Warga Kuala Tungkal Dihebohkan dengan Video Viral Bintang Tsurayya, Pertanda Wabah Corona Akan Berakhir

  • Whatsapp
GAMBAR : Screenshort Cahaya yang terlihat pada pagi hari dalam video yang viral.

KUALA TUNGKAL – Warga Kuala Tungkal, Sabtu (02/05/20) dihebohkan dengan beredarnya Sebuah video viral di media sosial menyebutkan terlihatnya bintang yang dinamakan bintang Turaya/Tsurayya yang diyakini menjadi pertanda sebuah wabah akan segera berakhir.

Beberapa video beredar, merekam penampakan langit pada pagi hari yang masih berwarna biru gelap dengan sedikit semburat jingga. Dalam video yang beredar, disebutkan ketika itu tidak ada satu pun bintang yang terlihat. Hanya ada satu bintang yang terekam ada di langit.

Berita Lainnya

Bintang itu disebut sejumlah pengunggah video itu sebagai bintang Turaya/Tsurayya yang kemudian dikaitkan dengan keyakinan.

Belum diketahui pasti mengenai penampakan bintang itu. Secara keilmuan, adakah bintang Turaya atau Tsurayya? Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung, Dr Emannuel Sungging Mumpuni, mengatakan, istilah Turaya/Tsuraya berasal dari hikayat lokal. Adapun dalam ilmu antariksa, bintang yang dimaksud adalah Pleiades.

“Nama bintang tersebut berasal dari hikayat lokal ya. Kalau yang dimaksud itu, sebagai Pleiades. Sepanjang tahun siklus (Pleiades) di langit selalu bisa ditentukan,” kata Sungging seperti lingaksir Kompas.com, Sabtu (02/05/20) pagi.

Ia menyebutkan, waktu munculnya bintang Pleiades itu adalah pada saat-saat ini.

“Pleiades itu diasosiasikan dengan musim dingin bagi masyarakat barat di utara, karena akan mudah diamati pada November-Desember di malam hari dan jelang musim semi mulai terbit di pagi hari. Bagi masyarakat kita mungkin diasosiasikan dengan akhir musim penghujan,” jelas dia.

Lintas Tungkal
Follow me

Berita terkait