LIVE
Komisi II DPRD Dorong Pemkab Tanjabbar Beli Mesin PCR Besok, Sejumlah Pelanggan PLN di Wilayah Ini Alami Pemadaman Listrik Dewan Minta Pemkab Tanjabbar Kaji Ulang Kontrak PetroChina Satgas Covid-19 Buka Rekrutmen Tracer Covid-19 Posko Satgas Desa/Kelurahan 11 Provinsi, Tertarik? Bupati Anwar Sadat Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi

Home / Berita

Rabu, 31 Maret 2021 - 14:24 WIB

Bupati Minta Kades Sukseskan Gerakan Cegah Karhutla Pembuatan 114 Ton Kompos Limbah Lahan

FOTO : Bupati H. Anwar Sadat saat Menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

FOTO : Bupati H. Anwar Sadat saat Menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

KUALA TUNGKAL – Dalam pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bupati Tanjabbar, H. Anwar Sadat meminta masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar.

Selain itu Bupati juga menekankan para kepala desa memiliki komitmen gerakan bersama untuk mensukseskan pembuatan 114 Ton Kompos Limbah Lahan di 114 Desa  dalamupaya pencegahan Karhkutla di wilayah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati H. Anwar Sadat saat menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

BACA JUGA :  Spektakuler, Dandim 0419/Tanjab Patroli Karhutla bersama Komunitas Motor Pecinta Alam

Lebih jauh Bupati mengajak masyarakat agar bisa merubah mendset dalam membuka lahan tidak dengan membakar, namun bagaimana kedepannya dapat diolah lebih produktif, bernilai ekonomis dan tidak melanggar hokum salah satunya dijadikan kompos.

“Gerakan bersama solusi permanen cegah karhutla ini, harus di mulai dari perubahan mindset agar tidak membakar lahan, Karhutla harus kita cegah, mumpung masih bisa kita cegah,” kata Bupati.

BACA JUGA :  Pemkab Tanjabbar Jalin Kerjasama dengan DJKN Sumsel dan BPKP Jambi

Dikatakannya, kewaspadaan tinggi menjadi keharusan karena Tanjab Barat termasuk daerah yang sangat rawan kebakaran hutan dan lahan. Banyaknya lahan gambut membuat potensi kebakaran cukup tinggi karena gambut yang kering sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan.

Demikian pula kata Bupati, kebakaran hutan dan lahan sering terjadi akibat ulah manusia, yang mana dilakukan memakai jalan instan.

“Tantangan kita kedepan ada di desa, kita harus komunikasikan pihak perusahaan dan desa, kedeannya perlu dilakukan MOU terkait pupuk kompos untuk mencegah karhutla,” ungkapnya.

Pencegahan dan penanganan karhutla tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah karena kemampuan yang dimiliki terbatas. Semua pihak harus peduli mencegah agar bencana kabut asap yang terjadi beberapa tahun lalu tidak sampai terulang karena dampaknya akan merugikan semua pihak.

BACA JUGA :  Ini Aturan Baru Pemberlakukan Jam Malam di Tanjab Barat

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala desa, agar menjaga desa nya agar tidak terjadi karhutla dengan cara bersosialisasi kemasyarakat.

“Apa yang kita gagas hari ini merupakan solusi permanen cegah Karhutla, terus bersosialisasi, insyaAllah mereka tergugah hatinya untuk tidak membakar hutan dan lahan,” harap Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Menag Kecam Penembakan di New Zealand: Tak Berperikemanusiaan!

Berita

Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Anak di Tanjabbar Meningkat Hingga 70 Persen

Berita

Hingga September, Lahan Terbakar di Tanjab Barat Mencapai 247,82 Hektare

Berita

Kantor KPU Digeledah Tim Penyidik Kejaksaan

Berita

Wabup Amir Sakib Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah X Tahun 2019 Di Jakarta

Berita

Selamat dan Sukses, Danrem 042/Gapu Naik Pangkat Jenderal Bintang Satu

Berita

Sukses SKD CPNS 2019, Peserta Dapat Lakukan Beberapa Hal Ini

Berita

Kakek Utar Belum Ditemukan, Polair Polres Tanjab Barat Lanjutkan Pencarian Besok