indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Workshop Pengelolaan Keuangan dan Persiapan Audit Puskesmas dan Rumkit Cerita Pilu Tindaz Baraza Mendengar Anakanya Pratu Tuppal Gugur di Papua Warga Dua Desa di Kumpeh Ulu Cemas dengan Munculnya 2 Ekor Harimau Unit Reskrim Polsek Sungai Gelam Tangkap 5 Pelaku Terlibat Pencurian Bobol Rumah Kanim Kelas II TPI Kuala Tungkal Peringati HBI, Yasonna : Usia 72 Tahun Waktu yang Tepat Untuk Introspeksi

Home / Berita

Rabu, 31 Maret 2021 - 14:24 WIB

Bupati Minta Kades Sukseskan Gerakan Cegah Karhutla Pembuatan 114 Ton Kompos Limbah Lahan

FOTO : Bupati H. Anwar Sadat saat Menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

FOTO : Bupati H. Anwar Sadat saat Menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

KUALA TUNGKAL – Dalam pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bupati Tanjabbar, H. Anwar Sadat meminta masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar.

Selain itu Bupati juga menekankan para kepala desa memiliki komitmen gerakan bersama untuk mensukseskan pembuatan 114 Ton Kompos Limbah Lahan di 114 Desa  dalamupaya pencegahan Karhkutla di wilayah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati H. Anwar Sadat saat menghadiri Gerakan Bersama Penolahan Lahan dan Limbah Pembuatan 114 Ton di 114 Desa Optimalisasi Solusi Permanen Cegah Karhutla digelar oleh Polres Tanjab Barat dan Pemkab di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (31/3/21).

Lebih jauh Bupati mengajak masyarakat agar bisa merubah mendset dalam membuka lahan tidak dengan membakar, namun bagaimana kedepannya dapat diolah lebih produktif, bernilai ekonomis dan tidak melanggar hokum salah satunya dijadikan kompos.

BACA JUGA :  Gadang Seorang Mustahik di Pembengis Menerima Bantuan dari Baznas

“Gerakan bersama solusi permanen cegah karhutla ini, harus di mulai dari perubahan mindset agar tidak membakar lahan, Karhutla harus kita cegah, mumpung masih bisa kita cegah,” kata Bupati.

Dikatakannya, kewaspadaan tinggi menjadi keharusan karena Tanjab Barat termasuk daerah yang sangat rawan kebakaran hutan dan lahan. Banyaknya lahan gambut membuat potensi kebakaran cukup tinggi karena gambut yang kering sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan.

Demikian pula kata Bupati, kebakaran hutan dan lahan sering terjadi akibat ulah manusia, yang mana dilakukan memakai jalan instan.

BACA JUGA :  Mengenal Sosok Bringjen TNI Supriono Kini Jabat Danrem 042/Gapu

“Tantangan kita kedepan ada di desa, kita harus komunikasikan pihak perusahaan dan desa, kedeannya perlu dilakukan MOU terkait pupuk kompos untuk mencegah karhutla,” ungkapnya.

Pencegahan dan penanganan karhutla tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah karena kemampuan yang dimiliki terbatas. Semua pihak harus peduli mencegah agar bencana kabut asap yang terjadi beberapa tahun lalu tidak sampai terulang karena dampaknya akan merugikan semua pihak.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala desa, agar menjaga desa nya agar tidak terjadi karhutla dengan cara bersosialisasi kemasyarakat.

“Apa yang kita gagas hari ini merupakan solusi permanen cegah Karhutla, terus bersosialisasi, insyaAllah mereka tergugah hatinya untuk tidak membakar hutan dan lahan,” harap Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Asah Kemampuan di Tengah Pandemi, Korem Gapu Gelar Latihan Menembak

Berita

Kasiter Korem 042 Gapu Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional 2021

Berita

Bob Bee Builder Sumbangkan 100 Peti Mati Khusus Jenazah Covid

Berita

Baru 2 Kandidat Akan Bertarung Jadi Ketua FHT

Berita

Kakek Utar Belum Ditemukan, Polair Polres Tanjab Barat Lanjutkan Pencarian Besok

Berita

234 Calon Tamtama PK TNI AD Ikuti Sidang Parade Di Panda Korem 042/Gapu Jambi

Berita

Semangat Satgas TMMD Ke-112 Kodim HST Bangun Jembatan Pedesaan

Berita

Bunga Ucapan Warnai Lepas Sambut Kapolres Tanjab Barat