LIVE TV
Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan Bikin Resah Warga, Polisi Akan Bidik Pinjol Ilegal Pembelajaran Tatap Muka di Tebing Tinggi Akan Dilaksanakan Dengan Aturan Ketat Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Home / Pendidikan / Covid-19

Selasa, 12 Mei 2020 - 19:50 WIB

Penuh Perjuangan, Simak Kisah Guru di Daerah Eks Transmigrasi Jambi ini dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Imbas Covid-19

FOTO : Dokumentasi Humas Tanoto Pembelajaran Jarah Jauh Akibat Covid-19

FOTO : Dokumentasi Humas Tanoto Pembelajaran Jarah Jauh Akibat Covid-19

Pembelajaran Luring Terjadwal

Tidak semau siswa Kiswanto bisa mengakses internet. Dari 20 siswa kelas IV, ada 5 siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran daring. Masalahnya bervariasi, mulai tidak memiliki gawai, tidak mampu membeli kuota internet, dan ada orangtua yang tidak mendukung.

Solusinya Kiswanto melaksanakan pembelajaran luring. Ia menyiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang memiliki tujuan pembelajaran sama dengan pembelajaran daring.

“Penugasan untuk siswa yang mengikuti pembelajaran daring dan luring tujuannya sama. Hanya untuk penugasan belajar luring harus jelas dan mampu mendorong dan membimbing siswa menemukan konsep sendiri,” kata Kiswanto.

BACA JUGA :  Jambi Jadi Tempat Pelaksanaan KKN Perwakilan Mahasiswa se Indonesia

Jadi penugasannya bukan hanya mencatat ulang buku paket atau mengerjakan soal di buku paket, tetapi guru yang mengembangkan LKPD yang membuat siswa bisa belajar aktif.

Cara mendistribusikannya, siswa mengambil LKPD tersebut seminggu sekali di rumah kepala sekolah yang tidak jauh dari sekolah. Setelah selesai, tugas tersebut dikumpulkan kembali ke rumah kepala sekolah dan diberikan umpan balik oleh Kiswanto.

BACA JUGA :  Kembali ke Zona Merah, Wabup Hairan Gelar Rapat Bersama Satgas Covid-19

Terkadang siswa yang tidak punya gawai, bisa bergabung dengan siswa yang rumahnya berdekatan dengan mengikuti protokol pencegahan covid-19.

“Masa pandemi ini memberi kesempatan pada saya untuk melakukan ujicoba pembelajaran yang tetap mendorong siswa belajar aktif, bermakna, dan berorientasi pada peningkatan kecakapan hidup,” jelas Kiswanto.

Share :

Baca Juga

Covid-19

Positif Covid-19 di Jambi Kembali Bertambah 6 Kasus : Distribusi dari Dua Kabupaten Ini

Covid-19

Update : 16 Pasien Covid-19 di Tanjabbar dinyatakan Sembuh

Pendidikan

Rektor UIN STS Jambi Minta Dosen Penceramah Sampaikan Imbauan dan Penyuluhan Tentang Covid-19 dari Perspektif Keagamaan

Covid-19

Bertambah 11 Pasien Covid-19 di Jambi Dinyatakan Sembuh

Covid-19

Lama Nihil, Pasien Positif Covid-19 di Tanjab Barat Kembali Bertambah 2 Orang

Pendidikan

Kabut Asap Tebal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjab Barat Liburkan Sekolah TK dan SD

Covid-19

Jambi Kembali Tambah 37 Kasus Positif Covid-19

Covid-19

Makin Mengerikan, Hari Ini Pasien Positif Covid-19 di Jambi Kembali Bertambah 10 Orang