LIVE TV
Ternyata ini Penyebab Listrik Padam Sejumlah Wilayah Kuala Tungkal Hingga Malam Polda Jambi Canagkan Pebangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Korem 042/Gapu Terima Tim Wasum Itdam II/Sriwijaya Polisi Sita Ribuan Petasan dari Pedagang Bupati dan Wabup Ikuti Virtual Arahan Presiden ke Kepala Daerah Terpilih Pilkada 2020

Home / Berita

Kamis, 18 Maret 2021 - 14:43 WIB

Wajib Tau, Biaya Bikin SIM Baru dan Biaya Perpanjangan

Islutrasi SIM

Islutrasi SIM

KUALA TUNGAL – Berdasarkan jenisnya, kartu SIM dibagi menjadi beberapa kategori, dari SIM A, SIM B, SIM C, SIM D, dan SIM Internasional.

Selanjutnya menurut Peraturan Kapolri No. 9 tahun 2012, penggolongan SIM dibedakan berdasarkan fungsi kendaraan bermotor dan berat kendaraan bermotor. Selain itu penggolongan SIM ada dua jenis, yakni SIM Perseorangan dan SIM Umum.

Penjelasannya, SIM A berlaku untuk mengemudikan Ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram untuk mobil penumpang perseorangan dan mobil barang perseorangan.

BACA JUGA :  Malam Ramadhan Pertama, Satu Rumah Hangus Terbakar

SIM B I berlaku untuk mengemudikan Ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram berupa mobil bus perseorangan dan mobil barang perseorangan.

SIM B II berlaku untuk mengemudikan Ranmor berupa kendaraan alat berat, kendaraan penarik, dan kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 (seribu) kilogram.

BACA JUGA :  Bupati Minta Masyarakat Sama-Sama Jaga Jaringan Listrik

Kemudian SIM C berlaku untuk mengemudikan sepeda motor, terdiri atas, SIM C untuk pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder paling tinggi 250 kapasitas silinder. SIM C untuk pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder antara 250 sampai 750 kapasitas silinder.

Dan SIM C untuk pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder di atas 750 kapasitas silinder. Lanjut untuk SIM D, berlaku untuk pengemudi Ranmor khusus bagi penyandang cacat.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Hadiri Syukuran Penyalaan Perdana Listrik PLN 19 Desa di Tanjabbar

Lalu berapa besaran biaya penerbitan SIM baru dan biaya untuk perpanjangan SIM?

Ketentuan itu sudah diatur dalam Peraturan Pemenrintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Share :

Baca Juga

Berita

Pemprov Jambi dan UNJA Kerjasama Meningkatkan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata

Berita

185 CPNS di Tanjabbar Dinyatakan Lulus, Ini Persyaratan Registrasi Ulang

Berita

Kapolres, Dandim dan Komunitas Trail Trabas Lakukan Tour Netrail Bagi Sembako dan Masker di Tebing Tinggi

Berita

Ini Jam Kerja ASN Selama Ramadhan 2021 Sesuai SE MenPan RB

Berita

Korem 042 Gapu Jalin Kerjasama dengan Kanwil Kemenag Provinsi Jambi dalam Penyuluhan Kehidupan Beragama

Berita

Ini Alasan Desa Labuhan Pering Jadi Sasaran TMMD 108 Kodim Tanjab

Berita

Waspada, Gelombang Pesisir Timur Berpotensi Ketinggian 2,5 Meter

Berita

Ini Jadwal dan Lokasi SKD CPNS Tanjab Barat 2019