LIVE TV
Bupati Tanjabbar, Kapolres dan Dandim Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik Perbatasan Riau Persit KCK Koorcab Rem 042 Do’a Bersama untuk Awak KRI Nanggala 402 Danrem 042/Gapu bersama Kapolda Dampingi Pj Gubernur Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Prestasi di Tengah Pandemi, Program Studi DKV ITEBA Raih Akreditasi Baik dari BAN-PT Idul Fitri 1442 H Merupakan Lebaran Digital

Home / Berita

Rabu, 17 Februari 2021 - 16:05 WIB

BPBD : Kita Telah Bentuk Satgas di 3 Wilayah Rawan Karhutla

FOTO : Kepala Pelaksana BPBD Tanjab Barat. Zulfikri.

FOTO : Kepala Pelaksana BPBD Tanjab Barat. Zulfikri.

KUALA TUNGKAL – Pemkab Tanjab Barat bersama TNI, Polri saat ini telah membentuk tim untuk penanganan Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Tanjab Barat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Tanjab Barat. Zulfikri, Ia menyebutkan bahwa menghadapi musim kemarau dan ancaman Karhutla di Tanjab Barat. Pihaknya mengadakan rapat kordinasi, terkait persiapan untuk menetapkan status siaga darurat karhutla.

BACA JUGA :  Idul Fitri 1442 H Merupakan Lebaran Digital

“Kalau tim kita sudah terbentuk dari Pemkab, TNI, Polri, kemudian juga termasuk Pemadam kebakaran yang di perusahaan,” kata Zulfikri, Rabu (17/02/21).

Kata dia, Tanjab Barat merupakan salah satu Kabupaten yang wilayahnya memiliki lahan gambut, yang mudah terbakar saat musim kemarau tiba.

BACA JUGA :  Tunjangan ASN Tanjabbar Berupa Beras Petani Lokal Tahap Awal Terealisasi

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita saat ini tengah mempersiapkan diri, apabila terjadi musim kemarau nanti.” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa, informasi dari Balai Badan Meteorologi Klimatologis Fisika, puncak musim kemarau berkemungkinan terjadi di bulan Mei hingga Agustus.

“Dalam upaya pencegahan ini terutama dalam posisi siaga Karhutla, kita telah bekerjasama dengan TNI, Polri dan perusahaan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  TP PKK Tanjabbar Gelar Kegiatan Peduli Anak Yatim

Ia menyebutkan bahwa, potensi terjadinya Karhutla di musim kemarau nantinya, setidaknya ada 3 Kecamatan di Tanjab Barat yang rawan akan kebakaran.

“Ada 3 wilayah, Batang Asam, Senyerang dan Betara. Karena daerah ini selalu langganan kebakaran hutan dan lahan apabila musim kemarau,” sebutnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Amir Sakib Ingatkan ASN Tetap Jaga Netralitas dan Tidak Golput Pemilu 17 April

Berita

Pasca Ledakan Sebuah Rumah, Kapolres Tanjab Barat Imbau Warga Tenang

Berita

Penumpang Kapal Roro Tujuan Batam Membludak, Safrial Turun Tangan

Berita

Infrastruktur Koneksi Kula Betara dan Seko Tetap Jadi Prioritas

Berita

Positif COVID-19 Meningkat Tajam di Jambi, Hari Ini 46 Kasus

Berita

Peringati HANI 2020, Fachrori Ajak Semua Komponen Masyarakat Berantas Narkoba

Berita

Polres Tanjab Barat Gelar Rakor Linsek Pengamanan Tahun Baru Imlek

Berita

Polres Tanjab Barat Gelar Rakor Pengamanan Tablig Akbar Habib Bahar bin Smith