LIVETV
15 Link Twibbon Hari KORPRI 2021 Pilihan Keren dan Menarik Kunjungi RS DKT Jambi, Ini yang Disampaikan Menko PMK Muhajir Makmurkan Masjid, BKPRMI Jambi Luar Kota Gelar Yasinan Bulanan Rutin Danrem 042/Gapu Dampingi Menko PMK Sambangi RS Dr. Bratanata Jambi Ulil Amri, Anggota DPRD Muaro Jambi Aktif Kunjungi Kegiatan Vaksinasi

Home / Ekonomi

Rabu, 24 November 2021 - 00:14 WIB

Dekranasda Tanjab Barat Datangkan Pelatih Membatik Legendaris 

Peserta saat mengaplikasikan Batik Cap di Food Corner dalam Kota Kuala Tungkal, Selasa (23/11/21).

Peserta saat mengaplikasikan Batik Cap di Food Corner dalam Kota Kuala Tungkal, Selasa (23/11/21).

KUALA TUNGKAL – Implementasi Program Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi Hj. Fadhilah Sadat dalam memberikan pelatihan membatik bagi Pengrajin Batik Pemula maupun yang sudah mahir, Dekranasda Tanjab Barat datangkan Pelatih membatik Legendaris.

Pelatih tersebut adalah Rogaya Pembatik yang sudah memproduksi Ratusan Motif Batik asal Kelurahan Ulu Gedong, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi, didatangkan khusus untuk memberikan pelatihan membantik kepada para pengrajin Batik Pemula maupun yang sudah mahir di Tanjung Jabung Barat.

BACA JUGA :  Jumlah PTT Capai 6.100, Pemkab Batanghari Bentuk Pansel Evaluasi Kebutuhan Tiap OPD

Rogaya saat ditemui lintastungkal.com mengatakan, Pelatihan yang diberikan kepada Para pengrajin dalam membatik ini yakni pelatihan Cap dan Pewarnaan.

“Hari ini kita memberikan pelatihan cap sama pewarnaan. Pelatihan ini tiga hari sampai dengan hari Kamis,” ungkap Rogaya pengrajin Batik yang sudah mulai membatik sejak tahun 1981 ini, di Show Room Dekranasda Tanjung Jabung Barat lokasi pelatihan, Selasa (23/11/21).

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Tutup Latihan Driil Teknis Penanggulangan Bencana Alam

Diakui Rogaya, untuk Pelatihan yang diberikan berdasarkan dari pengalaman yang sudah dirinya jalani, tergolong susah. Maka dari itu dibutuhkan kesungguhan dalam mengikuti Pelatihan.

“Memang kalau pengalaman pertama kali membatik itu susah. Tetapi kalau sudah terbiasa itu tidak susah lagi. Dan yang penting serius,” sebut Rogaya perintis Batik bernama Diana di Ulu Gedong.

Sementara itu, Hj. Siti Azizah, SH Kabid Perindustrian Dinas Koperindag Tanjung Jabung Barat menjelaskan, jika pelatihan membatik kepada pengrajin Batik baik yang sudah mahir maupun pemula ini, sebagai tindaklanjut dari Program Ketua Dekranasda Tanjung Jabung Barar Hj. Fadhilah Sadat.

BACA JUGA :  Pemkab Tanjab Barat Tuntut Hal Ini ke SKK Migas

“Ketua Dekranasda menginginkan para Pengrajin Batik kita di Tanjung Jabung Barat bermutu, berkualitas dan Batik dengan muatan Lokal masing – masing Kecamatan yang ada di Tanjung Jabung Barat punya daya saing,” ungkapnya.

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Anwar Sadat Minta OPD Tindaklanjuti Penawaran Kerjasama BSI

Ekonomi

Fachrori Luncurkan PLUT Sebagai Pusat Oleh-Oleh Jambi

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Safrial Resmikan Pasar Kuliner Ramadhan

Ekonomi

UMK Tanjab Barat Tahun 2019 Naik 8,03 Persen

Ekonomi

Cepat Tukarkan!, 6 Uang Rupiah Ini Tak Lagi Tahun Depan

Bram Itam

Pasar Rakyat Sungai Saren Segera Difungsikan, Aktifitas Pasar Tepi Jalan Tak Bolehkan Lagi

Ekonomi

Gula Pasir di Kuala Tungkal Tembus Rp 16 Ribu Perkilo

Ekonomi

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bupat Safrial Sidak Harga Sembako di Pasar Kuala Tungkal