LIVETV
SMPN 2 Kuala Tungkal Lolos Sebagai Peserta KSN MTK Nasional Penyelundupan Part Mobil Tua Jenis Land Rover Digagalka Petugas Perbatasan Ivan Wirata Angkat Bicara Terkait Kelangkaan BBM Ini Motif dan Desain Seragam Batik KORPRI Terbaru Yonif Raider Khusus 732/Banau Laksanakan Vaksinasi Covid-19




Home / Nasional

Jumat, 29 Mei 2020 - 15:31 WIB

DPR dan Pemrintah Sepakat Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020

FOTO : Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia.

FOTO : Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia.

JAKARTA – DPR, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan KPU RI menyepakati pelaksanaan Pilkada serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Kesepakatan tersebut diambil usai ketiga pihak melakukan rapat kerja beraama.

Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia mengemukakan, kesepakatan juga sudah merujuk pertimbangan dan dukungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terhadap pelaksanaan Pilkada melalui surat Ketua Gugus Tugas Nomor B 196/KA GUGAS/PD.01.02/05/2020 Tanggal 27 Mei 2020.

BACA JUGA :  Solar Langka di Berbagai Wilayah, Pengamat : Bukan Salah Pertamina, Tapi BPH Migas!

“Maka Komisi II DPR RI bersama Mendagri RI dan KPU RI setuju pemungutan suara serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020,” kata Doli, Rabu (27/95/20).

Komisi II sekaligus menyetujui usulan perubahan terhadap Rancangan Peraturan KPU RI tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020. Di mana tahapan selanjutnya dimulai pada 15 Juni 2020.

BACA JUGA :  Ini 18 Kabupaten/Kota Terapkan PPKM Level 1

“Dengan syarat, bahwa seluruh tahapan pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi,” ujar Doli.

BACA JUGA :  Ini 18 Kabupaten/Kota Terapkan PPKM Level 1

Atas keputusan tersebut, Doli meminta KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI untuk mengajukan usulan tambahan anggaran terkait Pilkada di provinsi, kabupaten/kota secara lebih detail untuk kemudian dapat dibahas oleh pemerintah dan DPR.(edt)

*Artikel ini telah terbit di teropongmetro.com dengan judul : Sah, DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020

Share :

Baca Juga

Nasional

Kasad dan Commanding General USARPAC Pimpin Apel Pembukaan Latma Garuda Shield Ke-15

Olahraga

Wakasad; Meskin Hujan Gowes Ranah Minang Tour De Singkarak 2020 Sukses Terlaksana

Nasional

Kasad Andika Perkasa Pimpin Serah Terima Jabatan Irjenad dan Pangdam V/Brawijaya

Nasional

Lansia dengan Komorbid Mesti Bawa Surat Keterangan Layak Vaksin

Berita

Pasca Tes SKD, Pelamar CPNS di Tanjabbar Cemas, Ini Masalahnya

Nasional

Sri Mulyani: ASN Golongan I-III Masih Dapat THR dan Gaji ke-13

Nasional

Zumi Zola Dikabarkan Positif Covid-19

Nasional

Satgas BGC Berhasil Turunkan Ketua Milisi Kelompok Bersenjata Terbesar di Kongo