indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Masa Reses ke III Warga Kelurahan Tungkal III Menyampaikan Ini ke Hasbi Buntut Mogok Belajar, Komisi I DPRD Sidak ke SMAN 3 Muaro Jambi Dikunjungi Jamal, Warga Minta Rehab Jembatan Mangrove dan Pembangunan Jalan 800 Meter Pimpin Rapat Kerja, Pj Bupati Muaro Jambi Soroti Disiplin PNS yang Tak Pernah Ditindaklanjuti Polsek Maro Sebo Laksanakan Vaksinasi Booster di Desa Candi Muaro Jambi

Home / Pendidikan

Selasa, 13 Juli 2021 - 12:59 WIB

Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan

Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan.

Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan.

PENDIDIKAN – Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bukanlah hal mudah. Ada banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan. Mulai dari jalur masuk hingga biaya kuliah. Salah satu jalur masuk perkuliahan yang diidamkan calon mahasiswa adalah beasiswa.

Beasiswa terdiri atas beberapa jenis. Hal itu bisa dilihat berdasarkan sumber pembiayaan, instansi penyelenggara, dan cara pendaftaran.

Berdasarkan sumber pembiayaannya, setidaknya ada lima jenis beasiswa yang perlu kamu ketahui. Berikut ini lima jenis sumber pembiayaan beasiswa yang bisa membantu kamu untuk kuliah, yang dirangkum dalam ulasan berikut dari Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau. Simak yuk!

1. Beasiswa dari pemerintah

Sebagai penyelenggara negara, pemerintah memiliki tanggung jawab di bidang pendidikan. Oleh karena itu, terdapat ragam beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya, bisa kamu ikuti dengan melengkapi syarat-syarat yang berlaku. Salah satu beasiswa yang dibiayai pemerintah adalah beasiswa LPDP, yang berasal dari Kementerian Keuangan. Program beasiswa ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia.

BACA JUGA :  Derita Petani di Muaro Jambi, Tak Ada Jembatan Angkut Sawit Pakai Sampan

2. Beasiswa swasta

Tak hanya pemerintah, perusahaan swasta juga berkontribusi dalam dunia pendidikan. Sebagian beasiswa yang ditawarkan berwujud program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut. Program beasiswa ini tidak hanya ditujukan untuk karyawan, namun juga terbuka untuk umum, sehingga bagi para calon mahasiswa juga bisa mendaftarkan diri dan memenuhi syarat pendaftaran. Beberapa contoh beasiswa swasta adalah Beasiswa Djarum, Tanoto Foundation, dan masih banyak lagi.

3. Beasiswa dari negara maju atau donor

Beasiswa negara maju menjadi salah satu jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya. Jenis beasiswa ini bekerja sama dengan eksklusif antara negara maju dengan negara berkembang, dalam bentuk pendidikan dan kesejahteraan sosial. Selain untuk menyediakan sarana pendidikan bagi pelajar, beasiswa ini juga bertujuan menggali potensi negara berkembang. Beberapa program beasiswa ini di antaranya Beasiswa Chevening dari Inggris dan Fullbright dari Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Ratusan CPNS Memilih Mengundurkan Diri, BKN Ungkap Alasannya

4. Beasiswa dari komunitas, organisasi, atau yayasan

Beasiswa juga ditawarkan oleh organisasi, yayasan, atau komunitas yang peduli terhadap pendidikan. Umumnya, mereka memiliki latar belakang sosial dan akademik sama. Oleh karena itu, jenis beasiswa ini biasanya selaras dengan nilai-nilai yang mereka utamakan. Contohnya, Beasiswa Habibie Center.

5. Beasiswa dari perguruan tinggi

Tak hanya dari organisasi, yayasan, atau instansi lainnya, beasiswa juga tak jarang diberikan oleh perguruan tinggi. Umumnya, beasiswa perguruan tinggi terdiri atas beasiswa prestasi dan nonprestasi. Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan jalur beasiswa adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Itulah lima jenis-jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan. Kamu salah satu calon mahasiswa yang sedang mencari beasiswa?

Di Institut Teknologi Batam (ITEBA) juga bisa menjadi jawaban, sebab tersedia dua pilihan beasiswa bagi para calon mahasiswa, yaitu beasiswa akademik dan nonakademik. Cek syarat & ketentuannya dalam ulasan ini, atau kunjungi situs ITEBA pada https://iteba.ac.id dan ketahui lebih jauh tentang #ImproveOurCompetence.

Share :

Baca Juga

Pendidikan

SMPN 2 Kuala Tungkal Raih Beberapa Juara Pada Festival SBN TJB 2019

Pendidikan

Buku Saku 110 Pertanyaan dan Jawaban Lengkap dari Kemdikbud Seputar Kurikulum Merdeka

Pendidikan

Kemendikbud: Madrasah dan Pesantren Tak Wajib Patuhi SKB 3 Menteri

Pendidikan

Sebanyak 266 Siswa SMAN 1 Tanjab Barat Lulus 100 Persen

Pendidikan

Tingkatkan Prestasi Siswa, Fasilitator Lokal Program STEP Siap Kembangkan Potensi Sekolah

Pendidikan

Prestasi di Tengah Pandemi, Program Studi DKV ITEBA Raih Akreditasi Baik dari BAN-PT

Pendidikan

IGI Gandeng BPBD dan PetroChina Simulasi Penyelamatan Bencana Bagi Anak Usia Dini

Pendidikan

Mahasiswa Baru di FEBI UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Mencapai Target