LIVETV
Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Dandim 0415/Jambi Peringatan Maulid Nabi, Dandim 1002/HST : Teladani Sifat Rasulullah SAW Kronologi Kecelakaan Maut yang Menewaskan Seluruh Penumpang Kijang LGX di Bungo Kemenag Hadiah untuk NU, Haedar Nashir : Narasi Radikal Personil Gabungan Polres Tanjab Barat Lakukan Pemeriksaan Penumpang Antar Pulau




Home / Pendidikan

Jumat, 10 Juli 2020 - 10:22 WIB

Guru dan Kepsek di Tanjab Barat Berinovasi di Tengah Pandemi

FOTO : Kasih Aprilia Gunawan (kiri), siswi SDN 03/V Kuala Tungkal belajar dari rumah bersama orang tuanya. Selama PJJ, Kasih mendapatkan pembelajaran berkualitas dari gurunya lengkap dengan laporannya.

FOTO : Kasih Aprilia Gunawan (kiri), siswi SDN 03/V Kuala Tungkal belajar dari rumah bersama orang tuanya. Selama PJJ, Kasih mendapatkan pembelajaran berkualitas dari gurunya lengkap dengan laporannya.

KUALA TUNGKAL – Nurhafizah, guru IPA SMPN 2 Kuala Tungkal memanfaatkan Zoom dan WhatsApp untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dari total 64 orang siswa kelas VIIA dan VIIB yang melakukan PJJ melalui Zoom, hanya diikuti 43 orang.

“Alhamdulillah, 68% siswa saya ikut PJJ melalui Zoom, adapun yang tidak ikut, saya siasati dengan sistem luring, atau luar jaringan,” ujar Evi, panggilan akrabnya.

BACA JUGA :  Gelar Vaksinasi, Polres Tanjab Barat Datangi Warkop Tempat Tongkrongan Warga

Evi mengakui, persiapan merupakan hal penting sebelum melakukan PJJ. “Salah satu media yang kita gunakan untuk persiapan adalah WhatsApp, bahkan simulasi terlebih dahulu,” ujar Nuraini.

Dirinya juga kerap membagi pengalaman selama PJJ dengan guru lainnya, ia memberikan pengetahuan praktis kepada para wali kelas lain agar dalam pembelajaran daring siswa haru tetap mendapatkan pembelajaran bermakna sebagaimana pembelajaran tatap muka.

BACA JUGA :  Soal Batas Wilayah Tanjabbar-Tanjabtim, Bupati Anawar Sadat : Sesuai Dokumen Bukti Yuridis dan Sejarah

“PJJ adalah singkatannya pembelajaran jarak jauh, bukan penugasan jarak jauh, jangan buat siswa tertekan selama PJJ berlangsung,” tegasnya.

Saat pandemi melanda, Nuraini langsung bergerak cepat untuk mendukung proses pembelajaran dari rumah (learning from home). Ia ingin memastikan capaian keberhasilan siswa tidak hanya pada saat pembelajaran normal di kelas, namun bagaimana pembelajaran jarak jauh atau daring tersebut tetap berlangsung di tengah pandemi.

BACA JUGA :  Soal 24 Sumur Bor Migas, Wakil Ketua DPRD Ahmad Jahfar Optimis Milik Tanjab Barat

“Selama pandemi, anak-anak harus tetap mendapatkan pembelajaran berkualitas,” itulah yang dikatakan Nuraini, Kepala sekolah inovatif dari SDN 03/V Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat, Jum’at, (10/07/20), dalam acara media meeting yang digelar di Kuala Tungkal.

Share :

Baca Juga

Covid-19

Dampak Covid-19 Guru di Jambi Saling Berbagi RPP Daring

Pendidikan

PT LPPPI Serahkan Beasiswa Pendidikan Untuk Siswa Sekolah Se-Kecamatan Tebing Tinggi

Advetorial

Mahasiswa KKN STAIA Posko 19 Berikan Santunan Sembako Pada Warga Lansia

Pendidikan

Tanoto: Pelatihan MIKIR Sejalan dengan Kurtilas

Pendidikan

Hore! Pendaftaran Calon Taruna PTDI-STTD 2020 Diperpanjang Hingga 26 Juni

Pendidikan

STAI An-Nadwah Akan Sebar 333 Mahasiswa Kukerta Ke Desa-Desa Hingga Ke Tanjab Timur dan Riau

Pendidikan

292 Siswa PKL SMK Negeri 1 Kuala Tungkal Akan Disebar Dalam dan Luar Daerah

Pendidikan

SMPN 2 Kuala Tungkal Menguatkan Visi Unggul dalam Prestasi