indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Pimpin Rapat Kerja, Pj Bupati Muaro Jambi Soroti Disiplin PNS yang Tak Pernah Ditindaklanjuti Polsek Maro Sebo Laksanakan Vaksinasi Booster di Desa Candi Muaro Jambi Ratusan CPNS Memilih Mengundurkan Diri, BKN Ungkap Alasannya Keluarga Besar PP Muhammadiyah Berduka Buya Syafii Ma’arif Polri Gelar Lomba Menulis Surat Untuk Kapolri, Ini Syaratnya

Home / Advetorial

Senin, 9 November 2020 - 16:04 WIB

Bangun Sinergi Kesiapan Atasi Bencana, Korem 042/Gapu Gelar Pelatihan

FOTO : Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl Membuka Pelatihan Penanggulangan Bencana di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jambi, Senin (09/11/20).

FOTO : Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl Membuka Pelatihan Penanggulangan Bencana di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jambi, Senin (09/11/20).

JAMBI  – Wilayah Sumatera menjadi salah satu wilayah yang rawan terjadinya bencana. Termasuk Provinsi Jambi yang rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), banjir, longsor dan lain sebagainya.

Menyikapi hal tersebut, Korem 042/Garuda Putih menyelenggarakan pelatihan dalam penanggulangan bencana. Ini diikuti boleh prajurit Korem 042/Gapu, BPBD Provinsi Jambi dan Basarnas Provinsi Jambi.

Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli, melalui Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl membuka pelatihan penanggulangan bencana tersebut di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jambi.

“Ini di khususkan untuk pelatihan mengatasi penanganan Karhutla, bagaimana nanti bisa memadamkan api,” kata dia, Senin (09/11/20).

Lanjutnya, pelatihan tersebut dilakukan lima hari mendatang. Nantinya, satu hari pelatihan akan dilaksanakan drill taktis yang dilaksanakan di Dusun Rantau Karya, Kompleks PT WKS Kabupaten Tanjab Timur.

BACA JUGA :  Keluarga Besar PP Muhammadiyah Berduka Buya Syafii Ma'arif

“Saya berharap latihan ini dapat dilaksanakan dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga sewaktu ada bencana Karhutla kita sudah siap,” tambahnya.

Kemudian, pelatihan penanggulangan bencana ini juga bertujuan untuk membangun sinergitas dalam mengatasi bencana. “Latihan ini bagaimana mengutamakan keamanan dan  jaga kekompakan dalam mengahadapi bencana,” sebutnya.

Sementara itu, pelatihan ini juga dilakukan pemaparan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, BPBD Provinsi Jambi. Ismail salah satu narasumber yang mengisi materi dalam pelatihan tersebut mengatakan, Jambi biasanya terjadi tanah longsor, banjir, gempa bumi dan gunung meletus.

Kata dia, hampir di seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Jambi terjadi bencana banjir, salah satunya yakni di Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjab Timur.

BACA JUGA :  Impian Prajurit TNI Miliki Rumah Pribadi Terwujud, Danrem Gapu Serahkan Kunci

“Bencana ini bukan tugas Basarnas dan BPBD saja, akan tetapi tugas kita bersama untuk mengatasi hal tersebut,” sampainya.

Kemudian, Ismail juga menyebutkan, untuk bencana longsor, biasa kerap terjadi di Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Sarolangun. Selanjutnya, bencana gempa bumi, rawan terjadi hanya di Kabupaten Kerinci.

Sementara, untuk wilayah rawan kebakaran hutan terjadi di Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjab Timur, Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten Batanghari.

“Pentingnya Koordinasi dan kekompakan dalam mengahadapi bencana, karena koordinasi menjadi salah satu pondasi untuk mengevakuasi dalam penanganan bencana,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wakil Bupati Tinjau Ujian SKD CPNS Tanjab Barat

Advetorial

Bersama Ketua TP PKK, Bupati Anwar Sadat Temui Warga Terdampak Bencana Abrasi Sungai di Parit Deli

Advetorial

Tinjau Arena dan Pemondokan Kafilah, Hairan : Persiapan MTQ Sudah 93 Persen

Advetorial

Kunker ke Inhil, Anwar Sadat Sharing Pembangunan dengan Bupati Wardan

Advetorial

Pemkab Tanjabbar Gelar Acara Pisah Sambut Kajari

Advetorial

Awal Tahun 2020, Bupati Safrial Lantik dan Ganti Enam Camat

Advetorial

Antisipasi Karhutla, Korem 042/Gapu Gelar Latihan Posko I

Advetorial

Haru, Bupati Safrial Serahkan SK Pensiun Sekda Ambok Tuo