indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Pemkab Batanghari Kembali Terima WTP Pelatihan Anyaman Purun Masuk Desa Diharapkan Meningkatkan Ekonomi dan Taraf Hidup Masyarakat Sekda Provinsi Jambi Buka Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Kapolres Muaro Jambi Terima Kunjungan Supervisi Slog Polri Antisipasi PMK, Peternak di Tanjab Barat Dihimbau Waspada

Home / Berita

Kamis, 3 Februari 2022 - 07:05 WIB

Hadir di Forum Konsultasi Publik RKPD 2023, Bupati Anwar Sadat Menyampaikan Ini

Bupati H Anwar Sadat buka Forum Konsultasi Publik RKPD Tanjab Barat 2023

Bupati H Anwar Sadat buka Forum Konsultasi Publik RKPD Tanjab Barat 2023

KUALA TUNGKAL – Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag menghadiri Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tanjung Jabung Barat Tahun 2023, di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Rabu (2/2/22).

Forum konsultasi publik RKPD Tanjung Jabung Barat 2023 turut dihadiri Ketua DPRD H. Abdullah, SE, Unsur forkopimda, Kepala BPS, Sekretaris Daerah, Asisten,  perwakilan Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Plt Kepala Bappeda Tanjab Barat, Kepala Bappeda Tanjab Timur, Kepala Bappeda Indragiri Hilir, Kepala OPD, Camat, Ketua Forum TJLSP, Ketua GOW, Ketua TP-PKK/ mewakili dan pihak lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Sawaluddin F. Tanjung, SG, M. Si mengatakan bahwa, tujuan dari forum konsultasi publik adalah untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Sementara Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat, M.Ag dalam sambutannya memyampaikan,  pelaksanaan forum konsultasi publik RKPD ini adalah salah satu tahapan untuk merumuskan rencana pembangunan tahunan dengan pendekatan partisipatif yaitu dengan melibatkan seluruh Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan pembangunan dari berbagai unsur Pemerintah dan masyarakat.

“Pertemuan tatap muka dengan seluruh pemangku kepentingan pembangunan dalam forum ini sangat penting. Artinya bagi masa depan pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Barat menuju Tanjung Jabung Barat berkah,” sebut Bupati.

BACA JUGA :  Pelatihan Anyaman Purun Masuk Desa Diharapkan Meningkatkan Ekonomi dan Taraf Hidup Masyarakat

Dalam kesempatan ini Bupati juga mengajak para Pemangku kepentingan dari Kabupaten – Kabupaten yang berbatasan lansung dengan Tanjung Jabung Barat, untuk bersama-sama membangun dan mendorong daerah perbatasan terutama dari sisi konektivitasnya, untuk pembangunan daerah perbatasan yang menjadi kewenangan Provinsi ataupun Pemerintah Pusat.

Menurut Bupati, bercermin pada kondisi capaian pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat hingga saat ini terlihat masih banyak permasalahan-permasalahan pembangunan yang masih di hadapi. Seperti jumlah tingkat kemiskinan masih diatas angka 10 persen (10,26 persen), tingkat pengangguran terbuka 2,16 persen, kualitas sumber daya manusia yang tidak meningkat dari tahun sebelumnya yang ditunjukan dengan indikator indeks pembangunan manusia ( IPM).

“Kemudian kesenjangan pembangunan secara fakta dialami dibeberapa Kecamatan. Pemenuhan dan kemantapan infrastruktur dasar masih belum cukup memadai, serta permasalahan-permasalahan lainnya,” ungkap Bupati.

Bupati juga menyampaikan berdasarkan permasalahan – permasalahan yang sedang dihadapi serta isu strategis yang sedang berkembang saat ini, maka penyusunan RKPD Kabupaten Tanjung

Jabung Barat Tahun 2023 ini, ditetapkan prioritas pengembangan yaitu Pembangunan infrastruktur penghubung (jalan dan jembatan penghubung antar desa, Kecamatan, dan Kabupaten).

BACA JUGA :  Pimpin Upacara Bulanan, Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Kasad 

Kemudian Peningkatan produktivitas perkebunan rakyat (perkebunan kelapa dalam, pinang, kopi, dan kelapa sawit), Pembangunan parawisata(membangun infrastruktur parawisata agar menjadi lebih baik), transformasi teknologi informasi dan komunikasi pada sektor UMKM(pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan daya saing produk UMKM).

“Hal lainnya Peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyelenggaraan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik yang efektif, efisien dan melayani, serta pengelolaan parawisata berkelanjutan,” sebut H Anwar Sadat.

Bupati berharap, agar prioritas-prioritas pembangunan tersebut secara implisit dapat memberikan gambaran untuk rumusan program atau kegiatan prioritas dalam RKPD Tahun 2023.

“Semoga usaha kita dalam membangun kabupaten tanjung jabung barat mendapat ridho dari Allah SWT,” pungkas H Anwar Sadat Bupati Tanjab Barat.

Dalam kegiatan Forum konsultasi Publik ini juga dilaksanakan Penandatanganan Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2023, penyampaian materi oleh Plt Kepala Bappeda Ir. H. Firdaus Khatab, M.M, dan diakhiri dengan diskusi bersama para peserta forum konsultasi publik rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2023.(*/Bas)

Share :

Baca Juga

Berita

Selama Operasi Patuh 2020, Satlantas Polres Tanjabbar Terbitkan 225 Surat Tilang dan 270 Teguran

Berita

Gubernur dan Bupati Tabur 25.000 Benih Ikan di Sungai Pengabuan

Advetorial

Maksimalkan Pelayanan, Menag Bagikan Lebih Awal Sovenir Perlengkapan Haji

Berita

Kapolres Tanjabbar Siap Jadi Relawan Disuntik Vaksin COVID-19 Pertama

Berita

Ruang Isolasi Pasien C-19 di Balai Adat Penuh

Berita

Dishub Lengkapi Pelabuhan Roro Kuala Tungkal dengan X-Ray

Berita

Setiap Hujan Deras Perumahan Namura Mendalo Jambi Kebanjiran

Berita

Ini Besaran Zakat Fitrah 1441 H/2020 M Kabupaten/Kota di Jambi