indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Seminar Pelayanan Publik, Diharapkan Menunjang Kegiatan Kemasyarakatan Kebakaran di Kampung Nelayan 4 Rumah Ludes 2 Rusak Berat BREAKING NEWS : Musibah Kebakaran Landa Parit 4 Kampung Nelayan Tanjab Barat Kapenrem 042 Gapu Ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD 2022 Kondisi Listrik Tanjab Barat Byarpet, Massa Unjuk Rasa ke Kantor PLN Tungkal

Home / Berita

Kamis, 30 Desember 2021 - 15:43 WIB

Belasan Buaya Muara Muncul di Aliran Sungai dan Perkebunan Warga Bram Itam

Spanduk Himbauan yang Dipsang agar Warga Waspada Buaya. FOTO : HB

Spanduk Himbauan yang Dipsang agar Warga Waspada Buaya. FOTO : HB

BRAM ITAM  – Buaya Muara (Crocodylus porosus), mulai bermunculan di perkebunan masyarakat Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kemunculan predator ganas tersebut akibat luapan banjir dari aliran hulu sungai. Diduga luapan dari kanal Perusahaan WKS, yang sejak 3 bulan terakhir merendam perkebunan masyarakat sekitar.

Setidaknya ada belasan buaya muara bermunculan, sejak kebun masyarakat di 3 desa di wilayah tersebut terendam banjir.

Salah seorang petani Sawit desa Bramitam Kanan, Ahmad membenarkan dengan adanya kemunculan buaya muara di perkebunan mereka.

Ia menyebut, semenjak banjir melanda perkebunan mereka, ia kerap menemukan predator ganas tersebut, saat dirinya sedang memanen buah sawit.

“Memang sungai ni ade buaye nye tapi dak pernah sampai masuk kekebun, kemaren waktu manen sempat ningok, buaya tersebut lagi di bawah pohon sawit,” ujarnya, Kamis (30/12/21).

BACA JUGA :  Nama-Nama 43 Pejabat di Lingkungan Pemkab Tanjab Barat yang Dilantik dan Dikukuhkan Hari Ini

Ia pun mengaku takut dengan kemunculan predator ganas tersebut, apalagi saat ingin kekebun untuk memanen buah sawit.

“Kita menjadi was-was dan takut jadi nya nak panen sawit,” ucapnya.

Sementara itu, hal serupa diungkapkan oleh Kepala Desa Bramitam Kanan, Ansori. Ia mengatakan jika di sepanjang daerah aliran Sungai Bram Itam memang kerap melihat buaya muara di lokasi yang berbeda beda dengan ukuran yang bervariasi pula.

“Laporan warga ada sekitar 15 ekor buaya di sungai ini, sering menampakkan diri berkeliaran apalagi saat warga sedang berada di kebun, kemarin waktu turun meninjau lokasi banjir ada 3 kali melihat buaya yang ukuran nya sekitar 2,5 meter lah,” sebut Kades.

BACA JUGA :  Ini Nama-Nama Pejabat Eselon III dan IV Dilantik Sekda Hari Ini

Terkait hal ini, kata Ansori. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat setempat dalam hal ini Polsek Tungkal Ilir dengan memasang himbuan spanduk, agar warga tidak beraktifitas di sungai dan waspada terhadap ancaman hewan buas tersebut.

“Spanduk himbauan sudah dipasang di pinggir sungai agar warga hati-hati saat memanen sawit di kebun mereka, dan juga nelayan yang cari ikan disungai untuk tetap waspada jangan sampai ada korban jiwa karena buaya buaya itu sudah naik keperkebunan,” ungkapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Hujan Tak Surutkan Ribuan Warga Ikuti Haul Syekh Abdul Qadir Jailani di Masjid Agung Kuala Tungkal

Berita

Korem 042/Gapu Gelar Sosialisasi Bidang Perlawanan Wilayah Tahun 2022

Merangin

Tak Hanya Doa, Al Haris Kirim Ramuan Daun Sungkai untuk Bupati Muaro Jambi

Berita

Pemkab Tanjab Barat Akan Gelar Vaksinasi Massal Bagi ASN dan Honorer

Berita

Danrem 042 Gapu Berikan Wasbang pada Kader PMII dan Ratusan Santri Ponpes Manarul Huda Batanghari

Berita

Rekrutmen P3K, BKPSDM Tanjabbar Tunggu Petunjuk Resmi dari Pusat

Berita

Kini dari Senyerang-Teluk Nilau Ke Kuala Tungkal Bisa Naik Damri

Berita

Hari Pahlawan 2020, Pemerintah Kota Jambi Berikan Tali Asih pada Veteran