indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Hadir di Jambi, Ketua Umum KSBSI Perkuat Anggota Hingga ke Kabupaten Bupati Muaro Jambi Terima Penghargaan dari Menkumham RI Sambut Imlek, Ditpolairud Polda Jambi Bersama Pengurus Kelenteng Gelar Gotong Royong Pelepasan Jenazah Pratu Baraza Prajurit TNI yang Gugur di Papua ke Jambi Tim Gabungan Sat Polairud Polres Tanjab Barat Goro di Kelenteng

Home / Nasional

Minggu, 26 Desember 2021 - 09:59 WIB

Desain Arsitektur Masjid Raya Sumbar Masuk Sebagai Terbaik di Dunia

Masjid Raya Sumbar dinobatkan sebagai pemenang penghargaan untuk desain arsitekturnya yang istimewa dan menarik bersama enam masjid lainnya. FOTO : Istimewa

Masjid Raya Sumbar dinobatkan sebagai pemenang penghargaan untuk desain arsitekturnya yang istimewa dan menarik bersama enam masjid lainnya. FOTO : Istimewa

PADANGMasjid Raya Sumbar dinobatkan sebagai pemenang penghargaan untuk desain arsitekturnya yang istimewa dan menarik bersama enam masjid lainnya.

Dilansir dari iqna.ir, Penghargaan Abdullatif Al-Fozan untuk Arsitektur Masjid mengumumkan pemenang kompetisi internasional ketiga dalam sebuah upacara di Madinah, Arab Saudi, Senin (20/12).

Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid membahas ide-ide baru untuk desain masjid di seluruh dunia dan mendorong inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi yang dapat membentuk identitas arsitektur masjid di abad kedua puluh satu.

Ada empat kategori yaitu masjid pusat, masjid Jam’, masjid lokal dan masjid komunitas. Motto dari penghargaan ini adalah “Arsitektur Masjid di 21st Century”.

Sebanyak 201 masjid di 43 negara telah dinominasikan untuk penghargaan internasional, 27 di antaranya terpilih dan akhirnya tujuh diumumkan sebagai pemenang utama.

BACA JUGA :  Masyarakat Kini Bisa Buat Paspor dengan Aplikasi M-Paspor

Berikut tujuh pemenang edisi ketiga masjid dengan desain arsitektur terbaik yaitu:

  1. Masjid Raja Abdullah di Riyadh.
  2. Masjid Basuna di desa Basuna Sohag Mesir.
  3. Masjid Al-Ahmar di Bangladesh.
  4. Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia.
  5. Masjid Sancaklar di Buyukcekmece Istanbul Turki.
  6. Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon.
  7. Masjid Agung Djenne di Mali

Sultan bin Salman bin Abdulaziz, penasihat raja Saudi dan anggota dewan pengawas penghargaan menggarisbawahi pentingnya memperhatikan masjid dan arsitekturnya serta peran mereka dalam pembangunan di komunitas lokal.

Mengutip Wikipedia, Masjid Raya Sumatra Barat adalah masjid terbesar di Sumatra Barat yang terletak di Jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Diawali peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007, pembangunannya tuntas pada 4 Januari 2019 dengan total biaya sekitar Rp325–330 miliar, sebagian besar berasal dari APBD Sumatra Barat. Pengerjaannya dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran dari provinsi.

BACA JUGA :  Workshop Pengelolaan Keuangan dan Persiapan Audit Puskesmas dan Rumkit

Konstruksi masjid terdiri dari tiga lantai. Ruang utama yang dipergunakan sebagai ruang salat terletak di lantai atas, memiliki teras yang melandai ke jalan. Denah masjid berbentuk persegi yang melancip di empat penjurunya, mengingatkan bentuk bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad. Bentuk sudut lancip sekaligus mewakili atap bergonjong pada rumah adat Minangkabau rumah gadang.

Artikel ini telah tanayng di padang.harianhaluan.com dengan judul : Masjid Raya Sumbar Dinobatkan sebagai Desain Arsitektur Terbaik di Dunia – Haluan Padang.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Nasional

Wartawan Jangan Terlena Dengan Istilah Kemerdekaan Pers

Nasional

Siap-Siap, Giliran Guru dan Tenaga Pendidik Mulai Vaksinasi COVID-19

Nasional

Kapan Pelaksanaan SKB CPNS 2019, Begini Kata BKN

Berita

Siap-siap CPNS 2019 Tanjabbar, Tanggal dan Tempat SKD Sudah Ditentukan

Nasional

Bupati Kolaka Timur Disebut Terjaring OTT KPK

Nasional

Lansia dengan Komorbid Mesti Bawa Surat Keterangan Layak Vaksin

Nasional

Satu Pegawai KPU Positif Covid-19

Pilihan Editor

Pangdam Sriwijaya Sambut Kepulangan 400 Pasukan Yonif Raider 142/KJ dari Pamtas RI-RDTL ST