LIVE TV
Ancam Rusak Lingkungan, Warga Senaung Tolak Adanya Galian C Fasha Salurkan 677 Juta Donasi Kota Jambi Peduli Untuk Mendahara Tengah Bupati Tanjab Barat Resmikan Operasional Ambulan Air Polsek Tungkal Ulu Terima Penyerahan 2 Pucuk Senjata Api Rakitan dari Warga Kunker ke Merangin, Danrem Gapu Sempatkan Olahraga Jalan Kaki di Kota Bangko

Home / Pilkada

Selasa, 24 November 2020 - 16:50 WIB

142 Petugas KPPS Pilkada Tanjabbar Reaktif Rapid Test

KUALA TUNGKAL – Sebanyak 142 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat harus menjalankan isolasi mandiri.

Pasalnya, mereka dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid tes COVID-19 yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat.

Penyelenggara Pilkada yang di-rapid test mulai dari PPK dan sekretariat, PPS dan KPPS hingga PAM TPS keseluruhan mencapai 6.030 orang.

“Ya, rapid test hasilnya ada 142 orang yang reaktif rapid test,” terang Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat, dr. Hj. Andi Pada, M.Kes, Selasa (24/11/20).

BACA JUGA :  Kapolres Tanjab Barat Berikan Penghargaan Kepada Personel Berprestasi

Sesuai dengan protokol kesehatan,  kata dia semua petugas yang reaktif rafid test harus menjalankan isolasi mandiri dan di Swab Tes untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sebagi upaya pemutusan rantai pandemi Covid-19.

“Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri sampai menunggu hasil swab test//Real Time– Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) keluar, untuk memastikan apakah postif terpapar Covid-19,” jelas Andi Pada.

Sementara Ketua KPU Tanjab Barat, Hairuddin melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M. Ilyas, mengatakan bahwa pihaknya menyikapi ada ratusan petugas KPPS yang dari hasil rapid test reaktif, KPU akan bertindak sesuai aturan.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Pimpin Sertijab Kapolres Muaro Jambi

“Sesuai dengan regulasi kami, jika hasil rapid test reaktif maka mereka memang harus menjalankan isolasi mandiri. Dan yang bersangkutan juga tidak boleh diberhentikan. Apabila sudah sembuh nanti bisa tetap melanjutkan tugasnya sebagai KPPS,” kata Ilyas.

“Tapi apabila di swab positif dan merasa dirinya sakit, tidak bisa menjalankan tugas dan mengundurkan diri, maka kita akan melakukan penggantian,” tandasnya. (*Hk)

Share :

Baca Juga

Merangin

Dandim Sarko Hadiri Rapat Koordinasi Pembersihan APS Pasangan Calon Gubernur Jambi

Pilkada

Ratusan Calon PPS Tungkal Ilir Jalani Tes Tertulis, 12 Peserta Tak Hadir

Pilkada

Bawaslu Ingatkan Sanksi Bagi Pemilih yang Ambil Gambar saat Mencoblos di Bilik Suara

Pilkada

Hari Ini PDIP Umumkan Dukungan Kepada 75 Paslon Pilkada 2020  Via Teleconference

Politik

HBA Tegaskan Tidak Maju di Pilgub Jambi

Pilkada

Safrial Daftar Cagub Penjaringan Partai Demokrat

Daerah

Bawaslu Jambi Apresiasi Kepala Daerah Mutasi Pejabat Sesuai Regulasi Pilkada 2020

Pilkada

Pj Gubernur : Pastikan Undangan PSU Sampai ke Tangan Calon Pemilih