YTUBE
Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Jambi Launching ‘NasDem Memanggil’ Polsek Bangko Amankan Pelaku Pencurian Sepeda BMX Clarion Dalam 2 Pekan, Satnarkoba Polres Tanjab Timur Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 Tersangka PN Jambi Tolak Praperadilan Kasus BBM PT. Jambi Tulo Tiga Pemuda Kota Jambi Diamankan Polisi Atas Kepemilikan 1.925 Gram Ganja

Home / Nasional

Sabtu, 8 Mei 2021 - 13:02 WIB

Kapal Asal India Sandar di Riau, Kapten dan ABK-nya Positif Covid-19

Polres Dumai mengevakuasi seorang kapten kapal warga India dengan status konfirmasi positif Covid-19, Minggu (2/5/2021). [Ist]

Polres Dumai mengevakuasi seorang kapten kapal warga India dengan status konfirmasi positif Covid-19, Minggu (2/5/2021). [Ist]

NASIONAL – Sepertinya masih ada saja warga India yang lolos masuk ke negara lain. Salah satunya Indonesia padal negara itu sedang dilanda tsunami virus Corona atau Covid-19.

Dilansir dari kompas.com pada Rabu (05/05/21), empat orang anak buah kapal (ABK) asal India yang bersandar di pelabuhan Kota Dumai, Riau.

Dilaporkan, kapten kapal yang juga berasal dari India lebih dulu terpapar positif virus corona.

Lalu ketika diperiksa, empat ABK-nya juga positif.

Hanya saja, keempat ABK itu hanya menderita gejala ringan walau tetap mendapat isolasi ketat dari pihak Satgas Penanganan Covid-19 Riau.

Sementara sang kapten kapal memiliki gejala yang lebih parah dan sudah mendapatkan perawatn khusus di rumah sakt kutip gelora.co.

BACA JUGA :  Sambangi Baznas, Ini Harapan Kapolres Tanjab Timur

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai mengklaim kapal asing berbendera India yakni MT ARK Progress yang saat ini berada di Pelabuhan Dumai, Riau sudah ditangani sesuai dengan prosedur ketat.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut (Dirlala), Capt Antoni Arif Priadi menjelaskan, setiap kapal asing yang masuk di Pelabuhan di Indonesia mendapatkan penanganan dan prosedur protokol kesehatan ketat.

“Ketika pemeriksaan dan hasilnya positif maka wajib karantina mandiri di kapal. Bila gejalanya parah, dirujuk ke RS dengan biaya dari perusahaan,” ujar Antoni dalam keterangannya dijutio suara.com, Kamis (06/05/21).

Dirlala mengungkapkan seluruh Anak Buah Kapal (ABK) MT ARK Progress sebanyak 23 orang melakukan test Covid-19 tanpa sempat turun dari kapal. Berdasarkan hasil test tersebut, 5 diantaranya dinyatakan positif Covid-19 dan satu orang dirawat di Rumah Sakit sementara empat lainnya karantina mandiri di atas kapal.

BACA JUGA :  Kata Djasman Pandjaitan Terkait Tuntutan JPU Kepada Para Terdakwa Pembunuhan Brigadir J

Selain itu, Dirlala juga memastikan meskipun kapal MT ARK Progress ini berkebangsaan India namun seluruh ABK nya telah lama melakukan pelayaran.

“Jadi mereka sudah lama tidak ke negaranya terutama saat terjadi penyebaran Covid-19 gelombang kedua yang kita ketahui saat ini tengah melanda India. ABK berkewarganegaraan India di kapal bukan berarti yang bersangkutan beberapa bulan atau baru-baru ini ke India,” tutur Antoni.

Share :

Baca Juga

Nasional

Bidik Pebisnis Eropa, Imigrasi Kukuhkan PARQ sebagai Duta Layanan Keimigrasian

Nasional

Polisi Ngak Boleh Berfoto dengan Gaya Ini Selama Pilkada

Berita

Ini Surat Edaran Mendagri Nomor 025/4660/SJ Tentang Pakian Dinas Hitam

Nasional

SKK Migas-KKKS PetroChina Makan Siang Sambil Ngobrol Upstream dengan Ratusan Mahasiswa Jawa Timur

Nasional

Satu Warga Jambi Positif Virus Corona Covid-19

Nasional

Pendemi Covid-19, Polri Perpanjang Pelaksanaan Operasi Ketupat

Nasional

Booth PetroChina di Indonesia HR Submit 2022 Dikunjungi Petinggi SKK Migas

Nasional

Tingkatkan SDM Penerangan TNI AD, Dispenad Selenggarakan Pendidikan Public Speaking