LIVETV
Akademi Taekwondo Korem 042/Gapu Raih Juara Umum 2 Open Turnamen Bupati Lebong Cup Bupati Cek Pengerjaan Pengerasan Jalan Parit Deli ke Sungai Dungun Bupati Tanjabbar Resmikan Ruko dan Unit Usaha BUMDes Dataran Kempas Gedor Pintu Truk Parkir di Pom Bensin, Pemuda Berssajam Diamankan Polisi Korem 042/Gapu Berangkatkan 156 Pemuda Jambi Ikuti Seleksi Secata PK TNI AD Tingkat Pusat




Home / Pendidikan

Rabu, 5 Februari 2020 - 22:08 WIB

Diseminasi Program PINTAR, Guru SMP Batang Hari Ikuti Pelatihan “MIKiR”

FOTO : Istimewa Dok. Tanoto

FOTO : Istimewa Dok. Tanoto

BATANG HARI – Agar siswa tidak bosan berada di kelas, guru diharapkan mampu memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada di lingkungan kelas maupun sekolah. Pemanfaatan sumber belajar yang bervariasi oleh guru akan berdampak terhadap kemampuan siswa dalam merespon berbagai hal di lingkungannya.

Hal itu disampaikan Agung Wihadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batang Hari ketika membuka acara pelatihan diseminasi pembelajaran modul 1 guru SMP se Kab. Batang Hari di Aula Kementerian Agama, Sabtu, (1/2).

“Tanoto Foundation melalui program PINTAR mengenalkan salah satu kegiatan pembelajaran aktif di kelas, para fasilitator nantinya akan memfasilitasi Bapak Ibu dengan metode metode cara pembelajaran aktif agar siswa semakin senang belajar,” ungkapnya.

Agung menambahkan, dengan pelatihan tersebut guru akan mengeksplorasi seluruh kemampuannya untuk mewujudkan siswa aktif di dalam kelas.

“Harapannya guru terus meningkatkan kompetensinya, termasuk dengan mengikuti pelatihan diseminasi ini agar kegiatan belajar mengajar di kelas semakin baik,” tambahnya.

Metty Hartina, ketua panitia kegiatan diseminasi mengatakan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 68 guru dari 17 SMP baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Batang Hari.

“Semua peserta antusias mengikuti kegiatan ini, ada lima mapel yang difasilitasi oleh fasda, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS,” ujar Metty.

Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan diseminasi pelatihan modul 1 ini, dirinya berharap kegiatan tersebut dapat menambah motivasi dan pengetahuan peserta tentang MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) yang dikembangkan Tanoto Foundation.

“Selama tiga hari mereka didampingi dan difasilitasi oleh fasda Program PINTAR, di hari terakhir, akan ada praktik mengajar di sekolah, sehingga kami berharap semua peserta mengikuti kegiatan selama tiga hari berturut turut,” katanya.(*)

Share :

Baca Juga

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Perpanjang Masa Sekolah di Rumah Hingga 3 Mei

Pendidikan

120 Guru di Tanjab Barat Ikuti Pelatihan Program PINTAR

Pendidikan

SMPN 2 Kuala Tungkal Menangkan Beberapa Lomba di Perlombaan Dinas Parpora 2019

Tebo

Guru MTs di Tebo Antusias Ikuti Pelatihan Program PINTAR

Pendidikan

Lagi, Sekolah Di Tanjab Barat Diliburkan Akibat Asap

Kota Jambi

Belajar Tak Lagi Menyeramkan di Masa Pandemi, Siswa di Jambi Belajar Jadi Graham Bell

Pendidikan

Diumumkan Via Online, Ratusan Siswa SMA N 1 Tanjung Jabung Barat Lulus 100 Persen

Pendidikan

SKK Migas-PetroChina Dukung Universitas Jambi Sebagai Tuan Rumah KKN Kebangsaan