YTUBE
Dalam 2 Pekan, Satnarkoba Polres Tanjab Timur Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 Tersangka PN Jambi Tolak Praperadilan Kasus BBM PT. Jambi Tulo Tiga Pemuda Kota Jambi Diamankan Polisi Atas Kepemilikan 1.925 Gram Ganja Siaga On Call, Personel Polres Tanjab Barat Sisir Delapan Titik Keramaian Tiga Pangkalan Gas Elpiji di Kuala Tungkal di Jaga Polisi

Home / Olahraga

Rabu, 14 Agustus 2019 - 03:14 WIB

Seru Lomba Balap Becak Kayuh HUT RI Di Kuala Tungkal

KUALA TUNGKAL – Dalam memeriahkan HUT ke-54 Kabupaten Tanjabbar dan HUT RI ke-74 tahun 2018. Pemkab Tanjabbar melalui Dinas Perhubungan mengadakan balap becak kayuh, Rabu (14/08/19).

Aksi balap becak ini juga menjadi tontonan menarik bagi ratusan warga yang menyaksikan di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 2 x 300 meter di jalan Jenderal Sudirman depan rumah jabatan Bupati itu.

Star pertama Drag Race Becak ini dilepas oleh Bupati Tanjab Barat, DR. Ir. H. Safrial, MS didampingi Ketua DPRD Faizal Riza, ST, MM dan jajaran Forkompimda, Kepala BRI, Plt. Sekda Yon Heri, SP, MM.

Kepala Dinas Perhubungan, Drs. H. Endang Surya, MM mengatakan lomba kayuh becak ini guna melestarikan kearifan lokal budaya daerah mempertahankan keberadaan transportasi tradisional pertama di kota Kuala Tungkal sebelum menjamurnya alat transportasi moderen saat ini.

“Salah satu caranya Pemkab mempertahannkannya menurut kami ya semacam melalui lomba ini,” ujar Endang Surya.

Endang menjelaskan peserta lomba ketangkasan kayuh becak diikuti utusan 8 kelurahan dalam Kecamatan Tungkal Ilir. Seriap kelurahan mengirim 4 peserta, setiap peserta 1 becak terdiri dari 2 orang.

Para pemenang akan mendapat uang tunai jutaan rupiah dan paket sembako, yang disiapkan sponsor dan bonus khusus dari Bapak Bupati H. Safrial.

“Dalam pelaksanan lomba 1 becak terdiri dua estapet atau pengayuh becak, dari Star ke ujung oleh pengayuh 1, kemudian tiba di ujung dilanjutkan oleh pengayuh ke 2 ke garis Finis (star awal),” jelasnya.

Pantauan di arena lomba, pemandangan yang cukup lucu pun terlihat saat peserta berusaha beradu cepat berpacu merebut juara di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 2 x 300 meter.

Peserta yang tampak tak biasa mengendalikan becak pun terlihat kesulitan mengayuh untuk saling mendahului becak-becak pesaing.

Gelak tawa pecah tak terelakkan muncul dari Bupati H. Safrial dan jajaran Forkompimda yang menyaksikan. Tepuk tangan dan teriakan ratusan warga pun meramaikan di sepanjang lintasan saat menyaksikan balapan.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan balap becak masih berlangsung.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Olahraga

Kades Cup I Desa Pulau Kayu Aro, Kapolsek Sekernan : Jaga Sportifitas Selama Pertandingan

Olahraga

Lepas Atlet PABBSI Tanjabbar Ikuti Uji Tanding, Bupati Pesan Jaga Nama Baik Daerah

Olahraga

Ribuan Penonton Padati Sirkuit Road Race Championship Bupati Muaro Jambi 2021

Olahraga

Hamdani Tutup Kejuaraan Grasstrack Hamdani Cup 2018, Ini Para Juaranya

Olahraga

Tebing Tinggi Bertekad Pertahankan Piala Bergilir Bupati Cup 2022

Olahraga

Salurkan Hobby Pemuda Kampung Nyamuk, Satgas 131/Brs Bangun Lapangan Voli

Olahraga

Atlet Dayung Jambi Sabet Mendali Perak di PON XX Papua

Daerah

Pembukaan Drag Bike Drag Race Korem 042 Gapu Jambi Meriah