LIVETV
Kapolres Bungo Mendadak Cek Tahanan, Ada Apa? Ungkap Kasus Pembuangan Bayi di Sungai Pengabuan, Polisi Curigai Sejumlah Tempat Nama dan Foto Kapolres Muaro Jambi Dicatut, AKBP Yuyan : Jangan Terpengaruh Hari Korpri ke 50, Sejumlah Pejabat di Tanjab Barat Dilantik Si Jago Merah Mengamuk, Satu Unit Rumah dan 4 Ekor Kambing Ikut Terbakar

Home / Advetorial

Senin, 9 November 2020 - 16:04 WIB

Bangun Sinergi Kesiapan Atasi Bencana, Korem 042/Gapu Gelar Pelatihan

FOTO : Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl Membuka Pelatihan Penanggulangan Bencana di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jambi, Senin (09/11/20).

FOTO : Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl Membuka Pelatihan Penanggulangan Bencana di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jambi, Senin (09/11/20).

JAMBI  – Wilayah Sumatera menjadi salah satu wilayah yang rawan terjadinya bencana. Termasuk Provinsi Jambi yang rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), banjir, longsor dan lain sebagainya.

Menyikapi hal tersebut, Korem 042/Garuda Putih menyelenggarakan pelatihan dalam penanggulangan bencana. Ini diikuti boleh prajurit Korem 042/Gapu, BPBD Provinsi Jambi dan Basarnas Provinsi Jambi.

Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli, melalui Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl membuka pelatihan penanggulangan bencana tersebut di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jambi.

“Ini di khususkan untuk pelatihan mengatasi penanganan Karhutla, bagaimana nanti bisa memadamkan api,” kata dia, Senin (09/11/20).

BACA JUGA :  Warga SAD Serahkan 25 Senpi Rakitan ke Polisi, Ternyata Ini Alasannya

Lanjutnya, pelatihan tersebut dilakukan lima hari mendatang. Nantinya, satu hari pelatihan akan dilaksanakan drill taktis yang dilaksanakan di Dusun Rantau Karya, Kompleks PT WKS Kabupaten Tanjab Timur.

“Saya berharap latihan ini dapat dilaksanakan dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga sewaktu ada bencana Karhutla kita sudah siap,” tambahnya.

Kemudian, pelatihan penanggulangan bencana ini juga bertujuan untuk membangun sinergitas dalam mengatasi bencana. “Latihan ini bagaimana mengutamakan keamanan dan  jaga kekompakan dalam mengahadapi bencana,” sebutnya.

BACA JUGA :  Warga Keluhkan Kondisi Jalan Batang Asai Rusak Parah

Sementara itu, pelatihan ini juga dilakukan pemaparan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, BPBD Provinsi Jambi. Ismail salah satu narasumber yang mengisi materi dalam pelatihan tersebut mengatakan, Jambi biasanya terjadi tanah longsor, banjir, gempa bumi dan gunung meletus.

Kata dia, hampir di seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Jambi terjadi bencana banjir, salah satunya yakni di Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjab Timur.

“Bencana ini bukan tugas Basarnas dan BPBD saja, akan tetapi tugas kita bersama untuk mengatasi hal tersebut,” sampainya.

BACA JUGA :  Seorang Nenek di Mendalo Darat Ditemukan Meninggal Dunia, Ada Luka di Tubuh

Kemudian, Ismail juga menyebutkan, untuk bencana longsor, biasa kerap terjadi di Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Sarolangun. Selanjutnya, bencana gempa bumi, rawan terjadi hanya di Kabupaten Kerinci.

Sementara, untuk wilayah rawan kebakaran hutan terjadi di Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjab Timur, Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten Batanghari.

“Pentingnya Koordinasi dan kekompakan dalam mengahadapi bencana, karena koordinasi menjadi salah satu pondasi untuk mengevakuasi dalam penanganan bencana,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Kapolda Jambi, Bupati dan Kapolres Tanjab Barat Deklarasikan Pemilu Damai Bersama Berbagai Elemen

Advetorial

Danrem 042/Gapu Pimpin Penandatanganan Komitmen Untuk Tidak Terjadi Pelanggaran Prajurit dan PNS

Advetorial

Peduli Kesehatan Warga, Jamal Darmawan Bersama Menwa 010 Bagikan 4.000 Masker

Advetorial

Wabup Bersama Dandim 0419/Tanjab Tinjau Lokasi Sasaran TMMD 113 Tahun 2022

Advetorial

Maulid di Sungai Saren, Bupati Himbau Masyarakat Dukung Percepatan Vaksinasi

Advetorial

267 Mahasiswa STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Diwisuda

Advetorial

Seru Lomba Mancing Meriahkan HUT RI ke 75 di Polres Tanjab Barat

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Buka Latsar CPNS Golongan II & III Tahun 2021 Via Zoom