LIVE
Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo, TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok Dansatgas TMMD ke-112 Kodim 1002/HST Tinjau Perbaikan Jembatan Panglima TNI : Apresiasi Warga Jambi Pengetatan PPKM Level IV Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 Link Twibbon Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke 50 Tahun 2021 Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi

Home / Berita

Jumat, 3 Januari 2020 - 18:15 WIB

Kapolres Tanjabbar Hadiri Upacara Peringatan HAB Kemenag ke 74

FOTO : Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, SIK, MH bersama Kamenag Tanjab Barat H. Hasbi, M.Pd.I,  Bupati Dr. H. Safrial pada Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 di Halaman Kantor Kemenag, Jumat (03/01/20)

FOTO : Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, SIK, MH bersama Kamenag Tanjab Barat H. Hasbi, M.Pd.I,  Bupati Dr. H. Safrial pada Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 di Halaman Kantor Kemenag, Jumat (03/01/20)

KUALA TUNGKAL – Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, SIK, MH mengahadiri upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama Tanjung Jabung Barat Tahun 2020 di Halaman Kantor Kemenag, Jumat (03/01/20).

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. H. Safrial. Turut dihadiri Ketua DPRD Mulyani Siregar, Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, Sekretaris Daerah H. Agus Sanusi, Kamenag Tanjab Barat H. Hasbi, M.Pd.I, pegawai Kamenag para guru dan siswa siswi Madrasah serta undangan lainnya.

Membacakan Amanat Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal (PURN TNI) Fachrul Razi, Bupati Safrial menyampaiakn peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa, danpenghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

BACA JUGA :  Dantasgas TMMD Ke-112 Kodim HST Meninjau Perpustakaan Keliling

“Kita semua bisa berdiri ditempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu” tegas Bupati Safrial dalam sambutannya.

H. Safrial mengajak kepada semua jajaran pemerintahan dan lapisan masyarakat untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama, hal ini sejalan dengan tema Hari Amal Bakti ke 73 Kementerian Agama Tahun 2020 “Umat Rukun, Indonesia Maju”.

BACA JUGA :  Link Twibbon Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke 50 Tahun 2021

Menurut Menag, kerukunan umat beragama merupakan modal penting dalam membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

“Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional” ujar Safrial membacakan sambutan Menag.

Dua teori tersebut, teori integrasi yaitu penyatuan antara agama dengan negara dan teori sekularisasi yaitu, pemisahan agama dengan negara. Para founding fathers negara kemudian mengenalkan teori alternatif  yaitu teori akomodasi, menyangkut hubungan agama dan negara.

‘’Saya tegaskan bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan. Apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam ‘satu kotak’ untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,’’tegas Bupati.

BACA JUGA :  ASN Dikerahkan Jumsih di Kawasan WFC, Wabup : Agar Lebih Indah dan Tertata

Safrial dalam sambutannya juga ingatkan tugas utama Kementerian Agama dalam membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik.Selain itu ia juga ingatkan untuk meningkatkan percepatan pelayanan masyarakat dengan tetap mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.

Pada upacara HAB ke 73 ini Bupati secara simbolis ditanja untuk menyematkan Anugerah Penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 6 orang Pegawai Kementerian Agama Tanjung Jabung Barat atas pengabdiannya selama 30 Tahun Priode Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Kafilah Tanjab Barat Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ Ke 49 Provinsi Jambi di Bungo

Berita

Kapendam V/Brawijaya : Berita Kasdim 0817/Gresik Meninggal Karena Vaksin Covid-19 Hoax

Berita

Wujudkan Pilkada 2020 yang SEHATI, Polres Tanjabbar Gelar Silaturrahmi dan Dialog Bersama Tokoh Lintas Agama dan Suku Bangsa

Berita

Tindak Lanjut Pertanggung Jawaban PT SMGP, Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Kunjungi Mandailing Natal

Berita

Kunjungi Tempat Keramaian dan Wisat Kuliner, Kapolres dan Dandim Tanjab Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Berita

Keberangkatan 313 JCH Tanjabbar Terancam Ditunda

Berita

Waspada, BMKG Sebut Jambi Masih Berpotensi Hujan Lebat

Berita

Danrem 042 Gapu Berikan Wasbang pada Kader PMII dan Ratusan Santri Ponpes Manarul Huda Batanghari