LIVE TV
Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan Bikin Resah Warga, Polisi Akan Bidik Pinjol Ilegal Pembelajaran Tatap Muka di Tebing Tinggi Akan Dilaksanakan Dengan Aturan Ketat Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Home / Pendidikan

Rabu, 5 Februari 2020 - 22:08 WIB

Diseminasi Program PINTAR, Guru SMP Batang Hari Ikuti Pelatihan “MIKiR”

FOTO : Istimewa Dok. Tanoto

FOTO : Istimewa Dok. Tanoto

BATANG HARI – Agar siswa tidak bosan berada di kelas, guru diharapkan mampu memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada di lingkungan kelas maupun sekolah. Pemanfaatan sumber belajar yang bervariasi oleh guru akan berdampak terhadap kemampuan siswa dalam merespon berbagai hal di lingkungannya.

Hal itu disampaikan Agung Wihadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batang Hari ketika membuka acara pelatihan diseminasi pembelajaran modul 1 guru SMP se Kab. Batang Hari di Aula Kementerian Agama, Sabtu, (1/2).

“Tanoto Foundation melalui program PINTAR mengenalkan salah satu kegiatan pembelajaran aktif di kelas, para fasilitator nantinya akan memfasilitasi Bapak Ibu dengan metode metode cara pembelajaran aktif agar siswa semakin senang belajar,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bahas Rencana KKN Mahasiswa se Indonesia, Rektor UNJA Kunjungi Korem 042/Gapu

Agung menambahkan, dengan pelatihan tersebut guru akan mengeksplorasi seluruh kemampuannya untuk mewujudkan siswa aktif di dalam kelas.

“Harapannya guru terus meningkatkan kompetensinya, termasuk dengan mengikuti pelatihan diseminasi ini agar kegiatan belajar mengajar di kelas semakin baik,” tambahnya.

Metty Hartina, ketua panitia kegiatan diseminasi mengatakan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 68 guru dari 17 SMP baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Batang Hari.

“Semua peserta antusias mengikuti kegiatan ini, ada lima mapel yang difasilitasi oleh fasda, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS,” ujar Metty.

BACA JUGA :  Jambi Jadi Tempat Pelaksanaan KKN Perwakilan Mahasiswa se Indonesia

Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan diseminasi pelatihan modul 1 ini, dirinya berharap kegiatan tersebut dapat menambah motivasi dan pengetahuan peserta tentang MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) yang dikembangkan Tanoto Foundation.

“Selama tiga hari mereka didampingi dan difasilitasi oleh fasda Program PINTAR, di hari terakhir, akan ada praktik mengajar di sekolah, sehingga kami berharap semua peserta mengikuti kegiatan selama tiga hari berturut turut,” katanya.(*)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Tegas! DPR Tolak Penghapusan Rektut Jalur CPNS Bagi Guru Jadi PPPK

Pendidikan

Mulai 2021 Penerimaan Guru Hanya Sebagai PPPK, Bukan Lagi PNS

Pendidikan

Aplikasikan Mapel IPA, Siswa SMPN di Batang Hari ini Praktik Membuat Roket Air

Pendidikan

STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Lepas 318 Mahasiswa KKN Angkatan XXIII Tahun 2019

Pendidikan

Melalui Pelatihan Manajemen Sekolah, Kepsek di Tebo Akan Terapkan Merdeka Belajar

Pendidikan

Fasilitator Daerah Program PINTAR Dampingi Sekolah di Tanjab Timur

Pendidikan

Kabut Asap Tebal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjab Barat Liburkan Sekolah TK dan SD

Pendidikan

Belajar Berkelompok dan Manfaatnya Bagi Siswa dalam Pembelajaran Aktif