indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Dinkes Provinsi Jambi Ungkap Penyebab Kasus Stunting Masih Tinggi 4 Nama Ini Berpeluang Gantikan Posisi Tjahjo Kumolo Sebagai Menpan-RB Sebanyak 46 Jamaah Calon Haji Indonesia Dipulangkan ke Tanah Air 212 Peserta Meriahkan Lomba Mancing Polres Muaro Jambi, Hadiah Utama 100 Juta SKK Migas-PetroChina Launching Wisata Embung Bina Lestari di Betara

Home / Berita

Kamis, 9 Desember 2021 - 13:13 WIB

Minta Dukungan 2 Hal Ini, Gubernur Al Haris Audiensi ke BRGM dan Kemenparekraf RI

Gubernur Jambi H. Al Haris dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (08/12/21). FOTO : HMs

Gubernur Jambi H. Al Haris dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (08/12/21). FOTO : HMs

JAMBI – Gubernur Jambi H. Al Haris melakukan audiensi bersama Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BGRM) RI, Hartono Prawiraatmaja di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat.

Selain itu Gubernur Jambi juga melakukan audiensi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (08/12/21).

Dalam audiensi bersama Kepala BRGM RI, Al Haris meminta dukungan dari BRGM RI dalam upaya melakukan restorasi gambut dan hutan mangrove yang ada di Provinsi Jambi.

Al Haris melaporkan, Provinsi Jambi telah melakukan restorasi gambut sejak tahun 2017 sampai dengan saat ini, dan hal ini sangat efektif dalam upaya menekan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi.

“Dampak dari restorasi gambut yang dilakukan adalah mampu menekan karhutla lebih dari 50 persen,” kata Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris menambahkan, dalam rangka restorasi gambut, Provinsi Jambi mendapatkan anggaran dari BRGM RI yang menghasilkan 432 unit sekat kanal di 4 Kabupaten, sumur bor sebanyak 466 unit dan bantuan revitalisasi ekonomi untuk 62 kelompok masyarakat.

BACA JUGA :  SKK Migas-PetroChina Launching Wisata Embung Bina Lestari di Betara

“Provinsi Jambi juga telah memiliki CCTV asap digital yang pembiayaannya dari BRGM RI, dengan adanya CCTV asap digital ini, Provinsi Jambi mampu memantau sedini mungkin bila terjadi karhutla di suatu daerah dalam Provinsi Jambi. Namun, dalam rangka percepatan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi, cctv asap digital perlu diperbanyak lagi jumlahnya,” kata Al Haris.

“Kita juga memiliki potensi hutan mangrove yang membentang di sepanjang Pesisir Pantai Timur Provinsi Jambi dan kondisi hutan mangrove di Provinsi Jambi saat ini sudah memerlukan rehabilitasi guna memulihkan, mempertahankan dan lebih meningkatkan fungsi lindung, fungsi pelestarian serta fungsi produksi hutan mangrove,” pungkas Al Haris.

Selanjutnya, dalam audiensi bersama Sandiaga Salahuddin Uno, Al Haris menyampaikan, Provinsi Jambi sedang melakukan pembenahan kembali untuk mengupayakan Geopark Merangin masuk ke dalam UNESCO Global Geopark, yang saat ini Geopark Merangin telah masuk ke dalam Taman Bumi Nasional.

BACA JUGA :  Hadiri Puncak Hari Adat Melayu Provinsi Jambi, Tholib Serahkan Sertifikat KIK

“Kita telah mempersiapkan untuk melakukan ekspose Geopark Merangin ini dan berencana mengajak Bapak Menteri bersama sama ke UNESCO untuk mengetahui syarat syarat apa saja yang harus kita penuhi agar Geopark Merangin ini bisa lolos,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, Provinsi Jambi juga masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yaitu Kabupaten Kerinci yang memiliki luas lebih kurang 30 ribu hektar, untuk itu sangat mengharapkan Bapak Menteri bisa mendorong Kerinci agar menjadi prioritas.

“Saya mengundang Bapak Menteri datang ke Jambi dalam rangka Festival Danau Kerinci yang setiap tahunnya kita selenggarakan, sekaligus untuk melihat kondisi alam Kerinci. Festival Danau Kerinci Tahun 2022 rencananya akan kita selenggarakan pada bulan Juni, setelah Hari Raya Idul Fitri,” tutur Al Haris.(Hms)

Share :

Baca Juga

Berita

Kunjungi Kodim 0419/Tanjab, Danrem Pesan Agar Anggota Peduli Sesama Ditengah Pandemi Covid-19

Berita

Polres Tanjab Barat Salurkan Ratusan Kantung Daging Kurban Door to Door

Berita

Fachrori Serahkan Sapi Qurban Bantuan Presiden ke Pengurus Masjid Addin Desa Mendalo Darat

Berita

Semangat Gotong Royong TNI-Rakyat di Lokasi Pra TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST

Berita

Adukan Nasib, Forum Guru Honorer K2 Merangin Datangi DPRD

Berita

BPD Desa Suka Damai Gelar Rapat Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019

Berita

Polsek Betara dan Koramil 419-03/TI Patroli Terpadu Cegah Karhutla Disertai Latihan Peamadaman Api

Berita

Pangdam II/Sriwijaya dan Gubernur Lampung Koordinasi Penanganan Tsunami