indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Al Haris Apresiasi SKK Migas dalam Mendorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jambi Kapan 5 Pejabat Hasil Seleksi Terbuka Dilantik, Begini Kata Pj Bupati Muaro Jambi BREAKING NEWS : Satu Unit Rumah di Desa Tungkal I Terbakar Menyongsong Pemilu 2024, Bawaslu Tanjab Barat Kunjungi Kantor DPC PDI Perjuangan Terima Penghargaan Capaian Vaksinasi dari Kapolres, Agus Purba Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat Kumpeh Ulu

Home / Peristiwa

Minggu, 19 Desember 2021 - 07:37 WIB

Pengiriman Sabu Lempar Bola Kasti Digagalkan Petugas Lapas

Sabu dalam bola tenis yang ditemukan petugas Lapas Sijunjung. ©ANTARA/HO-Kemenkumham Sumbar

Sabu dalam bola tenis yang ditemukan petugas Lapas Sijunjung. ©ANTARA/HO-Kemenkumham Sumbar

PERISTIWA – Petugas Lapas Kelas II B Muaro Sijunjung gagalkan penyelundupan narkoba ke dalam lapas, Kamis (16/12/21). Modus penyelundupan dilakukan dengan cara pelemparan dengan bola tenis (bola Kasti).

“Modus yang digunakan adalah melemparkannya (narkoba) dari luar lapas menggunakan bola tenis,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumbar R Andika Dwi Prasetya, di Padang seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/12/21).

Kalapas Kelas IIB Muaro Sijunjung Bistok Oloan Situngkir mengatakan, upaya penyelundupan digagalkan setelah Kasubsi Giatja Lapas Sijunjung Zul Hendri mendapatkan informasi dari bahwa akan ada upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dengan cara pelemparan dari luar ke dalam Lapas.

Kemudian, Zul Hendri melaporkan ke dirinya, dan memerintahkan anggota yang berjaga atas untuk melakukan kontrol keliling di area belakang kamar hunian WBP.

BACA JUGA :  Kapan 5 Pejabat Hasil Seleksi Terbuka Dilantik, Begini Kata Pj Bupati Muaro Jambi

Setelah dilakukan penyisiran, lanjutnya, ditemukan benda tidak lazim tergeletak di ruang steril area yaitu bola tennis berwarna hijau.

Ia kemudian melakukan dokumentasi penemuan barang yang dicurigai tersebut dan segera berkoordinasi dengan pihak Satresnarkoba Polres Sijunjung.

Pihak Satresnarkoba Polres Sijunjung mendatangi Lapas Sijunjung dan melaksanakan olah TKP serta membuka bola tennis tersebut.

“Bola tersebut berisikan sabu seberat 1,5 gram yang ditimbang oleh pihak Polres Sijunjung,” katanya.

Bistok menegaskan, pihaknya sejak awal berkomitmen melawan peredaran narkoba di dalam Lapas.

“Memang tidak bisa dipungkiri bahwa lebih dari 50% WBP di Lapas Sijunjung ini adalah kasus narkoba. Mereka ada yang pemakai, kurir bahkan pengedar,” ujarnya.

Bistok menyampaikan bahwa berbagai modus dilakukan oleh oknum WBP yang sudah kecanduan dan ketergantungan dengan narkoba ini untuk bisa memasukkan narkoba ke dalam Lapas.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 76 Polda Jambi

“Bisa lewat barang titipan kunjungan, melalui oknum petugas yang diperdaya WBP, bisa juga melalui pelemparan,” kata dia.

Kakanwil Kemenkumham Sumbar R. Andika Dwi Prasetya mengatakan, sebagai penanggung jawab pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di seluruh satuan kerja mengapresiasi dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Lapas Muaro Sijunjung.

“Yang senantiasa konsisten menerapkan SOP Pengamanan Lapas sehingga berhasil mencegah upaya kejahatan berencana oleh oknum masyarakat berupa penyelundupan narkoba ke dalam lapas,” ujar Kakanwil.

Artikel ini telah tayang di katasumbar..com dengan judul : Penyelundupan Sabu Bermodus Lempar Bola Tenis Digagalkan di Lapas Muaro Sijunjung.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Pencarian Korban Tenggelam Terkendala Pasang Dalam dan Arus Deras Sungai Pengabuan

Peristiwa

Pilu! Seorang Pria di Jambi Meninggal Gantung Diri di Rumah Kontrakan

Peristiwa

BREAKING NEWS : KDRT di Tanjab Barat, Istri Meninggal di Tangan Suami

Peristiwa

Penemuan Mobil Pick Up Berisi Tulang Manusia di Kanal PT WKS Hebohkan Warga Tanjab Timur

Peristiwa

Penghujung Tahun, Satu Unit Rumah Warga Parit 4 Ludes Terbakar

Peristiwa

Pemuda Korban Tabrak Lari di KM 93 Muara Papalik Meninggal Dunia

Peristiwa

BREAKING NEWS : Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Gegerkan Warga Senyerang

Berita

Kapolres : Evakuasi Penemuan Mayat Menggunakan Protokol Covid-19