indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Buka Pelatihan Bintalsik Karyawan PT MSR, Ini Harapan Danrem Gapu Rekan Begal Penombak Kanit Resmob Polda Jambi Ditangkap di Hotel Pimpin Upacara Bulanan, Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Kasad  Damkar Cepat Datang, Rumah Warga di Kelapa Gading yang Terbakar Berhasil Dipadamkan Waspada PMK, Polres Bungo Bersama Dinas Peternakan Suntik Vitamin ke Hewan Ternak

Home / Berita

Jumat, 18 Maret 2022 - 12:28 WIB

Pangdam II/Sriwijaya Berangkatkan Satgas Organik Yonif R 142/KJ ke Papua

Pangdam II/Sriwijaya Berangkatkan Satgas Organik Yonif R 142/KJ ke  Papua

Pangdam II/Sriwijaya Berangkatkan Satgas Organik Yonif R 142/KJ ke  Papua

PALEMBANG – Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi berangkatkan 400 Prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya yang tergabung dalam Satuan Tugas Organik yang akan bertugas menjaga pertahanan di wilayah Papua, Jum’at (18/3/22) di Dermaga Pelabuhan Boom Baru, Kota Palembang.

Dalam amanatnya, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi  menyampaikan apresiasi dan rasa bangga serta ucapkan selamat kepada Prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya yang telah mendapatkan kepercayaan dari pimpinan TNI, Bangsa dan Negara sebagai Satgas Satuan Organik yang memiliki tugas pokok melaksanakan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial di Provinsi Papua.

“Tugas ini merupakan suatu amanah, kehormatan sekaligus kepercayaan yang harus dijawab dengan karya nyata, penuh semangat, dedikasi dan disiplin dalam menjalankan tugas operasi,” tegas Pangdam.

Mayjen TNI Agus Suhardi mengingatkan bahwa pelaksanaan tugas operasi kali ini mengalami perubahan dari operasi tempur menjadi tugas Teritorial.

Sebagaimana kita pahami bersama bahwa pola operasi strategi yang dilaksanakan di Provinsi Papua dan Papua Barat telah mengalami perubahan konsep operasi, dari operasi tempur menjadi tugas Kodim dan Koramil dengan sebutan Satgas Satuan Organik.

Dimana semua kegiatan operasi dilaksanakan secara Humanis/ Kemanusiaan, dengan melaksanakan kegiatan pembinaan Teritorial dan Komunikasi Sosial serta menghindari cara-cara kekerasan.

“Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah setempat, adakan pendekatan secara persuasif dan bangun kebersamaan dengan semua elemen masyarakat karena pada dasarnya keberhasilan merebut simpati dan dukungan rakyat merupakan kunci kesuksesan dalam melaksanakan suatu penugasan,” ujar Pangdam.

BACA JUGA :  Laka Maut Rengut Nyawa 2 Pengendara Sepeda Motor

Kepada prajurit Satgas Yonif Raider 142/KJ, Pangdam berpesan untuk menghindari pelanggaran sekecil apapun serta terus meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT.

“Hindari pelanggaran sekecil apapun dalam setiap langkah kegiatan dan tugas tetap waspada, jangan ceroboh atau menganggap remeh apapun selama di daerah penugasan. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan selalu dalam lindungan-Nya. Selanjutnya, menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada untuk mencegah penularan penyakit di daerah penugasan seperti Covid-19, HIV dan malaria”, pungkasnya.

Pangdam juga mengungkapkan keyakinannya bahwa dengan dilandasi niat yang tulus ikhlas, kesungguhan serta kemampuan sebagai seorang Prajurit profesional, tugas ini akan dapat diselesaikan dengan baik.

“Saya berharap 400 personel dan materiil perorangan/satuan yang saat ini berangkat sampai dengan kembalinya nanti harus lengkap dan aman”, tegas Jenderal Bintang Dua ini.

Diakhir sambutanya Pangdam beserta warga Kodam II/Sriwijaya menyampaikan ucapan selamat jalan dan selamat bertugas semoga sukses.

“Do’a kami semua akan senantiasa menyertai langkah tugas dan pengabdian para prajurit,” tutup Mayjen TNI Agus Suhardi.

Turut Hadir dalam Upacara Pengantaran Satgas Yonif Raider 142/KJ tersebut antara lain ; Kasdam II/Swj Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Komandan/Kabalakdam II/Swj, LO TNI AL dan TNI AU Kodam II/Swj, Danrem 042/Gapu, Danrem 044/Gapo, Danlanal Palembang, Danlanud Sri Mulyono Herlambang, Dansat Brimob Polda Sumsel, GM. PT. Pelabuhan Indonesia (Persero), Manager TPK Pelabuhan Boom Baru Palembang.

BACA JUGA :  Bupati Muaro Jambi Pengukuhan Adat 8 Kepala Desa se Kecamatan Sungai Gelam

Personil Satgas Organik diberangkatkan ke wilayah Papua dengan menggunakan KRI Teluk Bentuni – 520, yang dipimpin langsung Danyonif 142/KJ, Letnan Kolonel Inf Esnan Haryadi akan melakukan perjalanan melalui jalur laut ke Papua ditempuh sekitar kurang lebih 10 hari.

Selama di sana nantinya, Satgas Yonif Raider 142/Ksatria Jaya akan melaksanakan tugas sebagai Satgas Satuan Organik, yang memiliki tugas pokok melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) dan Komunikasi Sosial (Komsos) di Papua.

Selain dilengkapi dengan peralatan dan kemampuan bertempur, Yonif Raider 142/KJ juga dibekali dengan penunjang Teritorial, yakni ; disiapkannya bibit pinang dengan jumlah banyak untuk masyarakat di Papua, agar bisa mereka tanam, karena masyarakat di Papua sebagian besar bertani pinang, seragam untuk anak sekolah, obat obatan, perlengkapan Ibadah dan barang-barang lainnya untuk membantu kebutuhan masyarakat di Papua.

Satgas Tugas Organik Wilayah Papua Yonif Raider 142/KJ akan menjalankan tugas selama 9 bulan dan menempati 6 Pos Ramil dan 7 Pos dari Mabes TNI, namun di lokasi menempati 17 Pos yang tersebar di 17 Kabupaten di wilayah Papua.(Pendam)

Share :

Baca Juga

Berita

Danrem 042/Gapu Hadiri Syukuran Penyalaan Perdana Listrik PLN 19 Desa di Tanjabbar

Berita

Warga Serbu Layanan Pangkas Rambut Gratis Kodim 0419/Tanjab di Lokasi TMMD

Berita

Kasat Narkoba dan Empat Kapolsek Polresta Jambi Diganti

Berita

Ini Motif dan Desain Seragam Batik KORPRI Terbaru

Berita

Optimalisasi Penghimpunan ZIS, Baznas Tanjung Jabung Barat Gelar Sosialisasi

Berita

Tedjo; Buat Jaga Lautan, TNI Perlu 16 Kapal Selam

Berita

Partai Perindo Peduli, Bantu Korban Kebakaran di Tungkal Harapan

Berita

699 Pemuda Jambi Bersaing Masuk Calon Bintara PK TNI AD