LIVE TV
Hujan Deras Disertai Petir Landa Kota Jambi, Listrik Sebagian Padam Puluhan Personel Satgas TMMD Ke-110 Kodim 0415 Batanghari di Rapid Test DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bangkitkan UMKM, Bupati Anwar Sadat Berdayakan ASN Pakai Batik Tungkal Bupati Anwar Sadat Siap Bersinergi dengan HMI Untuk Kemajuan Tanjab Barat

Home / Pilkada

Sabtu, 5 Desember 2020 - 12:10 WIB

Malam Ini KPU akan Tertibkan APK Paslon

FOTO : Salah Satu APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Tanjab Barat

FOTO : Salah Satu APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL – Komisioner Divisi Sosilaisasi KPU Kabupaten Tanjab Barat, M.Ilyas mengatakan pihaknya akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

Karena Sesuai tahapan terhitung mulai Ahad 6 Desember 2020 sudah memasuki masa tenang atau masa kampanye Pilkada sudah selesai.

“Penertiban dijadwalkan Sabtu malam 5 Desember 2020 mulai pukul 00.011 WIB, karena Ahad (06/12) sudah masuknya masa tenang Pilkada,” terang Ilyas dikonfirmasi tengah rakor penertiban APK di Kantor KPU, Sabtu (05/12/20).

BACA JUGA :  Polsek Betara dan Koramil 419-03/TI Patroli Terpadu Cegah Karhutla Disertai Latihan Peamadaman Api

Pihaknya menurut Ilyas saat ini temgah dilakukan rapat persiapan penertiban APK bersama stakeholder terkait termasuk LO Paslon.

Selain melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub, KPU Tanjab Barat juga mengarahkan PPK di tingkat kecamatan agar berkoordinasi dengan Forkompimca untuk turut menertibkan APK. Supaya di masa tenang, seluruh sisi wilayah Tanjab Barat sudah bersih dari alat peraga kampanye.

BACA JUGA :  Perkembangan Terkini Aktifitas Perusahaan Panas Bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power

Ada perbedaan dalam penurunan APK Pemilu dengan APK Pilkada. Yaitu dalam pemilu pileg dan pilpres yang berkewenangan menurunkan adalah Bawaslu.

Namun, pada pilkada yang memiliki kewajiban untuk menurunkan APK ada pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan diperjelas dengan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 31 yang menyatakan bahwa KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah, serta Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota bertanggung jawab untuk berkoordinasi menurunkan APK paling lambat tiga hari sebelum hari H.(*)

Share :

Baca Juga

Pilkada

DPT Pilkada Serentak Tanjabbar Berjumlah 211.623 Pemilih

Berita

288 Peserta Bakal Rebutkan 65 Kursi PPK di Tanjabbar

Pilkada

990 Peserta Lolos Seleksi Administrasi Calon Anggota PPS di KPU Tanjab Barat

Politik

Fasha Kantongi 3 Dukungan Parpol Di Pilgub Jambi

Pilkada

213 Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020 Terima SK Rekomendasi dari PKS

Pilkada

Jambi Siap Laksanakan Pilkada Serentak

Pilkada

Petugas KPPS Positif Corona  Apakah Akan Diganti, Begini Penjelasan KPU

Pilkada

KPU Tanjab Barat Tunggu Penetapan MK Tapkan Paslon Terpilih