indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Cara Setting Chat WhatsApp Langsung Hilang Setelah Dibaca BREAKING NEWS : Pria Dewasa di Temukan Tidak Bernyawa di Kamar Hotel Yello Dinkes Provinsi Jambi Ungkap Penyebab Kasus Stunting Masih Tinggi 4 Nama Ini Berpeluang Gantikan Posisi Tjahjo Kumolo Sebagai Menpan-RB Sebanyak 46 Jamaah Calon Haji Indonesia Dipulangkan ke Tanah Air

Home / Tanjab Barat

Kamis, 19 November 2020 - 12:35 WIB

Lestarikan Permainan Tradisional, Gasing Kini Jadi Koleksi di Moseum Pajang Balai Adat Tanjab Barat

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

KUALA TUNGKAL – Permainan tradisional Gasing yang memiliki nilai budaya yang tinggi, saat ini semakin ditinggalkan oleh masyarakat, agar tidak hilang oleh perkembangan zaman perlu upaya yang serius dari semua pihak.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kab. Tanjab Barat Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

BACA JUGA :  Sedan dan Pajero Terlibat Tabrakan di Kota Jambi, Begini Kondisinya

“Kita sangat memberikan apresiasi kepada para pemain/pelestari gasing di pedesaan yang sampai saat ini masih giat menjaga dan melestarikannya. Tak terkecuali kepada pihak-pihak yang terlibat dalam memperkenalkan gasing kepada para generasi muda sebagai permainan budaya daerah kuhusnya warga Tungkal V Seberang Kota,” imbuhnya.

Selanjutnya, Plt. Kabid Kebudayaan mengatakan bahwa gasing tersebut akan diletakkan di Museum Pajang Balai Adat Kab. Tanjung Jabung Barat.

Menurutnya balai adat memang sedang gencar mengumpulkan benda-benda yang bermanfaat dan bersejarah yang diperlukan untuk museum pajang.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Pria Dewasa di Temukan Tidak Bernyawa di Kamar Hotel Yello

“Kami berterima kasih kepada Datuk yang telah suka rela memberikannya, smoga kedepannya lebih banyak koleksi tambahan bagi balai adat,” uunarnya.

Sementara Datuk Razakni menjelaskan bahwa sepasang gasing yang diberikan tersebut  merupakan gasing pemasang dan gasing pemangkah yang digunakan dalam permainan tradisional di Kecamatan Seberang Kota.

“Permainan ini sudah lama dimainkan disini dan sampai sekarang masih sering diperlombakan,” jelasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Cegah Stunting, Desa Pinang Gading Prioritaskan Ketersediaan Air Bersih

Tanjab Barat

Terpilih Secara Aklamasi, Jamal Darmawan Kembali Nakhodai TI Tanjab Barat 2022-2026

Tanjab Barat

Kebun Cabai Percontohan di Tebing Tinggi Raup Rupiah 80 Juta

Tanjab Barat

Puncak Hari Pramuka ke-61 Akan Dilaksanakan di Lapangan Persitaj

Tanjab Barat

Desa Tanjung Paku Kebanjiran, 36 KK Terdampak Akses ke Desa Lumpuh Total

Tanjab Barat

Wabup Perintahkan Satpol PPP Patroli di Kawasan WFC

Tanjab Barat

Naik Status Siaga Karhutla, BPBD Imbau Masyarakat Tak Bakar Lahan

Tanjab Barat

Bupati Safrial Harap Pengelolaan DAS Pengabuan Betara Optimal