LIVE TV
DPC Demokrat Tanjab Barat Sebut Seluruh Kader Solid Dukung Kepemimpinan AHY Ini Dia Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri Tanda Tangani Pakta Integritas, Danrem Gapu Berharap Dapat Menghasilkan Prajurit yang Berkualitas Ingin Membuat CV yang Stand Out? Coba 5 Rekomendasi Situs Ini! Bupati Tanjabbar Minta Masyarakat Tak Usah Takut Divaksin Covid-19

Home / Tanjab Barat

Kamis, 19 November 2020 - 12:35 WIB

Lestarikan Permainan Tradisional, Gasing Kini Jadi Koleksi di Moseum Pajang Balai Adat Tanjab Barat

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

KUALA TUNGKAL – Permainan tradisional Gasing yang memiliki nilai budaya yang tinggi, saat ini semakin ditinggalkan oleh masyarakat, agar tidak hilang oleh perkembangan zaman perlu upaya yang serius dari semua pihak.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kab. Tanjab Barat Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

BACA JUGA :  Bupati Tanjabbar Minta Masyarakat Tak Usah Takut Divaksin Covid-19

“Kita sangat memberikan apresiasi kepada para pemain/pelestari gasing di pedesaan yang sampai saat ini masih giat menjaga dan melestarikannya. Tak terkecuali kepada pihak-pihak yang terlibat dalam memperkenalkan gasing kepada para generasi muda sebagai permainan budaya daerah kuhusnya warga Tungkal V Seberang Kota,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Bupati Tanjabbar Sambut Hangat Kunker Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahaya Murni

Selanjutnya, Plt. Kabid Kebudayaan mengatakan bahwa gasing tersebut akan diletakkan di Museum Pajang Balai Adat Kab. Tanjung Jabung Barat.

Menurutnya balai adat memang sedang gencar mengumpulkan benda-benda yang bermanfaat dan bersejarah yang diperlukan untuk museum pajang.

“Kami berterima kasih kepada Datuk yang telah suka rela memberikannya, smoga kedepannya lebih banyak koleksi tambahan bagi balai adat,” uunarnya.

BACA JUGA :  Ini Beberapa Hal Disampaikan Anwar Sadat Kepada Pj Gubernur Jambi

Sementara Datuk Razakni menjelaskan bahwa sepasang gasing yang diberikan tersebut  merupakan gasing pemasang dan gasing pemangkah yang digunakan dalam permainan tradisional di Kecamatan Seberang Kota.

“Permainan ini sudah lama dimainkan disini dan sampai sekarang masih sering diperlombakan,” jelasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Satgas Covid-19 Tanjabbar Monitoring dan Evaluasi Kesiapan Launching PPKM Skala Mikro Kampung Tangguh Siginjai

Tanjab Barat

Ditemukan Penderita Gizi Buruk di Tanjab Barat, Begini Kata Komnas PA

Covid-19

Hingga Hari Ini, 13 Karyawan PetroChina Positif Terkonfirmasi Covid-19

Tanjab Barat

Dinsos ; 3.920 KK di Tanjabbar Akan Terima Bantuan Sosial

Tanjab Barat

SMP Negeri 2 Kuala Tungkal Gelar Simulasi Persiapan Sekolah Tatap Muka di Masa Pandami

Covid-19

Bertambah 3, Pasien Positif Covid-19 di Tanjab Barat Jadi 9 Orang

Tanjab Barat

Waduh, Banyak ASN di Tanjabbar Ajukan Pindah

Tanjab Barat

Sekda Tanjab Barat Belum Terima Surat Penunjukan Plh Bupati