LIVE TV
Warga Parit Bilal Tangkap Buaya Sepanjang 2,5 Meter Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran, Wabup Temukan Banyak Absen ASN Bolong Bupati dan Pj Gubernur Tinjau Balai Adat dan Pos Pelayanan Ops Ketupat di Terminal Pembengis Wabup Hairan Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Mudik Perbatasan Jambi-Riau di Batang Asam Danrem 042/Gapu Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Jambi-Riau

Home / Covid-19

Senin, 4 Mei 2020 - 21:24 WIB

dr. Nani; Ditangani Sesuai Protokol, Jenazah COVID-19 Tidak Akan Menularkan Corona

FOTO : dr. Nani Saat Memberikan Materi Pelatihan dan Simulasi Penanganan Jenazah Pasien Covid-19 kepada Tim Relawan di Mapolres Tanjag Barat, Senin (04/05/20).

FOTO : dr. Nani Saat Memberikan Materi Pelatihan dan Simulasi Penanganan Jenazah Pasien Covid-19 kepada Tim Relawan di Mapolres Tanjag Barat, Senin (04/05/20).

KUALA TUNGKAL – Masyarakat agar tidak terlalu khawatir terhadap rumor yang memunculkan stigma dan penolakan terkait pemulasaran jenazah Covid-19 sejak meninggal dunia, sampai dikuburkan dapat menularkan virus corona.

Demikian diungkapkan oleh dr. Nani didampingi dr. Jansin dari RSUD KH. Daud Arif Tanjung Jabung Barat usai memberikan materi pelatihan dan simulasi Penanganan Jenazah Pasien Covid-19 kepada Tim Relawan di Mapolres Tanjag Barat, Senin (04/05/20).

BACA JUGA :  Wujud Kepedulian, Polres Tanjabbar Berikan Paket Sembako pada Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri

dr. Nani menjelaskan, pemulasaran jenazah Covid-19 selalu dilakukan sesuai standar protokol kesehatan oleh pihak-pihak yang berwenang.

Selain itu, pedoman pengurusan jenazah juga selalu dilakukan dengan menerapkan pedoman-pedoman yang telah diatur dalam Fatwa Majelis Ulama Indones (MUI) Nomor 18 Tahun 2020, dalam rangka menghindarkan tenaga penyelenggaraan jenazah dari paparan Covid-19, yang pertimbangan asas-asas hukum syariah.

BACA JUGA :  Segini Harga Vaksin Gotong Royong Lengkap per Orang

Ia menambahkan, jenazah yang telah dipulasara dengan tepat tidak akan menyebarkan virus di suatu wilayah. Hal ini disebabkan virus akan mati di dalam tubuh jenazah. dan jenazah yang telah dikubur tidak menularkan virus.

“Sekali lagi, jenazah yang sudah dikubur tidak menularkan virus, karena itu, jangan khawatir dan jangan panik, apalagi sampai melakukan penolakan untuk pemakaman” ungkap dr. Nanik.(*)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Dampak Corona, Pemkab Tanjabbar Perpanjang Masa Pembelajaran di Rumah Hingga 19 April

Covid-19

Lagi, Pasien Positif Covid-19 di Jambi Bertambah Jadi 65 Kasus

Covid-19

Update Tanggal 7 April; Di Tanjab Barat Tercatat 14 ODP dan 1 PDP

Covid-19

Update : 12 Pasien Covid-19 di Merangin Sembuh

Covid-19

Begini Perkembangan Kasus Corona Provinsi Jambi Per 31 Maret

Covid-19

Bertambah, Pasien Positif Covid-19 di Jambi Jadi 7 Orang

Covid-19

Hari Ini; Kasus Corona di Jambi Positif Nambah 3 Orang, Sembuh 3 Orang

Covid-19

Ini 6 Butir Imbauan Resmi Perhimpunan Dokter Paru Soal Penularan Corona Lewat Udara