YTUBE
Sampaikan Aspirasi, Puluhan Nelayan Tanjab Barat Duduk Bersama di Rumah Ahmad Jahfar Maling HP dan Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram, Dua Pemuda di Tanjab Barat Diamankan Polisi Pengumuman PPPK Guru Diundur, Guru Honorer Tanjabbar Kecewa Lahan di Betara Terbakar, PetroChina Sigap Bantu Pemadaman Api 10 Fakta Aborsi Maut Ibu dan Bayi di Kamar Hotel Kuala Tungkal

Home / Pilkada

Sabtu, 5 Desember 2020 - 12:10 WIB

Malam Ini KPU akan Tertibkan APK Paslon

FOTO : Salah Satu APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Tanjab Barat

FOTO : Salah Satu APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL – Komisioner Divisi Sosilaisasi KPU Kabupaten Tanjab Barat, M.Ilyas mengatakan pihaknya akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

Karena Sesuai tahapan terhitung mulai Ahad 6 Desember 2020 sudah memasuki masa tenang atau masa kampanye Pilkada sudah selesai.

“Penertiban dijadwalkan Sabtu malam 5 Desember 2020 mulai pukul 00.011 WIB, karena Ahad (06/12) sudah masuknya masa tenang Pilkada,” terang Ilyas dikonfirmasi tengah rakor penertiban APK di Kantor KPU, Sabtu (05/12/20).

BACA JUGA :  PUPR dan Wakil DPRD Tanjab Barat minta Alat Berat Pembangunan Jembatan Sungai Nibung Dipindahkan

Pihaknya menurut Ilyas saat ini temgah dilakukan rapat persiapan penertiban APK bersama stakeholder terkait termasuk LO Paslon.

Selain melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub, KPU Tanjab Barat juga mengarahkan PPK di tingkat kecamatan agar berkoordinasi dengan Forkompimca untuk turut menertibkan APK. Supaya di masa tenang, seluruh sisi wilayah Tanjab Barat sudah bersih dari alat peraga kampanye.

Ada perbedaan dalam penurunan APK Pemilu dengan APK Pilkada. Yaitu dalam pemilu pileg dan pilpres yang berkewenangan menurunkan adalah Bawaslu.

BACA JUGA :  Lanjutkan Pencarian ABK Hilang, Tim SAR Lakukan Penyisiran Sejauh 20 KM

Namun, pada pilkada yang memiliki kewajiban untuk menurunkan APK ada pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan diperjelas dengan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 31 yang menyatakan bahwa KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah, serta Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota bertanggung jawab untuk berkoordinasi menurunkan APK paling lambat tiga hari sebelum hari H.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Ini Nama-Nama Calon Anggota PPK Yang Dinyatakan Lulus Tes Wawancara

Pilkada

Mantapkan Pengamanan Pencabutan Nomor Urut Paslon, Polres Tanjabbar Gelar Rakor dengan Instansi Terkait

Pilkada

Fachrori-Safrial Berpasangan Maju di Pilgub Jambi

Pilkada

PSU di Kabupaten Kerinci, Al Haris-Sani Unggul Telak

Pilkada

Esok, Pasangan Mulyani-Amin Akan Mendaftar ke KPU

Pilkada

Abdullah Sani Serahkan Surat Pengunduran Diri ke PDI-P

Pilkada

KPU Bantah Segala Dalil Gugatan Senketa Pilkada Jambi di Sidang MK

Pilkada

722 Calon Anggota PPS Di Tanjabbar Jalani Tes Wawancara