LIVETV
Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Dandim 0415/Jambi Peringatan Maulid Nabi, Dandim 1002/HST : Teladani Sifat Rasulullah SAW Kronologi Kecelakaan Maut yang Menewaskan Seluruh Penumpang Kijang LGX di Bungo Kemenag Hadiah untuk NU, Haedar Nashir : Narasi Radikal Personil Gabungan Polres Tanjab Barat Lakukan Pemeriksaan Penumpang Antar Pulau




Home / Pendidikan

Selasa, 22 Januari 2019 - 13:55 WIB

Tanoto Foundation-Room to Read Hibahkan Buku Bacaan Ramah Anak

LINTASTUNGKAL.COM, JAKARTA – Penyediaan buku-buku bacaan berkualitas di sekolah menjadi faktor penting untuk mendorong minat dan kemampuan membaca siswa. Apalagi saat ini masih belum banyak tersedia buku-buku bacaan berkualitas untuk anak-anak kelas awal yang baru belajar membaca. Dari pendataan awal 2018 (baseline) yang dilakukan di 28% sampel sekolah dan madrasah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation, hanya 9% sekolah yang memiliki inisiatif untuk menyediakan buku-buku bacaan nonbuku paket.

Hal itulah yang mendorong Tanoto Foundation menggandeng Room to Read untuk memberikan hibah buku-buku bacaan yang ramah anak. Untuk tahap pertama, Tanoto Foundation dan Room to Read sudah menghibahkan 17.880 buku bacaan ini untuk 298 SD dan MI mitra yang tersebar di lima provinsi, yaitu Sumatera Utara, Jambi, Riau, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur.

Buku-buku bacaan ini disebut ramah anak karena mulai teks, ilustrasi gambar, dan isi pesannya disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Buku-buku ini dibuat berjenjang yang disesuaikan dengan kemampuan membaca anak, bukan berdasarkan jenjang kelas atau usia anak,” kata Saifullah Program Manager Provisi Education yang menjadi mitra operasional Room to Read Indonesia di Jakarta, (22/1/2019).

Sampai Januari 2019, sudah ada 55 judul buku yang dikembangkan oleh Room to Read bersama para penulis dan illustrator lokal. Pada bulan Maret 2019 akan disusul sebanyak 20 judul cerita anak terbaru. Isi cerita yang dikembangkan bervariasi dan banyak mengambil dari kisah rakyat berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Seperti kisah Persahabatan Putri Pandan Berduri cerita lokal dari Kepulauan Riau atau I Belog yang mengambil karakter anak dari Bali dan cerita Gatot Kaca.

“Buku-buku yang dikembangkan Room to Read di Indonesia berfokus pada penjenjangan level rendah. Teks ceritanya mulai dari beberapa kalimat pendek sampai beberapa kalimat yang bervariasi dengan ilustrasi yang sangat baik yang membuat anak tertarik untuk membaca buku,” kata Saiful lagi.

Share :

Baca Juga

Pendidikan

SMPN 2 Kuala Tungkal Menangkan Beberapa Lomba di Perlombaan Dinas Parpora 2019

Pendidikan

Dukung Keberhasilan Sekolah, Pemkab Tanjab Barat Apresiasi Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Peran Serta Masyarakat

Advetorial

KKG Profesional Hasilkan Guru Produktif

Pendidikan

Tenaga Pendidik SD Kartika II-4 Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 042 Gapu di Rapid Test

Pendidikan

Belajar Berkelompok dan Manfaatnya Bagi Siswa dalam Pembelajaran Aktif

Pendidikan

Ini 5 Sekolah Kedinasan Paling Banyak Pendaftar Hingga Hari Ini

Pendidikan

SMPN 2 Kuala Tungkal Fasilitasi Temu Alumni Lintas Generasi

Pendidikan

Terkait SKB 4 Menteri Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran 2020/2021, Sekda Tanjabbar Akan Koordinasi dengan Pusat dan Pemprov