LIVE TV
Bupati Tanjabbar, Kapolres dan Dandim Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik Perbatasan Riau Persit KCK Koorcab Rem 042 Do’a Bersama untuk Awak KRI Nanggala 402 Danrem 042/Gapu bersama Kapolda Dampingi Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Prestasi di Tengah Pandemi, Program Studi DKV ITEBA Raih Akreditasi Baik dari BAN-PT Idul Fitri 1442 H Merupakan Lebaran Digital

Home / Nasional

Selasa, 4 Mei 2021 - 10:03 WIB

Angka Pengangguran Muda Indonesia Masih Tertinggi se-Asia Tenggara

ILUSTRASI : Melamar Kerja/Ist

ILUSTRASI : Melamar Kerja/Ist

JAKARTA – Data pengangguran berusia muda di Indonesia hampir menyentuh angka 20 persen pada 2020. Sementara negara lain seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Malaysia masih berada di bawah 15 persen.

Dengan proporsi tersebut. Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal mengatakan tingkat pengangguran muda Indonesia menjadi yang tertinggi se-Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Abdullah Resmi Jabat Ketua DPRD Tanjab Barat

“Di antara mereka yang berusia muda ternyata Indonesia tidak ada saingannya di Asean atau paling tinggi sendiri dibandingkan yang lain,” ungkap Faisal dalam diskusi bertajuk ‘Teknologi Digital dan Solusi Ketenagakerjaan dikutip keuangannews.id’, Senin (03/05/21).

BACA JUGA :  Idul Fitri 1442 H Merupakan Lebaran Digital

Menurut Faisal, tingginya pengangguran berusia muda itu menunjukkan masih banyak masalah dalam penciptaan tenaga kerja di Indonesia.

Salah satunya, kata dia terkait ketidaksesuaian atau mismatch antara penciptaan lapangan kerja dengan kualifikasi lulusan baru yang terjadi sebelum pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu bersama Kapolda Dampingi Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021

“Memang ternyata pengangguran yang umurnya antara 20-29 atau di 20an tahun sudah mengalami peningkatan (pengangguran) sebelum pandemi. Sementara, yang usianya lebih tua dari itu relatif lebih flat (datar). Jadi kita dihadapkan pada masalah educated youth employment,” jelasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Sambut Natal dan Liburan Tahun Baru 2020, Kapolres Tanjabbar Keluarkan Imbauan Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Angkutan Laut

Berita

Ini Jadwal dan Lokasi SKD CPNS Tanjab Barat 2019

Nasional

Satgas Pamtas YONIF R 142/KJ dan Jajaran Pos di Perbatasan RI-Timor Leste Silaturrahmi Idul Fitri via Vicon

Nasional

Sumut Tuan Rumah Munas XIII BKPRMI

Nasional

Mumpung Physical Distancing, BPS Tanjabbar Imbau Jangan Lupa Isi Sensus Penduduk 2020 Online

Nasional

BKN Pastikan Hasil Verval SKD CPNS 2019 Telah Dikirim ke Seluruh Instansi Untuk Diumumkan

Nasional

Pemkab Tanjab Barat Terima Anugrah UI Award 2019

Nasional

406 Taruna STP Jakarta 2019 Digembleng Lanal Banten