indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Innova Seruduk Truk Sawit, Begini Nasib Sopir dan Penumpangnya Pemkab Batanghari Kembali Terima WTP Pelatihan Anyaman Purun Masuk Desa Diharapkan Meningkatkan Ekonomi dan Taraf Hidup Masyarakat Sekda Provinsi Jambi Buka Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Kapolres Muaro Jambi Terima Kunjungan Supervisi Slog Polri

Home / Peristiwa

Sabtu, 2 Mei 2020 - 21:09 WIB

Warga Kuala Tungkal Dihebohkan dengan Video Viral Bintang Tsurayya, Pertanda Wabah Corona Akan Berakhir

GAMBAR : Screenshort Cahaya yang terlihat pada pagi hari dalam video yang viral.

GAMBAR : Screenshort Cahaya yang terlihat pada pagi hari dalam video yang viral.

KUALA TUNGKAL – Warga Kuala Tungkal, Sabtu (02/05/20) dihebohkan dengan beredarnya Sebuah video viral di media sosial menyebutkan terlihatnya bintang yang dinamakan bintang Turaya/Tsurayya yang diyakini menjadi pertanda sebuah wabah akan segera berakhir.

Beberapa video beredar, merekam penampakan langit pada pagi hari yang masih berwarna biru gelap dengan sedikit semburat jingga. Dalam video yang beredar, disebutkan ketika itu tidak ada satu pun bintang yang terlihat. Hanya ada satu bintang yang terekam ada di langit.

Bintang itu disebut sejumlah pengunggah video itu sebagai bintang Turaya/Tsurayya yang kemudian dikaitkan dengan keyakinan.

Belum diketahui pasti mengenai penampakan bintang itu. Secara keilmuan, adakah bintang Turaya atau Tsurayya? Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung, Dr Emannuel Sungging Mumpuni, mengatakan, istilah Turaya/Tsuraya berasal dari hikayat lokal. Adapun dalam ilmu antariksa, bintang yang dimaksud adalah Pleiades.

BACA JUGA :  Innova Seruduk Truk Sawit, Begini Nasib Sopir dan Penumpangnya

“Nama bintang tersebut berasal dari hikayat lokal ya. Kalau yang dimaksud itu, sebagai Pleiades. Sepanjang tahun siklus (Pleiades) di langit selalu bisa ditentukan,” kata Sungging seperti lingaksir Kompas.com, Sabtu (02/05/20) pagi.

BACA JUGA :  Innova Seruduk Truk Sawit, Begini Nasib Sopir dan Penumpangnya

Ia menyebutkan, waktu munculnya bintang Pleiades itu adalah pada saat-saat ini.

“Pleiades itu diasosiasikan dengan musim dingin bagi masyarakat barat di utara, karena akan mudah diamati pada November-Desember di malam hari dan jelang musim semi mulai terbit di pagi hari. Bagi masyarakat kita mungkin diasosiasikan dengan akhir musim penghujan,” jelas dia.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Pasca Kebakaran, Bupati H. Safrial Perintahkan Dirikan Posko Tanggap Darurat

Peristiwa

Wanita Asal Tanjab Barat Ditemukan Meninggal di Kamar Hotel di Jambi

Peristiwa

Seorang Mahasiswi Meninggal di Sungai Tempatnya Biasa Mandi

Peristiwa

Sejumlah Rumah Waraga di Merlung Terendam Banjir

Peristiwa

Harimau Muncul ke Jalan Diduga di Pal 17 Petaling, Begini Kata Kapolsek Sungai Gelam

Peristiwa

Pemanen Sawit Temukan Mayat Laki-laki Tanpa Identitas di Kebun 

Peristiwa

Penemun Mayat Hampir Membusuk Gegerkan Warga Sungai Duren

Peristiwa

Pencarian Korban Tenggelam Terkendala Pasang Dalam dan Arus Deras Sungai Pengabuan