LIVE TV
Ini Sederet Sanksi ASN yang Nekat Mudik Lebaran 2021 Wabup Hairan Tinaju 2 Lokasi Pembangunan Jembatan di Renah Mendaluh Ratusan Akun Media Sosial, Berpotensi Langgar UU ITE Bagi Takjil Buka Puasa, Ketum KNPI Ajak Pemuda Berlomba Buat Kebaikan Heboh Seekor Harimau Masuk ke Permukiman, 1 Kerbau Milik Warga Dimangsa

Home / Berita

Rabu, 31 Maret 2021 - 14:24 WIB

Bupati Minta Kades Sukseskan Gerakan Cegah Karhutla Pembuatan 114 Ton Kompos Limbah Lahan

FOTO : Bupati H. Anwar Sadat saat Menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

FOTO : Bupati H. Anwar Sadat saat Menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

KUALA TUNGKAL – Dalam pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bupati Tanjabbar, H. Anwar Sadat meminta masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar.

Selain itu Bupati juga menekankan para kepala desa memiliki komitmen gerakan bersama untuk mensukseskan pembuatan 114 Ton Kompos Limbah Lahan di 114 Desa  dalamupaya pencegahan Karhkutla di wilayah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati H. Anwar Sadat saat menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

BACA JUGA :  Terjaring Razia Prokes, Sejumlah Warga Tak Pakai Masker Dihukum Push Up

Lebih jauh Bupati mengajak masyarakat agar bisa merubah mendset dalam membuka lahan tidak dengan membakar, namun bagaimana kedepannya dapat diolah lebih produktif, bernilai ekonomis dan tidak melanggar hokum salah satunya dijadikan kompos.

“Gerakan bersama solusi permanen cegah karhutla ini, harus di mulai dari perubahan mindset agar tidak membakar lahan, Karhutla harus kita cegah, mumpung masih bisa kita cegah,” kata Bupati.

BACA JUGA :  Wabup Bersama Dandim 0419/Tanjab Tinjau Lokasi Sasaran TMMD 113 Tahun 2022

Dikatakannya, kewaspadaan tinggi menjadi keharusan karena Tanjab Barat termasuk daerah yang sangat rawan kebakaran hutan dan lahan. Banyaknya lahan gambut membuat potensi kebakaran cukup tinggi karena gambut yang kering sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan.

Demikian pula kata Bupati, kebakaran hutan dan lahan sering terjadi akibat ulah manusia, yang mana dilakukan memakai jalan instan.

“Tantangan kita kedepan ada di desa, kita harus komunikasikan pihak perusahaan dan desa, kedeannya perlu dilakukan MOU terkait pupuk kompos untuk mencegah karhutla,” ungkapnya.

Pencegahan dan penanganan karhutla tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah karena kemampuan yang dimiliki terbatas. Semua pihak harus peduli mencegah agar bencana kabut asap yang terjadi beberapa tahun lalu tidak sampai terulang karena dampaknya akan merugikan semua pihak.

BACA JUGA :  Ini Sederet Sanksi ASN yang Nekat Mudik Lebaran 2021

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala desa, agar menjaga desa nya agar tidak terjadi karhutla dengan cara bersosialisasi kemasyarakat.

“Apa yang kita gagas hari ini merupakan solusi permanen cegah Karhutla, terus bersosialisasi, insyaAllah mereka tergugah hatinya untuk tidak membakar hutan dan lahan,” harap Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Anwar Sadat Launching Batik Khas Tanjab Barat, Lihat Disini Foto-Fotonya

Advetorial

Yogi; Ketua KNPI Terpilih Diharapkan Jadi Roda Penggerak Pemuda Tanjab Barat

Berita

Srenad Gelar Survei Internal Organisasi TNI AD di Korem 042/Gapu

Berita

Dishub Tanjab Barat Gelar Operasi Penertiban ODOL

Berita

Penyedia Angkutan Laut Diminta Update Informasi Cuaca dan Gelombang Laut

Berita

Pelayanan RSUD KH Daud Arif Tetap Normal, Namun Pengunjung Dibatasi

Berita

Bupati Safrial Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2018

Berita

CAT Rekrutmen PPIH di Kemenag Tanjab Barat Menggunakan Android