LIVE TV
Bangunan Tugu Juang Ini Jadi Tempat Hiburan Nank-anak Perosotan Gelombang Tinggi, HNSI Minta Instansi Terkait Beri Solusi Kepada Nelayan Dinsos Klaim Tidak Pernah Terima Bantuan dari Ihsan Yunus Tanjabbar Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan dan Guru Polres Tanjab Barat Mulai Masif Lakukan Pengawasan Prokes Covid-19

Home / Pilkada

Selasa, 24 November 2020 - 18:05 WIB

KPU Tanjabbar Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

FOTO : Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi, Menunjukan Surat Suara yang Rusak Ketika Melaksanakan Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum'at (20/11/20).

FOTO : Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi, Menunjukan Surat Suara yang Rusak Ketika Melaksanakan Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum'at (20/11/20).

KUALA TUNGKAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat saat ini telah menerima surat suara yang datang, Minggu 15 November 2020 lalu dan kini telah rampung dilakukan pelipatan.

Total ada 217.232 surat suara yang diterima KPU Tanjab Barat. Jumlah ini sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari total DPT dan ditambah lagi dua ribu surat suara untuk pemilu ulang.

BACA JUGA :  Polres Tanjab Barat Mulai Masif Lakukan Pengawasan Prokes Covid-19

Dari jumlah tersebut, pihaknya menemukan ribuan surat suara yang rusak. Kerusakan surat suara pun bentuknya bermacam-macam. Mulai dari gambar surat suara yang buram akibat luntur, hingga sobek.

Proses pelipatan sendiri disaksikan oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jambi, M Sanusi, pihak Kepolisian dan Bawaslu Tanjab Barat.

Ketua KPU Tanjabbar Hairuddin dikonfirmmasi membenarkan adanya ribuan suarat suara yang rusak. Hal itu kata dia diketahui dalam proses penyortiran dan pelipatan sejak Jumat 20 November di Gudang Logistik KPU Tanjab Barat.

BACA JUGA :  Nah, Vietnam akan Luncurkan 3 Mobnas Listrik, Indonesia?

“Surat Suara untuk Pilbub terdapat 1.506 surat suara, rampung dilipat 215.263. akibar kerusakan maka kekurangan sebanyak 1.969 surat suara Pilbup,” urani Hairuddin, Selasa (23/11/20).

Sementara untuk surat suara rusak Pilgub Jambi sebanyak 1.525. Sedangkan yang rampung dilipat sebanyak 213.647 lembar.

BACA JUGA :  Dinsos Klaim Tidak Pernah Terima Bantuan dari Ihsan Yunus

“Sehingga dengan adanya kerusakan ini surat suara untuk Pilgub Jambi terjadi kekurangan sebanyak 3.585 lembar,” jelasnya.

Terkait surat suara yang rusak itu, Hairuddin mengatakan telah disimpan di Gudang KPU Tanjabbar.

“Selanjutnya terhadap surat suara Pilgub yang rusak, kita akan Surati KPU Provinsi. Nanti provinsi yang menyurati pihak percetakannya. Sedangkan surat suara Pilbup, kita langsung yang menyurati ke percetakannya untuk dilakukan penggantian,” tandasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

Diusung PKS, Berkarya dan PKB; Pasangan Al Haris-Sani Semakin di Atas Angin di Pilgub Jambi

Berita

Bawaslu Tanjab Barat Gelar Rapat Pembinaan SDM Pengawasan

Pilkada

213 Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020 Terima SK Rekomendasi dari PKS

Pilkada

CE-Ratu Pastikan Gugat Hasil Pilgub Jambi ke MK

Pilihan Editor

Bupati Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020

Pilkada

Antisipasi Kebocoran Soal, Polres Tanjabbar dan Bawaslu Kawal Penggandaan Soal Tes Tertulis Calon PPS oleh KPU

Pilkada

Pilgub Jambi 2020 : Arena Pertarungan Para Bupati dan Wali Kota Bahkan Gubernur Petahana

Pilkada

KPU Tetapkan Anwar Sadat-Hairan, Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat Terpilih