LIVE
TNI Buka Pendaftaran Calon Perwira Prajurit Karir 2021 Lulusan D4-S1, Ini Persyaratan dan Ketentuannya Terungkap, Ini Identitas Mayat Perempuan Ditemukan di BTN Pelangi Jabung Raya Asri Kuala Tungkal Bupati Tanjab Barat Sambut Silaturrahmi Basarnas Provinsi Jambi Mulai Hari Ini, Polres Tanjab Barat Gelar Operasi Patuh 2021 Hadiri Penilaian Lomba Binter Tingkat Pusat, Danrem : Semoga Kodim 0415/Jambi Terbaik

Home / Berita

Kamis, 6 Mei 2021 - 12:06 WIB

Idul Fitri 1442 H Merupakan Lebaran Digital

Ilustrasi Video Call Keluarga Saat Momen Lebaran. FOTO : Istimewa

Ilustrasi Video Call Keluarga Saat Momen Lebaran. FOTO : Istimewa

TANJAB BARAT – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat Indonesia untuk melaksanakan silaturahmi lebaran Idul Fitri 1442 H secara virtual.

Hal itu menyikapai larangan warga Indonesia melakukan mudik Lebaran 2021 yang ditetapkan mulai hari ini 6-17 Mei 2021mendatang.

Saling memaafkan sangat bisa dilakukan lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lainnya. Lewat aplikasi-aplikasi tersebut, kita juga bisa menuliskan ucapan selamat Lebaran dan permintaan maaf.

BACA JUGA :  Tujuh Sindikat Pengedar Narkoba Jaringan Malaysia 117 Kg Sabu Diringkus

Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan bahwa langkah ini diambil ini guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Menurut Johnny, silaturahmi bersama keluarga maupun kerabat bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan platform digital.

“Kita canangkan bersama-sama melakukan Lebaran tahun ini sebagai Lebaran digital. Lebaran digital itu keren,” tutur Johnny dalam keterangan tertulis dari Kementerian Komnfo dikutip kompas.com, Kamis (06/05/21).

Johnny mengatakan bahwa silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi itu sendiri. Masyarakat justru bisa terhubung satu sama lain, khususnya bagi mereka yang tinggal di lokasi berbeda seperti luar kota atau kampung halaman.

BACA JUGA :  Waaster Kasdam VI/Mlw Tinjau Pelaksanaan TMMD ke-112 Kodim 1004/Kotabaru

“Merayakan acara hari besar hari Lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada,” imbuh Johnny.

Kominfo juga menyiapkan infrastruktur bandwidth jaringan internet yang mencukupi untuk menunjang perayaan Hari Raya Idul Fitri di tahun ini yang digelar secara virtual.

BACA JUGA :  Kesehatan Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST Obati Warga yang Terluka

Lebih lanjut, Johnny mengatakan bahwa Kominfo turut menggandeng sejumlah operator seluler untuk terus melakukan pengawasan jaringan (monitoring) dan memastikan pelanggan tetap terhubung dengan nyaman, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Kami juga menjaga agar komunikasi, ekspresi rasa dan sukacita dapat dilakukan di dalam ruang digital yang lebih baik di tahun ini,” pungkasnya.(Edt).

Share :

Baca Juga

Berita

Tim Gabungan TNI Polri dan Satgas Karhutla Lakukan Pemadaman Karhan di Desa Margo Rukun Senyerang

Berita

Himbauan SMAN 1 Tanjabbar Terkait Pesantren Ramadhan Siswa ‘The Class of 21 Great Party’

Berita

Dampak Corona, 314 JCH Tanjab Barat Gagal Berangkat

Berita

Ini 15 Finalis Lomba Menjahit Masker Merah Putih Polres Tanjab Barat

Berita

Ini Sederet Sanksi ASN yang Nekat Mudik Lebaran 2021

Berita

Ini Alasan Desa Labuhan Pering Jadi Sasaran TMMD 108 Kodim Tanjab

Berita

Jelang Tahun Baru Pelabuhan Mulai Ramai, Kapolres Tanjabbar Ajak Abang Ojek Tertib Ambil Penumpang

Berita

Esok Rakerda I SMSI Provinsi Jambi Digelar, Gubernur, Kapolda dan Danrem Dipastikan Hadiri