YTUBE
Tragedi Sepakbola Indonesia di Stadion Kanjuruhan 127 Orang Meninggal, 180 Orang Luka-luka Warga Minta Lubang Galian Jargas Ditimbun Lagi, Begini Kata Pengawas dan Pemda Tak Ada Sepakbola Seharga Nyawa Manusia, AHY Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan Nabi Muhammad SAW Sosok Teladan yang Agung Sepeda Santai HUT TNI KE 77 Kodim Tanjab Super Meriah Berhadiah Sepeda Motor

Home / Muaro Jambi

Minggu, 27 Maret 2022 - 11:35 WIB

Tradisi Bersih Kubur Sambut Ramadhan Punya Makna Tersendiri Bagi Warga Desa Senaung

Tradisi Bersih Kubur Sambut Ramadhan Punya Makna Tersendiri Bagi Warga Desa Senaung

Tradisi Bersih Kubur Sambut Ramadhan Punya Makna Tersendiri Bagi Warga Desa Senaung

MUARO JAMBI – Warga Desa Senaung, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi memiliki tradisi saat memjelang bulan suci Ramadhan dengan berish-bersih Kubur (Pemakaman).

Seperti dilakukan pagi ini, Minggu (27/3/22) warga berbondong-bondong gotong royong bersihkan pemakaman di lingkungan mereka.

Ramadhan, Sekdes Desa Senaung mengatakan sudah menjadi tradisi warga Desa Denaung, dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan warga ramai-ramai melakukan gotong royong membersihkan lingkungan, utamanya lingkungan makam.

“Ini merupakan tradisi kami juga memjadi salah satu kearifan lokal yang kaya akan nilai-nilai berwawasan budaya dsn kesehatan yang masih terjaga hingga kini,” ungkap Ramadhan kepada lintastungkal.com di sela goro.

Tradisi “Bersih Makam” sendiri memang biasanya dilakukan warga pada bulan Sya’ban. Rangkaian kegiatannya meliputi ziarah makam, mendoakan arwah, tabur bunga, serta membersihkan area makam leluhur masing-masing.

BACA JUGA :  Nabi Muhammad SAW Sosok Teladan yang Agung

“Terdapat nilai filosofi tersendiri dalam Tradisi Bersih. Bersih merupakan sebuah manifestasi perintah agama yang mengajarkan manusia untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena kebersihan merupakan sebagian dari Iman,” tuturnya.

Samsul, warga RT 01 Desa Senaung menyebutkan hebatnya, filosofi tradisi bersih tidak hanya melulu soal kebersihan dan kesehatan lingkungan. Akan tetapi juga mencakup tentang kebersihan hati dan kesehatan jiwa.

“Dengan mendatangi makam leluhur, orang tua ataupun anak dan kerabat akan memantik rasa syukur dalam hati atas anugerah yang telah diberikan Tuhan dan mengingatkan diri kita akan menyusul (meninggal) juga,” ujarnya.

“Tradisi ini juga dapat mengingatkan kita akan jerih payah, perjuangan dan pengorbanan para leluhur sehingga timbul rasa menghargai,” sambung Samsul.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Tradisi bersih merupakan bagian dari rangkaian upaya manusia dalam membersihkan diri dari segala kekotoran. Baik kekotoran lahir maupun kekotoran hati. Puncak dari upaya pembersihan diri adalah pada bulan Ramadhan.

Dimana umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa dan berbagai rangkaian kegiatan ibadah lainnya yang bertujuan untuk membersihkan diri dhahir dan batin.

“Sehingga setelah dari bulan Rajab hingga bulan Sya’ban melakukan bersih lingkungan, dilanjutkan pada bulan Ramadhan dengan upaya pembersihan hati, maka pada bulan Syawal diharapkan ummat Islam datang dengan kemenangan, yakni mencapai kesucian diri dan kejernihan hati, disempurnakan dengan saling bermaaf-maafan antara sesama umat manusia tanpa memandang suku, bangsa, ras dan agama,” tutupnya. [Noval]

Tradisi Bersih Kubur Sambut Ramadhan Punya Makna Tersendiri Bagi Warga Desa Senaung

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

PTPN VI dan Kejari Muaro Jambi Tandatangani MoU Kerjasama

Muaro Jambi

Pergunu Kabupaten Muaro Jambi Gelar Rakor Peningkatan PAC

Muaro Jambi

DPC PD Demokrat Muaro Jambi Sampaikan Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Asisten I Setda Muaro Jambi

Muaro Jambi

Pemuda Pancasila Jaluko Siapkan Ratusan Doorprize untuk Warga Divaksin

Muaro Jambi

Kapolres Muaro Jambi Terima Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian

Muaro Jambi

Mendikbudristek Nadiem Makarim Ungkap Alasannya Kunjungi Candi Muaro Jambi

Muaro Jambi

Bupati Muaro Jambi Letakan Batu Pertama Pembangunan Ground Breaking Teras Mendalo

Muaro Jambi

Pj. Bupati Muaro Jambi Terima Penyerahan PSU Perumahan dari PT Fajar Makmur Sejahtera