini Ajak Masyarakat Bangun Saung Baca, Begini Strateginya

-Pendidikan-160 dilihat

LINTASTUNGKAL.COM, BATANG HARI – Menindaklanjuti kegiatan pelatihan manajemen berbasis sekolah (MBS) Program PINTAR Tanoto Foundation beberapa waktu lalu, Kepala SMPN 11 Batang Hari membuat saung baca di halaman sekolahnya.

Darmawijaya Nur, Kepala SMPN 11 Batang Hari yang juga fasilitator daerah program PINTAR Tanoto Foundation mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi dalam meningkatkan program budaya baca, salah satunya adalah membangun saung baca.

“Saya bangun saung baca ini dalam rangka mendekatkan siswa untuk membaca buku, ada sekitar 40 sampai 50 siswa membaca di saung ini setiap harinya,” ujarnya, melalui sambungan telepon, Rabu, (27/12/18).

Materi “KPK” atau Keteladanan, Pembiasaan, dan Ketersediaan buku yang dikenalkan oleh Tanoto Foundation nampaknya sangat membekas di hati Darmawijaya, buktinya Ia dan timnya membuat program yang paling banyak berkunjung ke perpustakaan akan mendapatkan hadiah buku.

“Dukungan kami tidak main-main dalam program literasi ini, agar siswa tertarik memiliki hobi membaca, kami siapkan hadiah buku dari sekolah,” tegasnya.

Darmawijaya juga mengatakan, saung baca di sekolahnya saat ini berjumlah dua buah hasil kerja sama dengan masyarakat sekitar.

”Bantuan masyarakat berupa bahan seperti bambu, daun pohon sagu dan tenaga, kita ajak mereka musyawarah dulu lalu tinggal kita laksanakan,” pungkasnya.

Editor : Tim Redaksi