YTUBE
Ironis, Ditinggal Suami Mancing Istri Masukan Duda ke dalam Rumah Haji 2023 Tanjab Barat Dapat Kuota 407 Porsi, Prioritas CJH Lansia Tim Sultan Polres Tebo Uangkap Tindak Pidana PETI Sejumlah Orang Diamankan 700 Peserta Lulus Bahan Penerimaan PPPK Formasi Guru di Tanjab Barat Nikahi Janda, Samsul Mukmin Berikan Mas Kawin Linggis

Home / Nasional

Minggu, 26 September 2021 - 21:02 WIB

Survei IPI : Tingkat Kepuasan pada KPK Melorot, Disalip TNI dan Polri

Gedung Merah Putih KPK. Istimewa

Gedung Merah Putih KPK. Istimewa

JAKARTA – Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi mengatakan tingkat kepercayaan publik pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menurun.

Dia bicara demikian merujuk hasil survei yang dilakukan bulan September. KPK berada di urutan keempat.

“Ada penurunan tingkat trust pada KPK, yang biasanya ada di nomor 1 atau 2, sekarang melorot ke peringkat empat, disalip Kepolisian,” kata Burhanuddin dalam webinar, Minggu (26/9/21).

Berdasarkan survei tersebut, tingkat kepercayaan paling besar yakni pada institusi TNI sebesar 90 persen. Sebanyak 7 persen responden mengaku sedikit percaya pada TNI, dan 3 persen responden tidak menjawab.

Selanjutnya tingkat kepercayaan tertinggi kedua ada pada Presiden. Sebanyak 82 persen responden percaya, 15 persen sedikit percaya, 1 persen tidak percaya, dan 2 persen tidak menjawab.

Di posisi tiga ada institusi Polri dengan tingkat kepercayaan 71 persen. Sebanyak 24 persen responden mengaku sedikit percaya, 1 persen tidak percaya, dan 3 persen tidak menjawab.

BACA JUGA :  Tim Sultan Polres Tebo Uangkap Tindak Pidana PETI Sejumlah Orang Diamankan

KPK berada di posisi empat dengan tingkat kepercayaan 65 persen. Sekitar 26 persen responden sedikit percaya, 4 persen responden tidak percaya, dan 5 persennya tidak menjawab.

“KPK turun itu berita baru, meskipun buat masyarakat sipil mungkin ini bukan hal mengagetkan,” kata Burhanuddin.

Kemudian ada Kejaksaan dengan 61 persen responden percaya, 25 persen responden sedikit percaya, 5 persen tidak percaya, dan 9 persen tidak menjawab.

Di posisi enam ada MPR dengan tingkat kepercayaan 57 persen, 30 persen sedikit percaya, 5 persen tidak percaya, dan 8 persen memilih tidak menjawab.

Selanjutnya ada DPD, dengan tingkat kepercayaan 52 persen, 34 persen sedikit percaya, 6 persen tidak percaya, dan 8 persen tidak menjawab.

BACA JUGA :  KPAI Imbau Video Anak SMA Bugil di Mobdin Seretariat DPRD Jambi Saat Kecelekaan Tak Disebar

Posisi delapan diduduki DPR dengan 50 persen responden percaya, 36 persen sedikit percaya, 9 persen tidak percaya, dan 6 persen tidak menjawab.

Institusi terakhir dengan tingkat kepercayaan paling rendah adalah partai politik dengan 48 persen responden percaya, 37 persen sedikit percaya, 9 persen tidak percaya, dan 6 persen tidak menjawab.

“Kalau DPR dan Parpol saya tidak heran kalau tingkat kepercayaannya paling rendah karena dari dulu memang tidak pernah naik kelas, trust-nya rendah,” pungkas Burhanuddin.

Survei nasional IPI dilakukan pada September 2021 terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia. Survei dilakukan secara acak dengan margin of error 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini telahtayanf di cnnindonesia.com dengan judul : Survei: Tingkat Kepuasan pada KPK Melorot, Disalip Polri

Share :

Baca Juga

Covid-19

Hasil Swab Kedua, 98 Personel Secapa AD dinyatakan Negatif

Nasional

Selamatkan Wisatawan Terseret Ombak Parangtritis, Kapolda DIY Apresiasi Anggota Polairud

Nasional

Dituntut 8 Tahun Penjara Kuat Ma’ruf  Menangis

Nasional

BREAKING NEWS : Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Nasional

Tegaskan Sikap Demokrat Terkait UU KUHP, Perppu Ciptaker dan Sistem Pemilu, AHY : Jangan Rampas Hak Rakyat

Nasional

Polri Gelar Lomba Menulis Surat Untuk Kapolri, Ini Syaratnya

Daerah

Pasien ODP dan PDP Disease Covid-19 Di Provinsi Jambi Bertambah

Nasional

Besok, Paspor Masa Berlaku 10 Tahun Diterbitkan