LIVETV
BMKG Jambi Keluarkan Peringatan Dini Cuaca 7 Desember 2021 Untuk Wilayah Ini Saat Nataru, Lokasi Wisata Diminta Mengedepankan Prokes Polisi tetapkan Ayah dan Anak Tersangka Pembunuhan Mayat Terikat Tali di Bungo Polda Jambi Terima Bantuan 1 Unit Mobil PCR dari Pusdokkes Mabes Polri Aidi Hatta Imbau Warga Kunjungi Objek Wisata Kabupaten Sendiri

Home / Pilkada

Selasa, 24 November 2020 - 18:05 WIB

KPU Tanjabbar Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

FOTO : Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi, Menunjukan Surat Suara yang Rusak Ketika Melaksanakan Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum'at (20/11/20).

FOTO : Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan M Sanusi, Menunjukan Surat Suara yang Rusak Ketika Melaksanakan Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jum'at (20/11/20).

KUALA TUNGKAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat saat ini telah menerima surat suara yang datang, Minggu 15 November 2020 lalu dan kini telah rampung dilakukan pelipatan.

Total ada 217.232 surat suara yang diterima KPU Tanjab Barat. Jumlah ini sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari total DPT dan ditambah lagi dua ribu surat suara untuk pemilu ulang.

BACA JUGA :  Debu Mengancam Kesehatan Masyarakat, Ivan Wirata Gandeng Stakeholder Penanganannya

Dari jumlah tersebut, pihaknya menemukan ribuan surat suara yang rusak. Kerusakan surat suara pun bentuknya bermacam-macam. Mulai dari gambar surat suara yang buram akibat luntur, hingga sobek.

Proses pelipatan sendiri disaksikan oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jambi, M Sanusi, pihak Kepolisian dan Bawaslu Tanjab Barat.

Ketua KPU Tanjabbar Hairuddin dikonfirmmasi membenarkan adanya ribuan suarat suara yang rusak. Hal itu kata dia diketahui dalam proses penyortiran dan pelipatan sejak Jumat 20 November di Gudang Logistik KPU Tanjab Barat.

BACA JUGA :  Seorang Petani di Tanjabbar Meninggal Setelah Diserang Lebah Liar

“Surat Suara untuk Pilbub terdapat 1.506 surat suara, rampung dilipat 215.263. akibar kerusakan maka kekurangan sebanyak 1.969 surat suara Pilbup,” urani Hairuddin, Selasa (23/11/20).

Sementara untuk surat suara rusak Pilgub Jambi sebanyak 1.525. Sedangkan yang rampung dilipat sebanyak 213.647 lembar.

BACA JUGA :  Vaksinasi Covid-19 Dosis 3 Berbayar Dimulai Januari 2022, Segini Harganya

“Sehingga dengan adanya kerusakan ini surat suara untuk Pilgub Jambi terjadi kekurangan sebanyak 3.585 lembar,” jelasnya.

Terkait surat suara yang rusak itu, Hairuddin mengatakan telah disimpan di Gudang KPU Tanjabbar.

“Selanjutnya terhadap surat suara Pilgub yang rusak, kita akan Surati KPU Provinsi. Nanti provinsi yang menyurati pihak percetakannya. Sedangkan surat suara Pilbup, kita langsung yang menyurati ke percetakannya untuk dilakukan penggantian,” tandasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Info Penting

Hari ke 4 Bawaslu Tanjab Barat Terima 54 Berkas Pendaftar Panwascam

Berita

KPU Tanjab Barat Musnahkan Ratusan Soal Tes Tertulis Calon Anggota PPK

Pilkada

Hari Ini PDIP Umumkan Dukungan Kepada 75 Paslon Pilkada 2020  Via Teleconference

Politik

Alasan Ini, H. Bakri Mundur dari Bursa Pilgub Jambi

Pilkada

Kampanye Pilkada 2020 Bertema Penanganan Covid-19

Pilkada

Wabup Amir Sakib Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2020

Pilkada

KPU Jambi Beri Tiga Hari Untuk Paslon Ajukan Gugatan Terkait Penetapan Perolehan Suara

Berita

130 Calon PPK Lulus Tes Tertulis Lanjut Tes Wawancara