LIVE TV
Siaga Karhutla, Kapolsek Tebing Tinggi Lakukan Pemantauan Via Menara Api di Distrik I PT WKS Terduga Pelaku Pembunuhan Plt Kepala BPBD Merangin Ditangkap HUT RI ke-76 Sudah Dekat, Ini 25 Link Twibbon Ucapan yang Menarik SKK Migas-PetroChina Raih Empat Penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan dan Pemprov Jambi Besok, Ada Pemadaman Listrik Untuk Empat Kecamatan Ini

Home / Pilkada

Selasa, 24 November 2020 - 18:05 WIB

KPU Tanjabbar Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

FOTO : Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi, Menunjukan Surat Suara yang Rusak Ketika Melaksanakan Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum'at (20/11/20).

FOTO : Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi, Menunjukan Surat Suara yang Rusak Ketika Melaksanakan Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum'at (20/11/20).

KUALA TUNGKAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat saat ini telah menerima surat suara yang datang, Minggu 15 November 2020 lalu dan kini telah rampung dilakukan pelipatan.

Total ada 217.232 surat suara yang diterima KPU Tanjab Barat. Jumlah ini sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari total DPT dan ditambah lagi dua ribu surat suara untuk pemilu ulang.

Dari jumlah tersebut, pihaknya menemukan ribuan surat suara yang rusak. Kerusakan surat suara pun bentuknya bermacam-macam. Mulai dari gambar surat suara yang buram akibat luntur, hingga sobek.

BACA JUGA :  Warning Terbaru WHO Soal Bahayanya Rokok Elektrik

Proses pelipatan sendiri disaksikan oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jambi, M Sanusi, pihak Kepolisian dan Bawaslu Tanjab Barat.

Ketua KPU Tanjabbar Hairuddin dikonfirmmasi membenarkan adanya ribuan suarat suara yang rusak. Hal itu kata dia diketahui dalam proses penyortiran dan pelipatan sejak Jumat 20 November di Gudang Logistik KPU Tanjab Barat.

“Surat Suara untuk Pilbub terdapat 1.506 surat suara, rampung dilipat 215.263. akibar kerusakan maka kekurangan sebanyak 1.969 surat suara Pilbup,” urani Hairuddin, Selasa (23/11/20).

BACA JUGA :  Terduga Pelaku Pembunuhan Plt Kepala BPBD Merangin Ditangkap

Sementara untuk surat suara rusak Pilgub Jambi sebanyak 1.525. Sedangkan yang rampung dilipat sebanyak 213.647 lembar.

“Sehingga dengan adanya kerusakan ini surat suara untuk Pilgub Jambi terjadi kekurangan sebanyak 3.585 lembar,” jelasnya.

Terkait surat suara yang rusak itu, Hairuddin mengatakan telah disimpan di Gudang KPU Tanjabbar.

“Selanjutnya terhadap surat suara Pilgub yang rusak, kita akan Surati KPU Provinsi. Nanti provinsi yang menyurati pihak percetakannya. Sedangkan surat suara Pilbup, kita langsung yang menyurati ke percetakannya untuk dilakukan penggantian,” tandasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Pilihan Editor

Bupati Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020

Pilkada

Penetapan Paslon Bupati Terpilih, KPU Tunggu Surat Resmi dari MK

Pilkada

Malam Ini KPU akan Tertibkan APK Paslon

Pilkada

Penghitungan Aplikasi Sirekap KPU Provinsi Jambi Sudah 100 Persen, Haris-Sani Unggul

Pilkada

Polres dan Kodim Bergotong Royong Sosialisasi Pilkada Damai dan Sehat di Tengah Pandemi Covid di Dua Kecamatan Terisolir

Pilkada

KPU Tetapkan Anwar Sadat-Hairan, Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat Terpilih

Berita

Yuk! Daftar PPS, KPU Lagi Perpanjang Masa Pendaftaran

Pilkada

Esok, Pasangan Mulyani-Amin Akan Mendaftar ke KPU