7 Tips Menjaga Keselamatan saat Mengemudi

- Redaksi

Minggu, 23 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/man-inside-vehicle-13861/Ist

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/man-inside-vehicle-13861/Ist

Setiap pengemudi wajib mengendarai dengan aman, apalagi jika membawa banyak penumpang. Termasuk Anda yang sedang menyetir mobil, keselamatan saat mengemudi adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Sayangnya bagi beberapa pengemudi yang sedang terburu-buru seringkali mengabaikan akan hal ini. Akibatnya kecelakaan pun tidak bisa dihindari, dampaknya bukan hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga pengendara lain.

Bagaimana cara Anda supaya tetap aman dalam berkendara, simak keselamatan apa saja yang wajib diperhatikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara

Aman dan nyaman adalah dua hal yang dibutuhkan pengemudi dan pengemudi. Walaupun Anda sedang terburu-buru sekalipun sikap tenang harus dimiliki oleh seorang pengendara. Membiasakan hal ini tentu tidak mudah, tapi Anda harus memulainya dari sekarang.

Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan keselamatan berkendara di jalan raya wajib Anda perhatikan setiap saat.

1. Posisi Duduk Harus Senyaman Mungkin

Hal pertama yang diperhatikan pengemudi adalah posisi duduk. Coba perhatikan pengemudi lain, ketika masuk ke dalam mobil maka posisi duduklah yang akan diatur. Misalnya kursi terlalu ke depan atau ke belakang.

Tegak lurusnya sandaran kursi pun turut jadi perhatian penting. Hal yang diperhatikan adalah posisi kaki harus pas menginjak semua pedal. Posisi tangan juga harus nyaman ketika memegang setir.

Khususnya jika Anda berencana untuk berkendara jarak jauh seperti saat mudik. Jangan sampai tubuh cepat pegal atau mengantuk karena posisi duduk yang kurang nyaman.

2. Jangan Lupakan Sabuk Pengaman

Bukan hanya sopir yang harus memperhatikan hal ini tetapi juga semua penumpang. Sikap berkendara yang baik di jalan raya adalah dengan mematuhi penggunaan sabuk pengaman.

Sehingga ketika terjadi pengereman mendadak atau kecelakaan resiko cedera parah akan teratasi. Jadi setiap kali masuk mobil dan duduk, pastikan Anda sudah memasang sabuk pengaman sambil menyesuaikan posisi duduk.

3. Mengecek Kondisi Ban dan Bahan Bakar

Saat berkendara pengemudi membutuhkan mobil atau motor dalam kondisi prima. Maka dari itu ada baiknya jika Anda mengecek ban mobil atau motor terlebih dahulu. Kegiatan ini bisa Anda lakukan rutin di pagi hari sebelum atau sambil memanaskan kendaraan.

Apabila ban kurang angin, segeralah mengisinya. Pengecekan ini dilakukan bukan semata-mata menghindari kecelakaan tetapi juga menjaga usia ban. Ketika Anda menggunakan ban dengan tekanan angin pas maka kendaraan lebih nyaman dan usia ban tahan lama.

Pada saat kendaraan menyala, cek juga kondisi bensin. Perhitungkan jarak tempuh pada hari tersebut sehingga Anda tidak kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Hindari mobil mogok di jalan tol hanya karena Anda lupa mengecek kondisi bahan bakarnya.

4. Mengecek Perkiraan Cuaca

Bagi Anda yang berencana untuk mudik maka ada beberapa hal yang harus dicek sebelum berangkat, salah satunya adalah perkiraan cuaca. Masih banyak orang yang lupa untuk mengeceknya padahal hal ini berpengaruh besar pada kondisi jalan.

Misalnya saja Anda akan melewati area pegunungan yang rawan longsor. Apabila perkiraan cuaca hujan deras, maka sebaiknya tunda keberangkatan. Ini adalah demi keselamatan saat mengemudi dan penumpang hingga sampai tujuan.

Cek juga rute perjalanan yang akan Anda lewati apakah macet atau tidak. Kedua hal inilah yang bisa menjadi patokan waktu berangkat Anda.

5. Menjaga Kesehatan Fisik dan Pikiran

Baik itu berangkat ke kantor atau mudik, Anda harus menjaga kesehatan dari fisik sampai pikiran. Jika Anda berencana untuk berangkat kerja di pagi hari maka pastikan tidak sedang mengantuk akibat begadang.

Apabila Anda ingin berangkat ke luar kota malam hari, maka istirahatlah siang atau sore hari sehingga tidak mengantuk ketika menyetir. Ketika lelah saat di tengah jalan, menepi adalah tindakan yang paling aman untuk istirahat sejenak.

6. Memperhatikan Rambu Lalu Lintas

Ketika Anda lelah akan sulit memperhatikan rambu lalu lintas. Padahal memperhatikan rambu lalu lintas sangat penting seperti lampu merah, jalanan berkelok, tanjakan, turunan dan masih banyak lagi.

Mematuhi rambu lalu lintas ini adalah wajib bagi pengemudi supaya tidak terjadi kecelakaan dan selalu waspada di jalanan.

7. Hindari Memegang Smartphone Selama Mengemudi

Satu hal lagi yang wajib diperhatikan tapi masih saja sering dilanggar yaitu menggunakan smartphone. Baik itu mengangkat telepon, mengecek pesan apalagi membalas chat sebaiknya Anda menepi untuk melakukannya.

Walaupun Anda baru saja membeli smartphone baru OPPO Reno 7 Pro yang sekarang sedang hits jangan pernah untuk menggunakannya saat mengemudi. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja karena Anda fokus pada layar smartphone.

Ponsel besutan Oppo yang satu ini memang sangat menarik karena kehadiran fiturnya yang sangat lengkap. Mulai dari layarnya yang sudah FHD+OLED 6,5 inci dan resolusinya 1.080X2.400 pixel membuatnya nyaman untuk dilihat.

Belum lagi dengan RAM 12 yang cukup tinggi untuk smartphone di kelasnya ditambah penyimpanan 256 GB dan baterai 4500 mAh. Jadi tidak heran Anda ingin terus menggunakan ponsel walaupun sedang mengemudi.

Oppo Reno 7 ini bisa Anda dapatkan langsung di Blibli, baik itu seri Reno 7 atau Pro. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam aksesoris ponsel yang dibutuhkan dari casing, headset dan lainnya.

Jadi cukup hanya mengakses Blibli saja Anda sudah mendapatkan ponsel canggih keluaran Oppo lengkap dengan aksesorisnya. Tidak perlu pergi ke konter, tinggal duduk manis saja di rumah produk akan langsung sampai.

Sekali lagi walaupun nantinya Anda sudah membeli smartphone baru, tetap perhatikan ketujuh keselamatan saat mengemudi tadi. Selama Anda mematuhinya maka keselamatan akan terjaga.(*)

Apa Penadapat Anda Terkait Berita Ini?
Print Friendly, PDF & Email

Berita Terkait

Dandim 0415/Jambi Buka Kejuaraan Dandim Cup Sumatra Drag Wars 2024
Lelang 14 Unit Mobil, Ada Pajero dan  Fortuner hingga Alphard, Begini Caranya
Moge Ustadz Jefri Al Buchori Akhirnya Dijual ke Yotuber Panji Petualang
8 Daerah Berlakukan Pajak Progresif Mobil dan Motor
Pj Bupati Muaro Jambi Tinjau Sirkuit Persiapan Road Race Piala Bupati
Accelera M/T-01 Menjadi BAN Satu-Satunya di Ajang Rally ICTI Sumatra Tribute 2022
Segini Biaya Resmi Perpanjang SIM A, SIM B, dan SIM C
Ini Penampakan Honda Bebek Klasik Terbaru yang Bakal Meluncur
Berita ini 2,760 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 12 Mei 2024 - 09:36 WIB

Dandim 0415/Jambi Buka Kejuaraan Dandim Cup Sumatra Drag Wars 2024

Rabu, 12 Juli 2023 - 19:01 WIB

Lelang 14 Unit Mobil, Ada Pajero dan  Fortuner hingga Alphard, Begini Caranya

Kamis, 27 April 2023 - 13:47 WIB

Moge Ustadz Jefri Al Buchori Akhirnya Dijual ke Yotuber Panji Petualang

Kamis, 15 September 2022 - 10:25 WIB

8 Daerah Berlakukan Pajak Progresif Mobil dan Motor

Kamis, 25 Agustus 2022 - 00:37 WIB

Pj Bupati Muaro Jambi Tinjau Sirkuit Persiapan Road Race Piala Bupati

Kamis, 10 Februari 2022 - 01:19 WIB

Accelera M/T-01 Menjadi BAN Satu-Satunya di Ajang Rally ICTI Sumatra Tribute 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 13:01 WIB

7 Tips Menjaga Keselamatan saat Mengemudi

Minggu, 12 September 2021 - 09:40 WIB

Segini Biaya Resmi Perpanjang SIM A, SIM B, dan SIM C

Berita Terbaru

Nasional

Soal Naiknya UKT, Komisi X DPR Panggil Nadiem Hari Ini

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:14 WIB