indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Bupati Muaro Jambi Terima Penghargaan dari Menkumham RI Sambut Imlek, Ditpolairud Polda Jambi Bersama Pengurus Kelenteng Gelar Gotong Royong Pelepasan Jenazah Pratu Baraza Prajurit TNI yang Gugur di Papua ke Jambi Tim Gabungan Sat Polairud Polres Tanjab Barat Goro di Kelenteng Masyarakat Kini Bisa Buat Paspor dengan Aplikasi M-Paspor

Home / Berita

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 08:21 WIB

Hari Santri di Jambi Diwarnai Lomba Video dan Risalah Santri, Ini Pemenangnya

Kegiatan peringatan Hari Santri Nasional di Aula Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi yang digelar dengan protokol kesehatan secara tatap muka dan virtual . (ANTARA/HO/Adrian)

Kegiatan peringatan Hari Santri Nasional di Aula Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi yang digelar dengan protokol kesehatan secara tatap muka dan virtual . (ANTARA/HO/Adrian)

JAMBI – Lomba video dan “Risalah Santri” mewarnai Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Jambi yang acara puncaknya digelar secara tatap muka dan virtual di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi, Jumat (22/10/21).

Para santri dari ratusan pondok pesantren di Provinsi Jambi berpartisipasi mengikuti lomba yang menguji dan menuntut kemahiran serta keuletan dalam membuat tayangan video maupun tulisan.

Empat tema lomba antara pondok pesantren itu adalah lomba “vaksin” atau tayangan video kegiatan kyai dengan santri, lomba “taslim”  yakni video ucapan Hari Santri Nasional, lomba “inkutu” atau membuat video narasi “andai aku menjadi siapa” serta terakhir “Risalah Santri” yang intinya membuat pesan dari santri untuk pemimpin.

BACA JUGA :  Warga Dua Desa di Kumpeh Ulu Cemas dengan Munculnya 2 Ekor Harimau

“Lomba membuat video ini untuk memberikan ruang kreatifitas dan unjuk kemampuan para santri secara positif. Melalui ajang ini mereka mengangkat aktivitas pondok pesantren masing-masing,” kata Kepala Seksi Pondok Pesantren Kemenag Provinsi Jambi H. M. Mujahid Al-Muhtaram di Jambi dikutip dari laman jambi.antaranews.com.

Dari hasil kompetisi adu kreasi video santri itu, Pondok Pesantren Zailul Islah Kabupaten Muaro Jambi menjadi yang terbaik kategori “Risalah Santri”.

Sedangkan pemenang lomba video “vaksin”  Pondok Pesantren Jauharul Fallah Al-Islami Kabupaten Muaro Jambi, lomba ‘taslim” di juarai Pondok Pesanten Jari Nabi Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta lomba ‘inkutu” diraih oleh Pondok Pesantren Darul Qiyam Kabupaten Kerinci.

BACA JUGA :  5 Tips Merawat Wajah Sebelum Tidur

“Kegiatan lomba digelar sejak beberapa waktu lalu, pesertanya dari 350-an pesantren yang ada di Provinsi Jambi ini,” kata Mujahid.

Selain di Kementerian Agama Provinsi Jambi, peringatan Hari Santri Nasional juga digelar oleh pemerintah kabupaten/kota di santri, serta pondok pesantren.

Salah satunya Pemkab Merangin yang menggelar upacara bendera memperingari Hari Santri Nasional.

Di Pemkab Tanjab Barat, hari ini Sabtu (23/10/21) peringatan Hari Santri digandeng dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Syaikh Utsman Tungkal, Kuala Tungkal.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Dukung Ketahanan Pangan, Persit Cabang XXVI Kodim 0419 Tanjab Tanam Hortikultura Cepat Panen

Berita

HUT TNI Ke-75, Polres Tanjabbar Berikan Kejutan Kepada Kodim 0419 Tanjab

Berita

Kapolres Tanjabbar Sambut dan Apresiasi Silaturahmi dan Audiensi PWI Tanjab Barat

Berita

Korem 042/Gapu Gelar Jumsih di Masjid Al-Falah Jambi

Berita

Jelang Ramadhan, Polres Tanjab Barat Gelar Rakor Mitigasi Covid-19 pada Penyaluran Gas Melon

Berita

SatPol PP Siap Amankan Pilkades Serentak

Berita

Kasrem 042/Gapu Terima Audiensi Menwa UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi

Berita

Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Jadi ke 64 Provinsi Jambi