LIVETV
Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Dandim 0415/Jambi Peringatan Maulid Nabi, Dandim 1002/HST : Teladani Sifat Rasulullah SAW Kronologi Kecelakaan Maut yang Menewaskan Seluruh Penumpang Kijang LGX di Bungo Kemenag Hadiah untuk NU, Haedar Nashir : Narasi Radikal Personil Gabungan Polres Tanjab Barat Lakukan Pemeriksaan Penumpang Antar Pulau




Home / Olahraga

Rabu, 14 Agustus 2019 - 03:14 WIB

Seru Lomba Balap Becak Kayuh HUT RI Di Kuala Tungkal

KUALA TUNGKAL – Dalam memeriahkan HUT ke-54 Kabupaten Tanjabbar dan HUT RI ke-74 tahun 2018. Pemkab Tanjabbar melalui Dinas Perhubungan mengadakan balap becak kayuh, Rabu (14/08/19).

Aksi balap becak ini juga menjadi tontonan menarik bagi ratusan warga yang menyaksikan di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 2 x 300 meter di jalan Jenderal Sudirman depan rumah jabatan Bupati itu.

Star pertama Drag Race Becak ini dilepas oleh Bupati Tanjab Barat, DR. Ir. H. Safrial, MS didampingi Ketua DPRD Faizal Riza, ST, MM dan jajaran Forkompimda, Kepala BRI, Plt. Sekda Yon Heri, SP, MM.

BACA JUGA :  Anwar Sadat Resmi Friendly Match Tenis Lapangan Silaturrahmi SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Tanjab Barat

Kepala Dinas Perhubungan, Drs. H. Endang Surya, MM mengatakan lomba kayuh becak ini guna melestarikan kearifan lokal budaya daerah mempertahankan keberadaan transportasi tradisional pertama di kota Kuala Tungkal sebelum menjamurnya alat transportasi moderen saat ini.

“Salah satu caranya Pemkab mempertahannkannya menurut kami ya semacam melalui lomba ini,” ujar Endang Surya.

Endang menjelaskan peserta lomba ketangkasan kayuh becak diikuti utusan 8 kelurahan dalam Kecamatan Tungkal Ilir. Seriap kelurahan mengirim 4 peserta, setiap peserta 1 becak terdiri dari 2 orang.

BACA JUGA :  Anwar Sadat Resmi Friendly Match Tenis Lapangan Silaturrahmi SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Tanjab Barat

Para pemenang akan mendapat uang tunai jutaan rupiah dan paket sembako, yang disiapkan sponsor dan bonus khusus dari Bapak Bupati H. Safrial.

“Dalam pelaksanan lomba 1 becak terdiri dua estapet atau pengayuh becak, dari Star ke ujung oleh pengayuh 1, kemudian tiba di ujung dilanjutkan oleh pengayuh ke 2 ke garis Finis (star awal),” jelasnya.

Pantauan di arena lomba, pemandangan yang cukup lucu pun terlihat saat peserta berusaha beradu cepat berpacu merebut juara di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 2 x 300 meter.

BACA JUGA :  Anwar Sadat Resmi Friendly Match Tenis Lapangan Silaturrahmi SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Tanjab Barat

Peserta yang tampak tak biasa mengendalikan becak pun terlihat kesulitan mengayuh untuk saling mendahului becak-becak pesaing.

Gelak tawa pecah tak terelakkan muncul dari Bupati H. Safrial dan jajaran Forkompimda yang menyaksikan. Tepuk tangan dan teriakan ratusan warga pun meramaikan di sepanjang lintasan saat menyaksikan balapan.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan balap becak masih berlangsung.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Final Pra Porprov, Tim Sepak Bola Muaro Jambi Tumbangkan Kerinci Lewat Adu Pinalti 3-2

Olahraga

Gubernur Jambi Oldstar vs Tanjabbar Oldstar, Al Haris Cetak 2 Gol

Olahraga

Danrem 042/Gapu Ajak Bermain Gateball, Ternaya Ini Manfaatnya

Olahraga

Korem 042/Gapu Terima Sosialisasi Perubahan Garjas dari Jasdam II/Swj

Olahraga

Dea Amanda, Pebalap Perempuan Asal Kuala Tungkal Raih 5 Besar Even Balap di Sabak

Advetorial

Kodim 0419/Tanjab Kirim Kontingen Panahah Kejuaraan Piala Panglima TNI Open 2019

Olahraga

Laga Seko vs Betara, Wasit Hadiahi Kartu Merah Kepada Pemain dan Pelatih

Olahraga

40 Club Sepeda Se Sumbar Deklarasi Gabung Di Army Cycling Club Binaan TNI AD