LIVE
Danrem 042 Gapu Berikan Materi kepada KKDN Sespimti Polri Pemkab Tanjabbar Jalin Kerjasama dengan DJKN Sumsel dan BPKP Jambi Spektakuler, Dandim 0419/Tanjab Patroli Karhutla bersama Komunitas Motor Pecinta Alam Yogi : Isu Pembelian Mobil Baru Bupati itu Tidak Benar Aktivis Anti Korupsi Jambi Lakukan Uras di Bundaran Tugu Patin Simpang BBC Muara Bulian

Home / Pilkada

Kamis, 9 Juli 2020 - 19:09 WIB

KPU Tanjab Barat Rekrut 670 PPDP

FOTO : Koordinator Devisi Sosdiklihparmas dan SDM, KPU Tanjab Barat M. Ilyas, S.Kom.I

FOTO : Koordinator Devisi Sosdiklihparmas dan SDM, KPU Tanjab Barat M. Ilyas, S.Kom.I

KUALA TUNGKAL – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanjung Jabung Barat mulai melakukan berbagai tahapan guna persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang. Salah satunya perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Koordinator Devisi Sosdiklihparmas dan SDM, KPU Tanjab Barat M. Ilyas, S.Kom.I, Kamis (09/07/20).

“Saat ini proses yang dilakukan yaitu perekrutan PPDP yang dilaksanakan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kecamatan,” ujarnya.

Ilyas mengatakan bahwa jumlah PPDP yang akan direkrut adalah sebanyak 670 orang. Jumlah ini sebanyak dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Tanjabbar dalam pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Jumlahnya ada 670 sesuai dengan jumlah TPS kita. Nantinya setiap TPS ada satu orang PPDP,” katanya

Sementara itu, berdasarkan laporan yang ada bahwa saat ini ada beberapa kecamatan yang sudah dalam tahapan penetapan PPDP. Bahkan ada juga yang dalam proses verifikasi berkas calon PDPD, sementara untuk pelaksanaan rekrutmen untuk PPDP sampai dengan Kamis (09/07/20)

“Tinggal dua Kecamatan yang masih dalam proses perekrutan yakni Kecamatan Merlung dan Renah Mendaluh. PPDP ini akan kita tetapkan tanggal 10 Juli, dilanjutkan dengan bimtek PPDP pada tanggal 11 hingga 14 Juli,” ungkapnya.

Setelah itu baru masuk tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di mana petugas data pemilih akan melakukan pendataan dari rumah ke rumah yaitu sejak 15 Juli sampai dengan 13 Agustus,” jelas dia.

“Selepas dari itu baru nanti penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 9 sampai dengan 16 Oktober,” tambah dia.

Sementara, untuk waktu pendaftaran calon kepala daerah ke KPU dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari yaitu, pada 4 sampai dengan 6 September.

Baru kemudian KPU akan secara resmi menetapkan calon-calon yang akan bertarung pada 23 September, disusul pengundian nomor urut sehari setelahnya.

Disampaikan juga oleh Yatin untuk masa kampanye dijadwalkan akan berlangsung selama lebih kurang tiga bulan, terhitung sejak 26 September hingga 5 Desember.

“Masa tenang tiga hari selepas kampanye, baru pencoblosan nanti tanggal 9 Desember,” jelasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

Jelang Pencabutan Nomor Urut, Kapolres, Dandim, Ketua KPU dan Bawaslu Sosialisasikan Prokes COVID-19 ke Posko Pemenangan Paslon

Pilkada

Diusung PKS, Berkarya dan PKB; Pasangan Al Haris-Sani Semakin di Atas Angin di Pilgub Jambi

Pilkada

4.690 KPPS di Tanjab Barat Dirapid Test COVID-19

Pilkada

Ini Nama Nama Calon PPS yang Lulus dan Tidak Lulus Seleksi Tertulis Tanpa Perpanjangan Pendaftaran

Pilkada

Ikut Pilbup, Ketua DPRD Tanjab Barat Tunggu Keputusan Partai

Pilkada

Petugas KPPS Positif Corona  Apakah Akan Diganti, Begini Penjelasan KPU

Info Penting

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Panwascam Bawaslu Tanjab Barat

Pilkada

Wabup Amir Sakib Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2020