LIVETV
Danrem 042/Gapu Ikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi oleh TNI Jajaran Kodam II/Sriwijaya Polisi Kembali Ciduk Pentolan Geng Motor Kota Jambi Kejari Tanjab Barat Tahan Bos PT Jasmine Indah 15 Link Twibbon Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 2 Orang Pelaku Narkoba Bersenpi Diciduk Polisi, 11 Paket Sabu Siap Edar Disita




Home / Pendidikan

Selasa, 13 Juli 2021 - 12:59 WIB

Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan

Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan.

Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan.

PENDIDIKAN – Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bukanlah hal mudah. Ada banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan. Mulai dari jalur masuk hingga biaya kuliah. Salah satu jalur masuk perkuliahan yang diidamkan calon mahasiswa adalah beasiswa.

Beasiswa terdiri atas beberapa jenis. Hal itu bisa dilihat berdasarkan sumber pembiayaan, instansi penyelenggara, dan cara pendaftaran.

Berdasarkan sumber pembiayaannya, setidaknya ada lima jenis beasiswa yang perlu kamu ketahui. Berikut ini lima jenis sumber pembiayaan beasiswa yang bisa membantu kamu untuk kuliah, yang dirangkum dalam ulasan berikut dari Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau. Simak yuk!

1. Beasiswa dari pemerintah

Sebagai penyelenggara negara, pemerintah memiliki tanggung jawab di bidang pendidikan. Oleh karena itu, terdapat ragam beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya, bisa kamu ikuti dengan melengkapi syarat-syarat yang berlaku. Salah satu beasiswa yang dibiayai pemerintah adalah beasiswa LPDP, yang berasal dari Kementerian Keuangan. Program beasiswa ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Tinjau Tempat Pengelolaan Limbah Sampah Desa Dataran Kempas

2. Beasiswa swasta

Tak hanya pemerintah, perusahaan swasta juga berkontribusi dalam dunia pendidikan. Sebagian beasiswa yang ditawarkan berwujud program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut. Program beasiswa ini tidak hanya ditujukan untuk karyawan, namun juga terbuka untuk umum, sehingga bagi para calon mahasiswa juga bisa mendaftarkan diri dan memenuhi syarat pendaftaran. Beberapa contoh beasiswa swasta adalah Beasiswa Djarum, Tanoto Foundation, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  Pajak Kendaraan Dinas Tak Terbayar, Rajiun : OPD Kita Anggap Lalai

3. Beasiswa dari negara maju atau donor

Beasiswa negara maju menjadi salah satu jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya. Jenis beasiswa ini bekerja sama dengan eksklusif antara negara maju dengan negara berkembang, dalam bentuk pendidikan dan kesejahteraan sosial. Selain untuk menyediakan sarana pendidikan bagi pelajar, beasiswa ini juga bertujuan menggali potensi negara berkembang. Beberapa program beasiswa ini di antaranya Beasiswa Chevening dari Inggris dan Fullbright dari Amerika Serikat.

4. Beasiswa dari komunitas, organisasi, atau yayasan

Beasiswa juga ditawarkan oleh organisasi, yayasan, atau komunitas yang peduli terhadap pendidikan. Umumnya, mereka memiliki latar belakang sosial dan akademik sama. Oleh karena itu, jenis beasiswa ini biasanya selaras dengan nilai-nilai yang mereka utamakan. Contohnya, Beasiswa Habibie Center.

BACA JUGA :  Bupati Tanjabbar Resmikan Ruko dan Unit Usaha BUMDes Dataran Kempas

5. Beasiswa dari perguruan tinggi

Tak hanya dari organisasi, yayasan, atau instansi lainnya, beasiswa juga tak jarang diberikan oleh perguruan tinggi. Umumnya, beasiswa perguruan tinggi terdiri atas beasiswa prestasi dan nonprestasi. Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan jalur beasiswa adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Itulah lima jenis-jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan. Kamu salah satu calon mahasiswa yang sedang mencari beasiswa?

Di Institut Teknologi Batam (ITEBA) juga bisa menjadi jawaban, sebab tersedia dua pilihan beasiswa bagi para calon mahasiswa, yaitu beasiswa akademik dan nonakademik. Cek syarat & ketentuannya dalam ulasan ini, atau kunjungi situs ITEBA pada https://iteba.ac.id dan ketahui lebih jauh tentang #ImproveOurCompetence.

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Kepala Sekolah Di Batang Hari Dilatih Kelola Sekolah Secara Efektif Oleh Tanoto Foundation

Pendidikan

Siswa Peserta ‘The Class Of 21 Agregat Party’ Ikuti Pesantren Ramadhan

Pendidikan

Momen Bahagia Danrem 042/Gapu Memindahkan Tali Toga Putrinya Diwisuda Secara Virtual

Pendidikan

120 Guru di Tanjab Barat Ikuti Pelatihan Program PINTAR

Pendidikan

Guru dan Kepsek di Tanjab Barat Berinovasi di Tengah Pandemi

Pendidikan

Kabut Asap Tebal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjab Barat Liburkan Sekolah TK dan SD

Pendidikan

Tahun Ini, Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa Tergantung Kebijakan Sekolah.

Pendidikan

Sekolah di Tanjab Barat Pamer Keberhasilan Modul I MBS