indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Nomor WhatsApp Berfoto AKBP Fitria Mega Beredar, Kapolres Tebo : Jangan Percaya dan Itu Bukan Saya Fadhil Arief : Mahasiswa Harus Cerdas Saat Momen Pesta Politik Tanam Bibit Tanaman, Bentuk Support Yogi Terhadap Keanekaragaman Hayati Danrem 042/Gapu : Wisuda Purnawirawa Bentuk Penghormatan Kepada Perwira yang Telah Mengabdikan Dirinya Tanpa Cacat Anwar Sadat Usulkan Revitalisasi Kawasan Mangrove dan Program Ini ke SKK Migas

Home / Pendidikan

Jumat, 10 Juli 2020 - 10:22 WIB

Guru dan Kepsek di Tanjab Barat Berinovasi di Tengah Pandemi

FOTO : Kasih Aprilia Gunawan (kiri), siswi SDN 03/V Kuala Tungkal belajar dari rumah bersama orang tuanya. Selama PJJ, Kasih mendapatkan pembelajaran berkualitas dari gurunya lengkap dengan laporannya.

FOTO : Kasih Aprilia Gunawan (kiri), siswi SDN 03/V Kuala Tungkal belajar dari rumah bersama orang tuanya. Selama PJJ, Kasih mendapatkan pembelajaran berkualitas dari gurunya lengkap dengan laporannya.

KUALA TUNGKAL – Nurhafizah, guru IPA SMPN 2 Kuala Tungkal memanfaatkan Zoom dan WhatsApp untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dari total 64 orang siswa kelas VIIA dan VIIB yang melakukan PJJ melalui Zoom, hanya diikuti 43 orang.

“Alhamdulillah, 68% siswa saya ikut PJJ melalui Zoom, adapun yang tidak ikut, saya siasati dengan sistem luring, atau luar jaringan,” ujar Evi, panggilan akrabnya.

Evi mengakui, persiapan merupakan hal penting sebelum melakukan PJJ. “Salah satu media yang kita gunakan untuk persiapan adalah WhatsApp, bahkan simulasi terlebih dahulu,” ujar Nuraini.

BACA JUGA :  Anwar Sadat Usulkan Revitalisasi Kawasan Mangrove dan Program Ini ke SKK Migas

Dirinya juga kerap membagi pengalaman selama PJJ dengan guru lainnya, ia memberikan pengetahuan praktis kepada para wali kelas lain agar dalam pembelajaran daring siswa haru tetap mendapatkan pembelajaran bermakna sebagaimana pembelajaran tatap muka.

“PJJ adalah singkatannya pembelajaran jarak jauh, bukan penugasan jarak jauh, jangan buat siswa tertekan selama PJJ berlangsung,” tegasnya.

Saat pandemi melanda, Nuraini langsung bergerak cepat untuk mendukung proses pembelajaran dari rumah (learning from home). Ia ingin memastikan capaian keberhasilan siswa tidak hanya pada saat pembelajaran normal di kelas, namun bagaimana pembelajaran jarak jauh atau daring tersebut tetap berlangsung di tengah pandemi.

BACA JUGA :  Buntut Mogok Belajar, Komisi I DPRD Sidak ke SMAN 3 Muaro Jambi

“Selama pandemi, anak-anak harus tetap mendapatkan pembelajaran berkualitas,” itulah yang dikatakan Nuraini, Kepala sekolah inovatif dari SDN 03/V Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat, Jum’at, (10/07/20), dalam acara media meeting yang digelar di Kuala Tungkal.

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Tegas! DPR Tolak Penghapusan Rektut Jalur CPNS Bagi Guru Jadi PPPK

Pendidikan

75 Peserta Mengikuti USPK Paket B, Erham : Ijazah Bisa Digunakan Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Pendidikan

Dampak Corona, Pemkab Tanjabbar Perpanjang Masa Pembelajaran di Rumah Hingga 19 April

Pendidikan

Lawan Corona, SMPN 2 Kuala Tungkal Gunakan Beberapa Aplikasi Untuk Pembelajaran Daring

Pendidikan

Pelepasan Siswa Kelas VI MDTA Darul Ihsan 030 Kuala Tungkal Sukses dan Meriah

Advetorial

Fachrori Ajak Wiusdawan UNBARI Terus Tingkatkan Kompetensi

Pendidikan

Program PINTAR Berikan Dampak Positif di Tanjab Timur

Pendidikan

Begini Apresiasi Bupati Safrial Saat Temui Putra Putri Terbaik Tanjab Barat yang Mengikuti Pendidikan Ikatan Dinas