LIVE
Pemkab Tanjab Barat Gelar Rapat Kerja dengan 57 Perusahaan Forum TJSLP Kapolda Jambi Apresiasi Terlaksananya Vaksinasi Massal Alumni Akabri 1998 Nawahasta RS Bratanata Jambi Resmi Naik Status Danone Indonesia Bersama Kemendikbudristek Dukung Percepatan Vaksinasi PTK dan Peserta Didik Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Kenaikan Status Rumkit Bratanata Jambi

Home / Tanjab Barat

Kamis, 19 November 2020 - 12:35 WIB

Lestarikan Permainan Tradisional, Gasing Kini Jadi Koleksi di Moseum Pajang Balai Adat Tanjab Barat

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

KUALA TUNGKAL – Permainan tradisional Gasing yang memiliki nilai budaya yang tinggi, saat ini semakin ditinggalkan oleh masyarakat, agar tidak hilang oleh perkembangan zaman perlu upaya yang serius dari semua pihak.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kab. Tanjab Barat Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

BACA JUGA :  Terungkap, Ini Identitas Mayat Perempuan Ditemukan di BTN Pelangi Jabung Raya Asri Kuala Tungkal

“Kita sangat memberikan apresiasi kepada para pemain/pelestari gasing di pedesaan yang sampai saat ini masih giat menjaga dan melestarikannya. Tak terkecuali kepada pihak-pihak yang terlibat dalam memperkenalkan gasing kepada para generasi muda sebagai permainan budaya daerah kuhusnya warga Tungkal V Seberang Kota,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kapolda Jambi Apresiasi Terlaksananya Vaksinasi Massal Alumni Akabri 1998 Nawahasta

Selanjutnya, Plt. Kabid Kebudayaan mengatakan bahwa gasing tersebut akan diletakkan di Museum Pajang Balai Adat Kab. Tanjung Jabung Barat.

Menurutnya balai adat memang sedang gencar mengumpulkan benda-benda yang bermanfaat dan bersejarah yang diperlukan untuk museum pajang.

“Kami berterima kasih kepada Datuk yang telah suka rela memberikannya, smoga kedepannya lebih banyak koleksi tambahan bagi balai adat,” uunarnya.

BACA JUGA :  Pemkab Tanjab Barat Gelar Rapat Kerja dengan 57 Perusahaan Forum TJSLP

Sementara Datuk Razakni menjelaskan bahwa sepasang gasing yang diberikan tersebut  merupakan gasing pemasang dan gasing pemangkah yang digunakan dalam permainan tradisional di Kecamatan Seberang Kota.

“Permainan ini sudah lama dimainkan disini dan sampai sekarang masih sering diperlombakan,” jelasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

ASRI Media Grup Berikan Bantuan ke Pusat Pengajian Al-Qur’an As-Syaatibi Kuala Tungkal

Tanjab Barat

KPU Tanjab Barat Hibahkan 708 Thermo Gun ke Pemkab

Tanjab Barat

TMMD di Tanjab Barat, Dandim : Kita Sedang Finalkan Anggaran dengan Pemkab

Tanjab Barat

Bappeda Tanjab Barat Gelar Forum TJSLP 2020 via Zoom Meeting

Covid-19

Update 23 Juni ; Pasien Positif Covid-19 di Tanja Barat Bertambah 1 orang

Tanjab Barat

731 Sapi Disiapkan Jadi Hewan Kurban di Tanjab Barat

Tanjab Barat

Tim Gabungan Turunkan APK Pakai Crane

Tanjab Barat

KPU Tanjab Barat Gelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Rekapitulasi Suara Pilkada 2020