YTUBE
Pembinaan dan Penguatan BKTM, Senkom dan Pokdar Kamtibmas Polres Tanjabbar BREAKING NEWS : Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI Besok, Sejumlah Wilayah di Tanjab Barat Terkena Pemadaman Petugas Gagalkan Penyelundupan Ganja dan Sabu ke LP Via Mobil Sampah Daftar 9 Jenderal Bintang 3 Calon KSAL Gantikan Yudo Margono

Home / Tanjab Barat

Jumat, 30 September 2022 - 09:36 WIB

YMPC Tanjabbar Dampingi 6 Anak Talasemia Berjuang Untuk Sembuh

Yulianti bersama orang tua dan Anak - Anak Talasemia saat menjalani perobatan di Palembang. FOTO : Ist

Yulianti bersama orang tua dan Anak - Anak Talasemia saat menjalani perobatan di Palembang. FOTO : Ist

KUALA TUNGKAL – Yayasan Muslim Penuh Cinta (YMPC) Tanjung Jabung Barat, Jambi, mendampingi 6 (Enam) Anak yang di diagnosa menderita Talasemia Berjuang untuk sembuh dengan menjalani Medical Checkup Hematologi di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.

Ketua YMPC Tanjung Jabung Barat, Yuliawati menyebutkan, sebenarnya untuk pendampingan Anak Talasemia beberapa waktu lalu sudah dilakukan YMPC. Tetapi, baru sebatas mencarikan donor darah dan rutin melihat kondisi mereka berobat, cek darah dan transfusi.

“Saat ini Bang, peraturan BPJS untuk mendapatkan obat yang diklaim, harus mendapatkan surat hasil pemeriksaan medis Hematologi yang ada di RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang,” kata Wanita yang akrab disapa Bunda Uli ini, Kamis (29/9/22).

Lebih lanjut Uli menuturkan, selain membutuhkan biaya cukup besar untuk menjalani pemeriksaan dan berobat kendala dari para orang tua proses untuk ke Rumah Sakit di Palembang itu seperti apa.

“Jadi kita dari pemerhati Anak merasa terpanggil yang kemudian menghubungi beberapa Instansi untuk bekerjasama. Karena anak – anak yang kita bawa ini tengah berjuang bertahan dari talasemia dengan obat dan transfusi darah,” katanya.

BACA JUGA :  Melalui Pokir, Jamal Wujudkan Penantian KUB Sapat Jaya Seberang Kota Miliki Pompong

Selama ini talasemia tidak terpantau karena para orang tua yang tidak pernah mengeluhkan, selagi pengobatan itu masih bisa dilakukan di Tanjung Jabung Barat.

“Tapi kali ini kan beda. Karena harus dirujuk ke Palembang. Kalaupun orang tua tergolong mampu tapi kelamaan karena talasemia membutuhkan pengobatan seumur hidup dan mahal kalau tidak ditanggung BPJS lama kelamaan akan kehabisan biaya,” jelasnya.

Sebab dari yang diketahui Uli obat yang dikonsumsi Anak Talasemia ini untuk 1 (Satu) Botol saja berkisar Rp 3 Juta sampai Rp 3,5 Juta. Dan setiap Anak membutuhkan Satu setengah Botol setiap Bulannya.

“Belum lagi Tranfusi darah yang bisa Dua Kantong setiap Bulan. Kalau tidak di tanggung BPJS sekaya – kayanya orang akan roboh, menanggung biaya penyakit Anak seumur hidup,” katanya.

Uli merasa bersyukur dengan melakukan berbagai upaya baik ke Baznas Tanjung Jabung Barat untuk akomodasi perjalanan dan Dinas Perhubungan yan membantu transportasi Tungkal – Jambi tidak dikenakan biaya apapun.

BACA JUGA :  APBD Provinsi Jambi Tahun 2023 Ditetapkan Rp 5,5 Triliun

“Di Jambi melalui dinsos kita minta rekomendasi Dinsos ke Balai aAyatama yang kemudian merujuk kita ke Sentra Budi Perkasa yang ada di Palembang. Dan alhamdulillah untuk kemarin biaya perjalanan dari Jambi ke Palembang itu disediakan oleh Balai Alyatama Jambi,” tuturnya.

“Alhamdulillah nya lagi untuk biaya makan, minum sama Rumah singgah yang ada di Palembang, ditanggung Sentra Budi Perkasa Kemensos yang ada di Palembang,” imbuhnya.

Saat mendampingi Anak Talasemia sempat ditemui kendala. Karena ternyata bahwa ada Dua orang Anak yang orang tuanya dinyatakan mengalami talasemi minor dan kedua orang tua anak itu pun harus menjalani pemeriksaan.

“Sempat bingung juga karena yang dirujuk hanya penyakit Anak. Maka dari itu diurus kembali untuk rujukan orang tua dan untuk biaya pengobatan di Palembang dibantu Dinsos Palembang melalui pengajuan dari Yayasan dan atas nama Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga atau LK3 juga,” sebut Ketua YPMC Tanjab Barat Yulianti. (Bas)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Perbaikan Tiang WFC Buntung, Pemkab Tanjab Barat Berikan Limit Waktu Sebulan

Tanjab Barat

700 Guru Honorer Tanjabbar Lulus Seleksi Bahan PPPK Formasi Guru

Tanjab Barat

SKK Migas-PetroChina Beri Bantuan Pembangunan Mushola Al Alif Desa Purwodadi

Tanjab Barat

Terkait Tarawih Berjamaah di Masjid Tahun Ini, Kemenag Tanjab Barat Tunggu Arahan Pemerintah

Tanjab Barat

Korban Kebakaran di Tungkal Harapan Menerima Bantuan Sosial Tanggap Darurat dari Pemda

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Berikan Bantuan Sembako pada Warga Terjun Jaya

Tanjab Barat

Postingan Survei dan Poling Kandidat Mulai Dipertanyakan Kredibilitasnya

Tanjab Barat

Pengurus Mabiran, Kwaran dan LPK Kwaran Gerakan Pramuka Tungkal Ilir 2022-2025 Dilantik