indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Innalilahi…Tabrakan di Batanghari 4 Meninggal di Tempat, Lainya Luka-Luka Al Haris Harapkan Petani dan Koperasi Pertahankan Kualitas Rasa Kopi Kerinci Kota Jambi Melaju ke Final Setelah Melibas Tebo 4-2 Live Streaming Semifinal Kota Jambi vsTebo Mobil Carry Pick Up Terobos Pantat Besi Truk Hino Parkir, Sopir Luka-Luka

Home / Berita

Kamis, 9 Desember 2021 - 13:13 WIB

Minta Dukungan 2 Hal Ini, Gubernur Al Haris Audiensi ke BRGM dan Kemenparekraf RI

Gubernur Jambi H. Al Haris dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (08/12/21). FOTO : HMs

Gubernur Jambi H. Al Haris dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (08/12/21). FOTO : HMs

JAMBI – Gubernur Jambi H. Al Haris melakukan audiensi bersama Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BGRM) RI, Hartono Prawiraatmaja di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat.

Selain itu Gubernur Jambi juga melakukan audiensi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat, Rabu (08/12/21).

Dalam audiensi bersama Kepala BRGM RI, Al Haris meminta dukungan dari BRGM RI dalam upaya melakukan restorasi gambut dan hutan mangrove yang ada di Provinsi Jambi.

Al Haris melaporkan, Provinsi Jambi telah melakukan restorasi gambut sejak tahun 2017 sampai dengan saat ini, dan hal ini sangat efektif dalam upaya menekan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi.

“Dampak dari restorasi gambut yang dilakukan adalah mampu menekan karhutla lebih dari 50 persen,” kata Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris menambahkan, dalam rangka restorasi gambut, Provinsi Jambi mendapatkan anggaran dari BRGM RI yang menghasilkan 432 unit sekat kanal di 4 Kabupaten, sumur bor sebanyak 466 unit dan bantuan revitalisasi ekonomi untuk 62 kelompok masyarakat.

BACA JUGA :  Pimpin Rakor Vaksinasi Serbu Desa, Bupati Masnah Minta Camat dan Kades Lebih Proaktif

“Provinsi Jambi juga telah memiliki CCTV asap digital yang pembiayaannya dari BRGM RI, dengan adanya CCTV asap digital ini, Provinsi Jambi mampu memantau sedini mungkin bila terjadi karhutla di suatu daerah dalam Provinsi Jambi. Namun, dalam rangka percepatan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi, cctv asap digital perlu diperbanyak lagi jumlahnya,” kata Al Haris.

“Kita juga memiliki potensi hutan mangrove yang membentang di sepanjang Pesisir Pantai Timur Provinsi Jambi dan kondisi hutan mangrove di Provinsi Jambi saat ini sudah memerlukan rehabilitasi guna memulihkan, mempertahankan dan lebih meningkatkan fungsi lindung, fungsi pelestarian serta fungsi produksi hutan mangrove,” pungkas Al Haris.

Selanjutnya, dalam audiensi bersama Sandiaga Salahuddin Uno, Al Haris menyampaikan, Provinsi Jambi sedang melakukan pembenahan kembali untuk mengupayakan Geopark Merangin masuk ke dalam UNESCO Global Geopark, yang saat ini Geopark Merangin telah masuk ke dalam Taman Bumi Nasional.

BACA JUGA :  Semifinal Tebo vs Kota Jambi Hari Ini, Siapa Lebih Berpeluang Melaju ke Final?

“Kita telah mempersiapkan untuk melakukan ekspose Geopark Merangin ini dan berencana mengajak Bapak Menteri bersama sama ke UNESCO untuk mengetahui syarat syarat apa saja yang harus kita penuhi agar Geopark Merangin ini bisa lolos,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, Provinsi Jambi juga masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yaitu Kabupaten Kerinci yang memiliki luas lebih kurang 30 ribu hektar, untuk itu sangat mengharapkan Bapak Menteri bisa mendorong Kerinci agar menjadi prioritas.

“Saya mengundang Bapak Menteri datang ke Jambi dalam rangka Festival Danau Kerinci yang setiap tahunnya kita selenggarakan, sekaligus untuk melihat kondisi alam Kerinci. Festival Danau Kerinci Tahun 2022 rencananya akan kita selenggarakan pada bulan Juni, setelah Hari Raya Idul Fitri,” tutur Al Haris.(Hms)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Wabup, Minta Aparat Tindak Tegas Pekat Selama Ramadhan

Berita

Tim Gabungan Polda Jambi Sita Ribu Liter Solar Olahan Tampa Izin

Berita

FJJ Gelar Lomba Da’i Cilik dan Stand Kuliner, Ayo Buruan Daftar

Berita

Kunjungi Koramil Batang Asai, Danrem Ingatkan Jajaran Jaga Citra TNI di Masyarakat

Berita

Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022

Berita

Serbuan Vaksinasi TNI di Kampung Ilekma Disambut Baik Masyarakat

Berita

Selamat dan Sukses, Danrem 042/Gapu Naik Pangkat Jenderal Bintang Satu

Berita

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 Gelar Pertemuan Anggota