LIVE TV
HNW : Rencana Pajaki Sembako dan Jasa Pendidikan oleh Pemerintah Tak Sesuai Pancasila Polsek Tungkal Ilir Amankan 2 Orang dalam Ops Premanisme Kapolsek Betara Hadiri Penutupan Pelatihan Sekolah Lapang Petani Gambut di Desa Mandala Jaya Ruang Isolasi Pasien C-19 di Balai Adat Penuh Pleno KPU Jambi Tetapkan Al Haris-Abdullah Sani Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih

Home / Tanjab Barat

Kamis, 19 November 2020 - 12:35 WIB

Lestarikan Permainan Tradisional, Gasing Kini Jadi Koleksi di Moseum Pajang Balai Adat Tanjab Barat

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

FOTO : Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

KUALA TUNGKAL – Permainan tradisional Gasing yang memiliki nilai budaya yang tinggi, saat ini semakin ditinggalkan oleh masyarakat, agar tidak hilang oleh perkembangan zaman perlu upaya yang serius dari semua pihak.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kab. Tanjab Barat Datuk Martunis M. Yusuf, M.Pd Mangku Sidi Palito saat menerima pemberian sepasang gasing dari Datuk Razakni yang merupakan sekretaris BM Adat Kecamatan Seberang Kota, Sabtu (14/11/20).

BACA JUGA :  Kapolsek Betara Hadiri Penutupan Pelatihan Sekolah Lapang Petani Gambut di Desa Mandala Jaya

“Kita sangat memberikan apresiasi kepada para pemain/pelestari gasing di pedesaan yang sampai saat ini masih giat menjaga dan melestarikannya. Tak terkecuali kepada pihak-pihak yang terlibat dalam memperkenalkan gasing kepada para generasi muda sebagai permainan budaya daerah kuhusnya warga Tungkal V Seberang Kota,” imbuhnya.

Selanjutnya, Plt. Kabid Kebudayaan mengatakan bahwa gasing tersebut akan diletakkan di Museum Pajang Balai Adat Kab. Tanjung Jabung Barat.

Menurutnya balai adat memang sedang gencar mengumpulkan benda-benda yang bermanfaat dan bersejarah yang diperlukan untuk museum pajang.

BACA JUGA :  Bhayangkari Polres Tanjabbar Berikan Edukasi Trauma Healing dan Kawal Prokes Pada Warga Desa Jati Emas yang Isolasi Mandiri

“Kami berterima kasih kepada Datuk yang telah suka rela memberikannya, smoga kedepannya lebih banyak koleksi tambahan bagi balai adat,” uunarnya.

Sementara Datuk Razakni menjelaskan bahwa sepasang gasing yang diberikan tersebut  merupakan gasing pemasang dan gasing pemangkah yang digunakan dalam permainan tradisional di Kecamatan Seberang Kota.

“Permainan ini sudah lama dimainkan disini dan sampai sekarang masih sering diperlombakan,” jelasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Satu Lagi Pemuda Diamankan Polisi Karna Narkoba

Daerah

197 Napi di Lapas Klas II B Kuala Tungkal Dapat Remisi HUT RI

Daerah

Beragam Cara Bikin Siswa di Tanjab Barat Bahagia Selama Pandemi, Dari Bikin Saku Belajar Sampai Bercita-Cita Jadi Youtuber

Tanjab Barat

Polres Tanjabbar Bagikan 20 Ribu Masker Sehat Produksi 24 Penjahit UMKM

Tanjab Barat

Polres Tanjabbar Perketat Pengawasan Terhadap WNA Setiap Kedatangan Kapal dari Batam

Tanjab Barat

Komisi I DPR Hasbi Anshori Tampung Aspirasi Masyarakat Batang Asam Permasalahan Lahan

Tanjab Barat

42 Calon Tamtama PK TNI AD Wilayah Kodim 0419/Tajab Ikuti Sidang Parade

Tanjab Barat

Ditangkap Polisi, IRT di Kuala Tungkal Sembunyikan Shabu-Sabu di BRA