Penguatan Ketahanan Pangan Tanjab Barat, Bupati Anwar Sadar Audiensi ke BPN

- Redaksi

Minggu, 24 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Tanjabbar H. Anwar Sadat Ketikan Audiensi Penguatan Ketahanan Pangan di Badan Pangan Nasional RI, Kompleks Kementrian Pertanian Jakarta Selatan, Jum'at (22/9/23). FOTO : DOKPIM

Bupati Tanjabbar H. Anwar Sadat Ketikan Audiensi Penguatan Ketahanan Pangan di Badan Pangan Nasional RI, Kompleks Kementrian Pertanian Jakarta Selatan, Jum'at (22/9/23). FOTO : DOKPIM

JAKARTA – Bupati Tanjung Jabung Barat H. Anwar Sadat lakukan kunjungan dalam rangka Audiensi Penguatan Ketahanan Pangan ke Badan Pangan Nasional RI (BPN), Kompleks Kementrian Pertanian Jakarta Selatan, Jum’at (22/9/23).

Pada kunjungannya tersebut, Bupati disambut langsung oleh Kepala Biro Perencanaan Kerjasama dan Humas Badan Pangan Nasional Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional Rachmad Firdaus, S.Hut, MT, PhD,. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Nusantara II Lantai 4 Badan Pangan Nasional RI tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bapedda Kabupaten Tanjabbar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Ketahanan Pangan Tanjabbar, dan lainnya.

Disampaikan Bupati pada pertemuan tersebut bahwa Tanjabbar termasuk Kabupaten dengan potensi rawan dalam hal ketahanan pangan, terutama beras. Hal tersebut menurutnya disebabkan banyaknya lahan masyarakat yang beralih fungsi menjadi perkebunan Kelapa Sawit, sehingga lahan yang diupayakan untuk memaksimalkan pertanian menjadi berkurang.

Bupati juga sampaikan bahwa Pemkab Tanjabbar telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung para petani beras, salah satunya melalui regulasi.

“Kami Pemerintah Daerah dalam rangka mensupport dan mengapresiasi petani kita membuat regulasi Bupati membeli beras petani untuk beras pegawai hal ini dalam rangka agar para petani termotivasi untuk menanam padi,” tutur Bupati.

“Kita hanya punya Kecamatan Senyerang dan Kecamatan Pengabuan serta sebagian Kecamatan Tungkal Ilir yang produsen untuk mencukupi pasokan beras, ditambah Wilayah Kabupaten Tanjabbar yang pasang surut sehingga petani menanam Padi 2 kali dalam setahun sangat sulit karena Air Rob (Air pasang) berlangsung di akhir dan awal tahun, makanya kita juga bekerjasama dengan Bulog agar mengambil beras dari petani,” terang Anwar Sadat.

Dilanjutkannya, Kabupaten Tanjabbar yang merupakan tempat singgah karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanjab Timur, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu, mengakibatkan kebutuhan pasokan bahan pokok tidak dapat dipastikan.

BACA JUGA :  BPBD Riau Sebut 29 Pendaki Terjebak Erupsi Gunung Marapi Berasal dari Riau

“Berbatasan dengan 3 Kabupaten ini langsung yang dimana Kabupaten Tanjabbar merupakan tempat singgah dan berbelanja hal ini membuat kita kurang bisa menghitung pasokan terutama beras dan kebutuhan pokok lainnya karena yang ada dan masuk akan langsung keluar,” pungkasnya.

Menanggapi penyampaian Bupati, Prof Risfaheri menyampaikan, Badan Pangan Nasional kedepannya akan mendorong serta mendukung Kabupaten Tanjung Jabung Barat guna memperkuat ketahanan Pangan di Tanjab Barat, termasuk stabilitas harga pangan dan peningkatan gizi melalui pengembangan potensi pangan lokal terutama pada aspek pertanian, perkebunan, dan perikanan. (/*)

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Penulis : Abas

Editor : Redaksi

Sumber Berita : Linatastungkal

Berita Terkait

Koptu Nurul, Babinsa Koramil 419-02 Tungkal Ulu Rela Terobos Banjir Demi Bantu Warga
Kolonel Inf Rachmad Mengikuti Rapurna TMMD ke-44
Udate Data Pendaki Gunung Merapi yang Selamat, Meninggal dan Masih dalam Pencarian
Setelah Menggedor Warga Masyarakat Jakarta, Petisi 100 Terus Menggedor Yogyakarta
Soal Polemik Format Debat Cawapres, Hasyim : Itu Belum Tuntas Dibahas
Pimpin Sertijab PJU Polres dan Kapolsek, Kapolres Tanjabbar ; Pejabat Baru Bisa Membawa Nilai Positif
SMSI Jambi Terima Kunjungan PetroChina dan Bahas Kerjasama
Dikritik Banyak Pihak Soal Format Debat Capres-Cawapres, KPU Ngaku Itu Masih Rencana
Berita ini 68 kali dibaca
KONTEN PROMOSI pada widget diatas merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan oleh pihak ketiga, bukan dari redaksi Lintastungkal.com. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten promosi ini.*

Berita Terkait

Senin, 4 Desember 2023 - 00:44 WIB

Polsek Tebing Tinggi Ringkus Pencuri Sepeda Motor Keluarga Pasien Puskesmas Pijoan Baru

Sabtu, 2 Desember 2023 - 01:20 WIB

Janda Muda Beserta 2 Pria di Sarolangun Terancam Hukuman Mati

Jumat, 1 Desember 2023 - 10:11 WIB

Polres Sarolangun Belender 985,91 Gram Narkotika Jenis Sabu

Kamis, 30 November 2023 - 19:00 WIB

Pemilik Kebun Sawit Dibunuh Oleh Anak Buah Sendiri, Wakapolres Tebo : Pelaku Kita Ditangkap di Betara

Selasa, 28 November 2023 - 19:36 WIB

Polisi Selidiki Pemilik Honda Jazz Berisi 3 Kg Sabu Terparkir di Depan PTPN VI Jambi

Rabu, 22 November 2023 - 15:01 WIB

Polda Jambi Musnahkan Sabu Senilai 15,221 Miliar

Kamis, 16 November 2023 - 19:40 WIB

Polsek Sungai Manau Ringkus Pelaku Maling Rokok Senilai 70 Juta

Kamis, 9 November 2023 - 18:55 WIB

Baru 2 Bulan Keluar dari Lapas Jambi, Pria ini Ditangkap Lagi Karena Sabu

Berita Terbaru