LIVE TV
Warga Parit Bilal Tangkap Buaya Sepanjang 2,5 Meter Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran, Wabup Temukan Banyak Absen ASN Bolong Bupati dan Pj Gubernur Tinjau Balai Adat dan Pos Pelayanan Ops Ketupat di Terminal Pembengis Wabup Hairan Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Mudik Perbatasan Jambi-Riau di Batang Asam Danrem 042/Gapu Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Jambi-Riau

Home / Peristiwa

Sabtu, 2 Mei 2020 - 21:09 WIB

Warga Kuala Tungkal Dihebohkan dengan Video Viral Bintang Tsurayya, Pertanda Wabah Corona Akan Berakhir

GAMBAR : Screenshort Cahaya yang terlihat pada pagi hari dalam video yang viral.

GAMBAR : Screenshort Cahaya yang terlihat pada pagi hari dalam video yang viral.

KUALA TUNGKAL – Warga Kuala Tungkal, Sabtu (02/05/20) dihebohkan dengan beredarnya Sebuah video viral di media sosial menyebutkan terlihatnya bintang yang dinamakan bintang Turaya/Tsurayya yang diyakini menjadi pertanda sebuah wabah akan segera berakhir.

Beberapa video beredar, merekam penampakan langit pada pagi hari yang masih berwarna biru gelap dengan sedikit semburat jingga. Dalam video yang beredar, disebutkan ketika itu tidak ada satu pun bintang yang terlihat. Hanya ada satu bintang yang terekam ada di langit.

Bintang itu disebut sejumlah pengunggah video itu sebagai bintang Turaya/Tsurayya yang kemudian dikaitkan dengan keyakinan.

Belum diketahui pasti mengenai penampakan bintang itu. Secara keilmuan, adakah bintang Turaya atau Tsurayya? Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung, Dr Emannuel Sungging Mumpuni, mengatakan, istilah Turaya/Tsuraya berasal dari hikayat lokal. Adapun dalam ilmu antariksa, bintang yang dimaksud adalah Pleiades.

BACA JUGA :  Warga Parit Bilal Tangkap Buaya Sepanjang 2,5 Meter

“Nama bintang tersebut berasal dari hikayat lokal ya. Kalau yang dimaksud itu, sebagai Pleiades. Sepanjang tahun siklus (Pleiades) di langit selalu bisa ditentukan,” kata Sungging seperti lingaksir Kompas.com, Sabtu (02/05/20) pagi.

BACA JUGA :  Polisi Olah TKP Penemuan Mayat Wanita Membusuk di Kamar

Ia menyebutkan, waktu munculnya bintang Pleiades itu adalah pada saat-saat ini.

“Pleiades itu diasosiasikan dengan musim dingin bagi masyarakat barat di utara, karena akan mudah diamati pada November-Desember di malam hari dan jelang musim semi mulai terbit di pagi hari. Bagi masyarakat kita mungkin diasosiasikan dengan akhir musim penghujan,” jelas dia.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

BREAKING NEWS : Pria di Desa Kelagian Ditemukan Meninggal Gantung Diri

Peristiwa

Cerita Kades Parit Bilal yang Nyaris Jadi Korban Perampokan

Peristiwa

BREAKING NEWS : Korban Lakalantas Mobil vs Motor di Muntialo Akhirnya Meninggal

Kriminal

Sakit Hati Jadi Alasan Pelaku Bunuh Gadis yang Ditemukan Tinggal Tulang dan Tengkorak Di Betara

Muara Papalik

Banjir Rendam 16 Rumah Warga Di Desa Sungai Papauh

Peristiwa

BREAKING NEWS; Satu Rumah Warga Di Desa Pembengis Ludes Terbakar

Peristiwa

Kerugian Kebakaran Pasar Teluk Nilau Capai Miliaran Rupiah

Peristiwa

BREAKING NEWS : Toke Pinang di Desa Sungai Gebar Dirampok, Korban Alami Luka Parah