indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Samsat Muaro Jambi Kembali Berlakukan Pemutihan Pajak Kemdaraan Bermotor Vaksin Covid-19 Boleh Diberikan 2 Minggu Pasca Pemberian BIAS Dandim 0419/Tanjab Apresiasi Petani Cabai Merah di Lubuk Terentang Karena Lakukan Ini Pantau Vaksinasi Anak, Danrem 042/Gapu : Capaian Vaksinasi di Tebo Luar Biasa Kecamatan Senyerang Targetkan 2.585 Anak Tervaksinasi

Home / Provinsi Jambi

Rabu, 8 September 2021 - 08:38 WIB

Gubernur Jambi Dukung Raperda Inisiatif DPRD Tentang Kearsipan dan Disabilitas

Gubernur Jambi Dukung Raperda Inisiatif DPRD Tentang Kearsipan dan Disabilitas

Gubernur Jambi Dukung Raperda Inisiatif DPRD Tentang Kearsipan dan Disabilitas

JAMBI – Gubernur Jambi Dr. H. AI Haris, menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap tiga Ranperda inisiatif DPRD Provinsi Jambi.

Tiga Ranperda dimaksud Al Haris antara lain tentang penyelenggaraan kearsipan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dan Perda pencabutan Perda yang tidak sesuai ketentuan Perundang-undangan.

Hal tersebut disampaikannya saat penyampaian pendapat terhadap tiga Ranperda inisiatif DRPD Provinsi Jambi dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (06/9/21).

Menurut Gubernur, penyelenggaraan kearsipan adalah keseluruhan kegiatan meliputi kebijakan, pembinaan Kearsiapan dan pengelolaan arsip dalam suatu sistem kearsipan di daerah yang didukung oleh sumber daya manusia, prasarana dan sarana serta sumber daya lainnya.

“Dalam lingkungan Pemerintahan Daerah, Penyelenggaraan kearsipan diharapkan dapat tercipta jaminannya keselamatan dan pertanggungjawaban setiap kegiatan baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya,” katanya.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Uji Oprasional 6 Unit Drone Satgas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 142/KJ

Selanjutnya Perda tentang Disabilitas, lanjut Gubernur, Undang-undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas) dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Undang-undang ini menegaskan bahwa setiap penyandang disabilitas harus bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang kejam, tidak manusiawi, merendahkan martabat manusia, bebas dari eksploitasi, kekerasan dan perlakuan semena-mena, serta memiliki hak untuk mendapatkan penghormatan atas integritas mental dan fisiknya berdasarkan kesamaan dengan orang lain, termasuk di dalamnya hak untuk mendapatkan perlindungan dan pelayanan sosial dalam rangka kemandirian, serta dalam keadaan darurat.

“Selain untuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas Ranperda ini dapat mewujudkan penghormatan dan pemenuhan hak asasi manusia dan kebebasan dasar penyandang disabilitas secara penuh dan setara, selain itu untuk menjamin upaya penghormatan dan pemenuhan hak sebagai martabat yang melekat pada diri para penyandang disabilitas.

BACA JUGA :  Pantau Vaksinasi Anak, Danrem 042/Gapu : Capaian Vaksinasi di Tebo Luar Biasa

“Harapan kami materi muatan Ranperda Perlindungan dan Pemenuhan hak Penyandang disabilitas tidak serta merta mengadopsi Undang- undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas sebagai regulasi yang menjadi acuan dalam pembuatan Ranperda tersebut, tapi harus mencerminkan kewenangan yang menjadi lingkup Pemerintah Provinsi, dan muatan lokal sesuai dengan karekteristik Provinsi Jambi,” ungkapnya.

Selanjutnya Gubernur menyampikan mendukung Pencabutan Perda Provinsi Jambi.

“Setelah kami identifikasi, Perda-Perda Provinsi tersebut sudah tepat dan sesuai untuk dicabut, serta berdasarkan ketentuan pasal 250 dan pasal 251 undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, ada alasan pencabutan Perda, yaitu bertentangan dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi,” kata Al Haris.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Provinsi Jambi

H. Pahrizal Dilantik Jadi Kepala Kemenag Kerinci, H. Rusli Sebagai Penghulu Ahli Madya

Provinsi Jambi

Danrem 042 Gapu Hadiri Rapurna Pidato Perdana Gubernur Jambi Al Haris

Daerah

Danrem Gapu Ingatkan Prajurit Harus Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Provinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Jadi Narasumber FGD Pansus Konflik Lahan DPRD Prov Jambi

Provinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Anjangsana ke Kediaman Anggota yang Merayakan Natal

Provinsi Jambi

Gubernur Al Haris Harapkan Jambi Bisa Mengikuti FASI di Tingkat Nasional

Covid-19

Meski Nambah 2 Positìf, 10 Orang di Jambi Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Provinsi Jambi

Korem 042/Gapu Bersama IKA SMAN 3 Jambi Peduli Vaksinasi