YTUBE
Pembinaan dan Penguatan BKTM, Senkom dan Pokdar Kamtibmas Polres Tanjabbar BREAKING NEWS : Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI Besok, Sejumlah Wilayah di Tanjab Barat Terkena Pemadaman Petugas Gagalkan Penyelundupan Ganja dan Sabu ke LP Via Mobil Sampah Daftar 9 Jenderal Bintang 3 Calon KSAL Gantikan Yudo Margono

Home / Provinsi Jambi

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 14:41 WIB

Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (1/10/22). FOTO : PENREM

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (1/10/22). FOTO : PENREM

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (1/10/22).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”,  dipimpin Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani, dan diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, Satpol PP, Instansi Pemerintah dan perwakilan Mahasiswa serta Pelajar Kota Jambi.

Usai upacara, Wakil Gubernur Jambi mengatakan sesungguhnya masyarakat harus memberikan contoh dan meyakini Kesaktian Pancasila, pasalnya Pancasila mampu mempersatukan bangsa dan negara sampai saat ini.

Pancasila bisa direalisasikan dan diterapkan ditengah masyarakat di provinsi Jambi, sehingga penerapan pancasila tidak hanya seremonial saja yang selalu diperingati setiap hari Kesaktian Pancasila.

BACA JUGA :  Lapas Narkotika Sabak Dijadikan Contoh Rehab Narkoba di Indonesia

Hari Kesaktian Pancasila ini bisa dijadikan momentum untuk bangkit bersama dalam membangun bangsa dan negara indonesia, Harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 042/Gapu saat dikonfirmasi awak Penrem 042/Gapu mengatakan, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila menurut Brigjen Supriyono, sangat erat kaitannya dengan peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang ingin mengganti Ideologi Pancasila dengan Paham Komunis.

Pemberontakan yang dinamai dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada tahun 1965 itu, menyebabkan gugurnya enam orang Perwira Tinggi dan satu Perwira Menengah TNI AD yang saat ini disebut Pahlawan Revolusi.

BACA JUGA :  Jumat Berkah, AKP Amradi Peduli Berbagi Sembako di Desa Tunas Baru

“Karena itu, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa Pahlawan Revolusi,” ujar orang nomor satu di Korem 042/Gapu itu.

“Peringatan ini juga sangat penting sehingga perlu dilaksanakan secara rutin agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.

Terlihat juga menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Para Kasi Korem 042/Gapu, para Dan/Ka Balak Aju Korem 042/Gapu, Para Pasi Korem 042/Gapu.

Demikian dikutip dari rilis resmi Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta diterima lintastungkal.com, Sabtu siang.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

Tanoto Foundation Dukung Percepatan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Provinsi Jambi

Ardy Daud Lantik Sudirman Sebagai Sekda Provinsi Jambi

Provinsi Jambi

Al Haris : Pemprov Jambi Siap Bantu Program PWI

Provinsi Jambi

HUT Lantas ke 67, Dirlantas Polda Jambi Turut Ringankan Beban Masyarakat Seiring Kenaikan BBM

Provinsi Jambi

Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) GMNI Jambi

Provinsi Jambi

Polda Jambi Akan Periksa PT AAS Terkait Tambang Ilegal Mengeluarkan Gas

Daerah

Sukseskan Gerakan Masker, PKK Provinsi Jambi Distribusikan 17 Ribu Masker

Provinsi Jambi

Winda-Windi Ramaikan Pengukuhan JMSI Jambi