indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
OPD Tanjab Barat Sudah Menyiapkan 48 Sapi dan 3 Ekor Kambing Untuk di Kurban Al Haris Apresiasi SKK Migas dalam Mendorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jambi Kapan 5 Pejabat Hasil Seleksi Terbuka Dilantik, Begini Kata Pj Bupati Muaro Jambi BREAKING NEWS : Satu Unit Rumah di Desa Tungkal I Terbakar Menyongsong Pemilu 2024, Bawaslu Tanjab Barat Kunjungi Kantor DPC PDI Perjuangan

Home / Pariwisata

Kamis, 15 April 2021 - 22:37 WIB

3 Festival Budaya yang Populer di Kota Batam

3 Festival Budaya yang Populer di Kota Batam. FOTO : ITEBA

3 Festival Budaya yang Populer di Kota Batam. FOTO : ITEBA

BATAM – Tak hanya dikenal dengan kota destinasi wisata, Batam juga terkenal dengan ragam festival budaya. Apa saja festival budaya yang populer di Kota Batam? Simak di sini!

Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai kota destinasi wisata dan seringkali menyelenggarakan festival budaya.

Wilayah kota Batam yang terdiri atas Pulau batam, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau-pulau kecil lainnya yang berada di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka ini menonjolkan keanekaragaman budaya di Indonesia.

Sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, sebuah festival menjadi media pembelajaran budaya yang lebih mudah dicerna oleh generasi muda. Umumnya, festival budaya diselenggarakan pada momen tertentu. Hal itu membuat para wisatawan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Batam.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Mobil Truk Colt Diesel Terbakar di KM 29 Jalan Lintas Jambi-Palembang

Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains dan teknologi yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA), merangkum tentang beberapa festival budaya yang ada di Kota Batam. Simak ulasannya berikut:

1. Festival Kenduri Seni Melayu

Festival Kenduri Seni Melayu adalah festival seni dan budaya Melayu yang digelar setiap bulan November-Desember. Kenduri Seni Melayu adalah festival tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batam sekitar 20 tahun terakhir. Dalam rangka melestarikan budaya Melayu, festival ini dimeriahkan dengan seni tari dan sastra Melayu.

Salah satu seni teater khas Melayu yang meramaikan Festival Kenduri Seni Melayu adalah Mak Yong. Seni teater tersebut kini sudah jarang diketahui oleh masyarakat umum. Festival ini telah masuk dalam top 100 kalender acara (calendar of event) pariwisata Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Pimpin Sertijab 4 PJU dan 2 Kapolres

Selain Mak Yong, dalam festival ini kamu juga akan menikmati beragam pertunjukan kreatif, seperti pembacaan puisi, lagu Zapin, Dondang Sayang Mambo,dan Rampak Madani. Tak hanya itu, Festival Kenduri juga akan disemarakkan oleh pawai budaya dari suku-suku lain yang berasal dari Indonesia. Festival ini benar-benar menggambarkan wajah Bhinneka Tunggal Ika Indonesia.

Uniknya lagi, festival ini telah ditetapkan menjadi hajatan bersama masyarakat Melayu, jadi tak terkhusus hanya untuk warga Melayu Batam dan Riau. Festival ini tak jarang dihadiri oleh masyarakat dari negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Share :

Baca Juga

Pariwisata

Penemuan Mayat Gantung Diri Di Pohon Gegerkan Warga Desa Muntialo Betara

Pariwisata

I Putu Ngurah ; TMII Siap Promosikan Geopark Merangin Jambi

Pariwisata

SKK Migas-PetroChina Launching Wisata Embung Bina Lestari di Betara

Pariwisata

Lestarikan Budaya Lokal, Pemkab Tanjab Barat Adakan Festival Pengabuan 2019.

Pariwisata

Bupati Tanjab Barat Resmikan Wisata Cafe Alas Desa Delima

Pariwisata

Perkembangan Pariwisata di Indonesia: 5 Destinasi Super Prioritas

Pariwisata

Gubernur Al Haris Kenalkan Wisata Mangrove Tungkal ke Menteri Sandiaga Uno

Pariwisata

Fosil Kerang dan Daum Ditemukan di Bebatuan Geopark Merangin