LIVE
RS Bratanata Jambi Resmi Naik Status Danone Indonesia Bersama Kemendikbudristek Dukung Percepatan Vaksinasi PTK dan Peserta Didik Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Kenaikan Status Rumkit Bratanata Jambi Pohon dan Tanaman Sekitar Jaringan Listrik Akan dilakukan Pemangkasan Bupati Perintahkan Inspektorat Imbau OPD Penuhi Dokumen Diminta BPK

Home / Pilkada

Sabtu, 5 Desember 2020 - 12:10 WIB

Malam Ini KPU akan Tertibkan APK Paslon

FOTO : Salah Satu APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Tanjab Barat

FOTO : Salah Satu APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL – Komisioner Divisi Sosilaisasi KPU Kabupaten Tanjab Barat, M.Ilyas mengatakan pihaknya akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

Karena Sesuai tahapan terhitung mulai Ahad 6 Desember 2020 sudah memasuki masa tenang atau masa kampanye Pilkada sudah selesai.

“Penertiban dijadwalkan Sabtu malam 5 Desember 2020 mulai pukul 00.011 WIB, karena Ahad (06/12) sudah masuknya masa tenang Pilkada,” terang Ilyas dikonfirmasi tengah rakor penertiban APK di Kantor KPU, Sabtu (05/12/20).

BACA JUGA :  Mulai Hari Ini, Polres Tanjab Barat Gelar Operasi Patuh 2021

Pihaknya menurut Ilyas saat ini temgah dilakukan rapat persiapan penertiban APK bersama stakeholder terkait termasuk LO Paslon.

Selain melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub, KPU Tanjab Barat juga mengarahkan PPK di tingkat kecamatan agar berkoordinasi dengan Forkompimca untuk turut menertibkan APK. Supaya di masa tenang, seluruh sisi wilayah Tanjab Barat sudah bersih dari alat peraga kampanye.

BACA JUGA :  Tujuh Sindikat Pengedar Narkoba Jaringan Malaysia 117 Kg Sabu Diringkus

Ada perbedaan dalam penurunan APK Pemilu dengan APK Pilkada. Yaitu dalam pemilu pileg dan pilpres yang berkewenangan menurunkan adalah Bawaslu.

Namun, pada pilkada yang memiliki kewajiban untuk menurunkan APK ada pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan diperjelas dengan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 31 yang menyatakan bahwa KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah, serta Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota bertanggung jawab untuk berkoordinasi menurunkan APK paling lambat tiga hari sebelum hari H.(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

Sengketa Pilkada Bandung Ditolak MK, Bagaimana dengan Pilgub Jambi

Pilkada

KPU Tanjab Barat Himbau Paslon Segera Tertibkan APS

Info Penting

Jelang Pilbup Tanjab Barat Baliho Mulai Bermunculan, Begini Tanggapan Bawaslu

Pilkada

Santunnya Al Haris Tampak Saat Sikapi Pertanyaan dan Sanggahan Fachrori dan CE

Pilkada

Danrem 042 Gapu Terima Silaturrahmi dan Audiensi Bawaslu Provinsi Jambi

Pilkada

Safrial : Walau dengan Perahu Kecil yang Penting Bisa Berlayar, Semoga Ombaknya Juga Kecil Sampai ke Tujuan

Pilkada

Resmi Rekomendasi DPP Golkar Kepada Cek Endra-Ratu di Pilgub Jambi

Pilkada

Ini Nama Nama Calon PPS yang Lulus dan Tidak Lulus Seleksi Tertulis Tanpa Perpanjangan Pendaftaran