indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Pemkab Batanghari Kembali Terima WTP Pelatihan Anyaman Purun Masuk Desa Diharapkan Meningkatkan Ekonomi dan Taraf Hidup Masyarakat Sekda Provinsi Jambi Buka Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Kapolres Muaro Jambi Terima Kunjungan Supervisi Slog Polri Antisipasi PMK, Peternak di Tanjab Barat Dihimbau Waspada

Home / Pendidikan

Rabu, 14 November 2018 - 01:32 WIB

Tanoto Foundation Libatkan MI di Tanjabtim Tingkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah

LINTASTUNGKAL.COM, MUARA SABAK – Salah satu komitmen program PINTAR Tanoto Foundation dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah melibatkan guru-guru madrasah di daerah mitra.

Salah satu daerah mitra tersebut adalah Tanjung Jabung Timur, guru-guru di wilayah tersebut mengikuti kegiatan pelatihan praktik baik pembelajaran di SD dan MI.

Kegiatan tersebut hasil kerja sama Tanoto Foundation dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang dilaksanakan di aula sekretariat PKK Tanjabtim tersebut digelar selama tiga hari, senin-rabu (12-14/11/2018).

Total peserta MI sebanyak 12 guru dari 3 MI, yaitu MIN 2 Tanjabtim, MI Islamiyah, dan MI Hidayatul Mubtadiin.

Kegiatan yang dibuka oleh sekretaris Dinas Pendidikan Tanjabtim, Mamiati, mengapresiasi kegiatan pelatihan ini, menurutnya, pembelajaran aktif dan kooperatif sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

BACA JUGA :  75 Peserta Mengikuti USPK Paket B, Erham : Ijazah Bisa Digunakan Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Dikatakannya, praktik belajar siswa melalui mengamati, interaksi, komunikasi dan refleksi merupakan salah satu pembelajaran yang ideal ”Guru dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya, agar mutu pembelajaran semakin meningkat,” ujarnya.

Beberapa guru madrasah ketika ditemui di sela-sela pelatihan mengaku senang akan pelatihan tersebut,

”Terus terang, ini pengalaman yang berharga, kami guru-guru MI dilibatkan dalam pelatihan yang pesertanya juga guru SD, kami belajar banyak dari pelatihan dan guru-guru lainnya,” jelas Puji Astuti, guru MI Islamiyah, penuh bangga.

BACA JUGA :  75 Peserta Mengikuti USPK Paket B, Erham : Ijazah Bisa Digunakan Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Senada dengan Puji, Khoirunnisa, guru MIN 2 Tanjabtim mengatakan kegiatan ini sangat memotivasi dirinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sekembalinya dari tempat pelatihan.

”Pelatihan ini mendukung saya sebagai guru, apalagi jika dikaitkan dengan pembelajaran aktif, cara pelatihan ini membuat saya ingin segera menerapkannya di madrasah,” katanya.

Training Specialist untuk Sekolah Dasar Tanoto Foundation Jambi, Fitria Hima Mahligai, menyebut setelah pelatihan selesai, peserta juga akan didampingi di madrasahnya.

Selain pelatihan juga ada pendampingan untuk memastikan keterlaksanaan materi pelatihan.

“Dukungan fasda dibutuhkan setelah pelatihan, sehingga peserta menjadi percaya diri,” pungkas Fitri, panggilan akrabnya, Selasa, (13/11). (Syaiful Bahri)

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Pendidikan

STTD Resmi Buka Pendaftaran Calon Taruna 2020, Ini Pesyaratannya

Pendidikan

Diumumkan Via Online, Ratusan Siswa SMA N 1 Tanjung Jabung Barat Lulus 100 Persen

Pendidikan

Tingkat Kelulusan SMP di Tanjab Barat Mencapai 98,5 Persen

Advetorial

26 Calon Taruna STTD Polbit Tanjab Barat Ikuti Pembekalan

Pendidikan

Pemkab Tanjabbar Perpanjang Masa Belajar Siswa dari Rumah Hingga 17 Juni

Pendidikan

Hebat, Sekolah ini Gelar Diseminasi Setelah Selesai Pelatihan

Pendidikan

Konsisten Menerapkan Pelatihan, Kunci Sukses Guru Mengajar

Pendidikan

Majukan Sekolah, K3S Muara Tembesi Gelar Diseminasi MBS