by

Tim Terpadu Tanjab Barat Hadiri Rakor Penanganan Konflik Sosial di Kesbapol Provinsi Jambi

-Berita-262 views
= 258

LINTASTUNGKAL.COM, JAMBI – Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Tanjab Barat mengikuti Rapat Koordinasi yang diselenggarakan Kesbangpol Provinsi Jambi di Kantor Kesbangpol Jambi, Kamis (19/7/18).

Rakor membahas terkait mengatasi berbagai permasalahan lahan ini dipimpin langsung Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Asnawi, AB diikuti oleh unsur Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jambi dan Tim Terpadu Penanganan Konflik se Provinsi Jambi.

Dikesempatan ini, Asnawi mengatakan kesbagpol terus mengoptimalkan tim terpadu terhadap masalah konflik lahan.

Pemrov Jambi terus mengoptimalkan peran tim terpadu yang terdiri dari BPN, Kepolisian dan instansi terkait lainnya,” ujar Asnawi.

Asnawi menegaskan bahwa timdu tersebut dibuat untuk mencari solusi agar konflik-konflik tersebut tidak lagi terjadi, tanpa mengesampingkan proses penegakan hukum.

“Timdu PKS ini untuk mencari solusi yang terbaik, agar rakyat mendapatkan hak-haknya atas tanah,” ungkap Asnawi.

Bahwa Pemerintah, kata Asnawi tidak menginginkan adanya kisruh hingga sampai jatuh korban dalam proses sengketa tanah. Oleh karena itu, kata dia agar penyelesaian konflik lahan harus memadukan antara pendekatan hukum dengan penyelesaian sosial dan budaya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tanjab Barat, Hidayat, SH, MH usai Rakor mengatakan sangat berharap dengan rakor ini dapat mencari solusi terbaik bagi tim terpadu dalam mengatasi permasalahan konflik sosial khususnya kengketa tanah dan lahan. Sehingga rakyat bisa mendapatkan hak-haknya atas tanah.

Namun kata Hidayat lagi tetap menjunjung tinggi dan menegakkan pranata hukum (rule of law), sehingga tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Rasa keadilan harus terpenuhi. Kita tidak ingin akibat dari konflik lahan kemudian menimbulkan aksi-aksi kekerasan dan tindakan main hakim sendiri,” tukas hidayat. (Hms)

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email