YTUBE
Program Kerja Kadis Dikbud Muaro Jambi, Urutan 2 Bikin Repot Guru Punya Kebiasan Ini Ini Pesan Penting Danrem 042/Gapu Saat Apel Gabungan, Prajurit Harus Tahu Calon Kades se Kecamatan Senyerang Nyatakan Sikap Deklarasi Pilkades Damai Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Panitia Diminta Laksanakan Sesuai Protap Klasemen Sementara Liga Santri Piala Kasad 2022 di Provinsi Jambi

Home / Berita / Pilkada

Jumat, 7 Februari 2020 - 09:42 WIB

130 Calon PPK Lulus Tes Tertulis Lanjut Tes Wawancara

FOTO : Pelaksanaan Tes Tertulis Calon Anggota PPK Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Aula Balai Pertemuan Kantor Bupati, Kamis (30/01/20)

FOTO : Pelaksanaan Tes Tertulis Calon Anggota PPK Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Aula Balai Pertemuan Kantor Bupati, Kamis (30/01/20)

Ilyas menjelaskan, memang ada perbedaan regulasi dalam tahapan perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada pilkada tahun ini dengan pilkada sebelumnya. Dimana, tanggapan masyarakat terkait dengan rekrutmen anggota PPK dilakukan dua kali. Sementara pada pilkada sebelumnya, hanya dibuka sekali.

Tanggapan masyarakat tahap pertama terhadap hasil seleksi tertulis, Sementara tanggapan masyarakat tahap kedua akan dibuka setelah KPU mengumumkan hasil seleksi wawancara.

“KPU dalam hal ini, terhadap Identitas penyampai tanggapan tetap akan dirahasiakan,” ujarnya.

Menurut Ilyas, tanggapan masyarakat itu penting dibuka sebagai salah satu bentuk transparansi seleksi calon PPK. Hal itu juga merupakan bagian dari proses pengawasan masyarakat secara langsung.

BACA JUGA :  Diusulkan Menerima Remisi HUT RI ke-77, Tiga WBP Dinyatakan Bebas

Tanggapan itu misalnya, ada nama calon PPK yang lulus tes tertulis yang diketahui melanggar regulasi yang ada. Misalnya menjadi anggota atau bahkan pengurus partai atau sudah dua periode jadi PPK.

“Tanggapan masyarakat ini menjadi bahan kami melakukan evaluasi dan verifikasi terhadap calon PPK saat tes wawancara,” ujarnya.

Akan tetapi kata Ilyas, tanggapan atas para calon anggota PPK tersebut harus jelas dan formal dan sesuai fakta-fakta tidak berupa asumsi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Penyampai tanggapan juga diwajibkan melampirkan fotokopi identitas seperti e-KTP atau identitas lain.

BACA JUGA :  Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Panitia Diminta Laksanakan Sesuai Protap

Tanggapan bisa diantar langsung ke Sekretariat KPU Kabupaten Tanjung Jabung Barat atau via email info@kpu-tanjabbarkab.go.id,

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjung Jabung Barat mengumumkan 130 orang calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Tanjung Jabung Barat 2020 yang lulus tes tertulis pada Senin 03 Februari 2020 kemarin.

Selanjutnya terhadap peserta yang lulus tes tertulis, KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan tanggapan, jika di antara nama-nama yang lulus tes tertulis tersebut ada yang terindikasi tidak memenuhi persyaratan sebagai PPK atau melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.l sebagai anggota PPK.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Ini Pengumuman Hasil Tes Ujian SKD CPNS 2019 Provinsi Jambi

Berita

Pusterad : Di Era Modern Saat Ini Informasi Sangat Penting dan Menjadi Kebutuhan Sehari-Hari

Berita

Pj Gubernur Apresiasi Bupati Tanjabbar Penyaluran Listrik 19 Desa

Berita

BREAKING NEWS; Mutasi Polri: Kapolda Jambi Diganti

Berita

Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Patroli Cek Patok Batas RI-PNG

Berita

Esok, Safrial Akan Kembalikan Formulir Penjaringan Cagub Partai Demokrat dan NasDem, Lanjut Daftar ke PKS

Berita

Pengurus BM Adat Kecamatan Se Tanjung Jabung Barat Dikukuhkan

Berita

120 Calon Komcad Sub Panda Korem 042/Gapu Akan Mengikuti Seleksi Tingkat Pusat