LIVE
Wijaya Hamzah, Atlet Taekwondo Asal Merangin Wakili Jambi di PON Papua 2021 Tujuh Sindikat Pengedar Narkoba Jaringan Malaysia 117 Kg Sabu Diringkus Pangdam II/Sriwijaya Kunjungi Kodim 0417/Kerinci Penembakan Terhadap Tokoh Agama Kembali Terjadi di Tangerang Spanduk Pengetatan Masuk Kota Kuala Tungkal Terpasang, Ini Penjelasan Kapolres

Home / Covid-19 / Pendidikan

Rabu, 29 April 2020 - 20:06 WIB

Dampak Covid-19 Guru di Jambi Saling Berbagi RPP Daring

FOTO : Seorang Guru dan Siswa di Batang Hari Jambi Saling Berinteraksi dalam Pembelajaran Online yang Dilakukan Beberapa Waktu Lalu.

FOTO : Seorang Guru dan Siswa di Batang Hari Jambi Saling Berinteraksi dalam Pembelajaran Online yang Dilakukan Beberapa Waktu Lalu.

JAMBI – Dampak pandemi virus corona atau Covid-19, sejumlah guru di Provinsi Jambi menerapkan pembelajaran dengan cara daring atau dalam jaringan (online). Ada berbagai cara dilakukan oleh para guru, salah satunya dengan saling berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) daring tersebut.

Hal inilah yang dilakukan oleh Restia Diah Utami, guru kelas awal SDN 81/X Pematang Rahim Tanjab Timur. Ia mengungkapkan bahwa setelah melakukan pembelajaran daring pihaknya ingin berbagi dengan guru – guru lain di seluruh Indonesia melalui website guruberbagi.kemdikbud.go.id.

”Hanya ingin berbagi kepedulian dengan rekan sejawat guru di seluruh Indonesia, bagaimana membuat RPP pembelajaran daring selama Covid-19 ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  PPP Desak Pemerintah Angkat Guru Honorer, Alasannya Guru PNS Banyak Pensiun

Selain guru, beberapa fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation juga berbagi praktik baik penyebarluasan RPP untuk mendukung kemaksimalan pembelajaran daring yang dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah agar siswa tetap belajar sesuai dengan tingkatannya meskipun harus dilaksanakan di rumah.

”Sebagai guru, saya mendukung penyebarluasan RPP pembelajaran daring ini dan berbagi kepada rekan sejawat sesama guru karena siswa juga perlu terus belajar di rumah,” ujar Iranova Sembiring, guru SMPN 15 Tebo, Rabu, (29/04/20).

Selain itu, selama masa pandemi wabah Corona, guru harus mencari alternatif untuk melanjutkan pembelajaran di rumah. Salah satunya dengan pembelajaran melalui aplikasi zoom meeting dan lainnya. Setidaknya guru menyelenggarakan pembelajaran mandiri kepada siswanya.

BACA JUGA :  PPP Desak Pemerintah Angkat Guru Honorer, Alasannya Guru PNS Banyak Pensiun

“Selain harus memilih aplikasi pembelajaran daring yang tepat, pembelajaran harus menyenangkan bagi siswa agar mereka antusias terhadap pembelajaran di rumah. Guru pun masih melayani pertanyaan dari siswa hingga malam hari,” ungkap Isnaini, guru SDN 47 Kota Jambi.

Sementara itu, Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi mengaku bangga terhadap kepedulian yang dilakukan para guru di Jambi untuk berbagi RPP kepada guru di seluruh Indonesia di tengah pandemi Covid-19 ini.

BACA JUGA :  PPP Desak Pemerintah Angkat Guru Honorer, Alasannya Guru PNS Banyak Pensiun

”Tanoto Foundation senantiasa berusaha berbuat dan mendorong semua pihak untuk berbagi praktik baik. Seiring dengan semangat tersebut, kami juga mendorong guru mitra berpartisipasi sharing RPP daring yang telah memasukkan salah satu pembelajaran aktif yaitu MIKiR (mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi),” ujarnya.

Pihaknya juga berharap dengan adanya sharing RPP daring tersebut membuat pembelajaran di rumah semakin berkualitas.

”Guru bisa saling belajar untuk mewujudkan pembelajaran jarak jauh yang berkualitas dan bermakna,” pungkasnya.(hms/tanoto)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Pelepasan Siswa Kelas VI MDTA Darul Ihsan 030 Kuala Tungkal Sukses dan Meriah

Covid-19

Sempat Negoisasi Panjang, Akhirnya Jenazah Pasien Suspek di Makamkan Secara Potokol Covid

Covid-19

Bertambah 94 Kasus, Total Positif Covid-19 di Jambi Capai 2.168

Covid-19

Ini 4 Pasien Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona di Jambi

Pendidikan

STP Jakarta Resmi Buka Pendaftaran Calon Taruna Baru 2020/2021 Online

Covid-19

Kondisi Terkini Wali Kota Jambi yang Positif COVID-19

Covid-19

Terus Meningkat, Positif Covid-19 di Jambi Kembali Bertambah 3 Orang

Pendidikan

Kadisdik Tanjabtim: Kepala Sekolah Harus Libatkan Stakeholder