LIVE
Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo, TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok Dansatgas TMMD ke-112 Kodim 1002/HST Tinjau Perbaikan Jembatan Panglima TNI : Apresiasi Warga Jambi Pengetatan PPKM Level IV Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 Link Twibbon Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke 50 Tahun 2021 Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi

Home / Pariwisata

Sabtu, 27 Oktober 2018 - 11:27 WIB

Wisata Jembatan Rawa Kerindangan Pematang Buluh Ramai Dikunjngi Warga

FOTO : Jembatan Rawa Kerindangan Sepanjang 280 meter Sebagai Ikon Wisata Desa Pematang Buluh.

FOTO : Jembatan Rawa Kerindangan Sepanjang 280 meter Sebagai Ikon Wisata Desa Pematang Buluh.

BETARA – Disaat warga Kabupaten Tanjung Jabung Barat kekurangan tempat rekreasi. Wisata Jembatan Kerindangan yang ada di RT 12 Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Padahal wisata berbasis masyarakat desa yang dikelola oleh pihak pemerintahan desa ini masih dalam tahap persiapan, belum selesai 100 persen. Namun antusias warga baik anak-anak, muda mudi hingga orang dewasa maupun tua ramai berkunjung setiap akhir pekan.

Mereka ada yang datang memang untuk menikmati alam dan rawa ada juga yang datang hanya sekedar penasaran dan berselfie ria saja.

BACA JUGA :  Panglima TNI : Apresiasi Warga Jambi Pengetatan PPKM Level IV Berhasil Turunkan Kasus Covid-19

“Sekarang pengunjung ya rata-rata dari sekitar desa, Kuala Tungkal dan ada juga yang dari Jambi,” ungkap Santi warga Desa Pematang Buluh, Jumat (25/10/18).

BACA JUGA : Desa Pematang Buluh Kembangkan Wisata Alam Rawa

Selain objek wisata Jembatan di atas rawa, Desa Pematang Lumut ini juga memiliki sejumlah potensi menunjang sebagai destinasi wisata berkelanjutan seperti Air Hangat, pemandangan view hamparan purun yang luas serta sungai dan rawa panjang memang menawarkan kesejukan.

Kepala Desa Pematang Buluh Kamaruddin ketika disambangi menuturkan beberapa potensi spot wisata di desanya itu yang membuatnya terobsesi mengembangkan wisata alam rawa berupa jembatan sepanjang 280 meter.

BACA JUGA :  Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo, TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok

“Namanya Jembatan Rawa Kerindangan,” tutur Kamaruddin, Kades Pematang Buluh, Sabtu (25/10/18).

Memang unik, Jembatan 280 meter ini dibangun ada binta love untuk selfi terintegrasi dengan gazebo sebagai tempat santai, menurut penuturan Kades area mancing mania dan saung akan dibangun terpisah dengan jembatan.

Sungai atau rawa yang selama ini menjadi lokasi budidaya ikan air tawar, dinilai cukup layak untuk menjadi lokasi mancing mainia bagi para pengunjung.

BACA JUGA :  Dansatgas TMMD ke-112 Kodim 1002/HST Tinjau Perbaikan Jembatan

“Kedepannya ada warung apung dan bebek dayung untuk anak-anak bermain di rawa, ini bantuan dari Tebing Tinggi Distrik VIII,” katanya.

“Disamping itu ikan air tawar disana juga bisa dijadikan kuliner khas daerah, kita juga akan buatkan area mancing mania,” tambahnya.

Kamaruddin optimis potensi wisata yang dikembangkan ini membawa nilai ekonomi tinggi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desanya. Karena pengembangan desa wisata bertujan melibatkan masyarakat dalam pengembangan sektor kepariwisataan, sehingga taraf sosial dan ekonomi mereka turut meningkat.(*)

Share :

Baca Juga

Pariwisata

5 Destinasi Wisata Korea Selatan untuk Kamu Para Pecinta Kpop dan Drakor

Pariwisata

Lagi, Musibah Kebakaran Hanguskan Pemukiman Warga Kampung Nelayan

Kecamatan

Siang Hari, Rumah Warga di Parit Masjid Betara Kanan Ludes Terbakar

Pariwisata

Alkan dan Sekar, Bujang Gadis Tanjab Barat 2019

Tanjab Barat

Jenazah Laki-Laki Tanpa Identitas Akan Dimakamkan dengan SOP Covid-19

Pariwisata

Disparpora dan PPI Tanjab Barat Lakukan Kunjungan Wisata Ke Brastagi Kabupaten Karo

Pariwisata

Perkembangan Pariwisata di Indonesia: 5 Destinasi Super Prioritas

Pariwisata

Lengkapi Libur Tahun Baru 2020 Dengan Nikmati Pesona Wisata Mangrove Pangkal Babu